Jumat, 10 Maret 2017

Gunung Kapur Ciseeng Tempat Wisata Pemandian Air Panas

Pemandian air panas gunung kapur Ciseeng ini layak untuk dikunjungi. Tempat wisata Tirta Sanita berada di Parung, Bogor tapi dekat Jakarta dan Tangerang. Sebagai destinasi unik dengan pemandangan alam pedesaan memiliki udara segar dan cuaca sejuk cocok untuk liburan keluarga.

Bagi warga Jakarta boleh mencoba wisata unik seperti di Pemandian Air Panas Ciseeng. Wisata ini berbeda dari yang lain tidak ada di Jakarta. Biasanya warga DKI jika mau rekreasi keluarga ke tempat wisata populer di Jakarta seperti Monas, Ancol atau ke Taman Mini. Kalau di Ciseeng Parung ini berupa pemandian air panas alami.

Air panas di obyek wisata ini berasal dari perut bumi keluar secara alami. Uniknya air keluar dari atas puncak gunung kapur, sungguh hal yang luar biasa. Air panas keluar dari dalam batu tidak hanya satu sumber tapi ada beberapa titik.

Gunung kapur Ciseeng sangat tinggi sekitar 15 meter, itu terjadi karena endapan kapur dan belerang. Karena sudah terjadi dalam waktu lama, mungkin sudah ratusan bahkan ribuan tahun. Dibuktikan dengan endapan sudah  terbentuk menjadi sebuah gunung batu. Sungguh sangat menakjubkan tempat ini.

Gunung batu baru berwarna putih seperti gunung salju kalau kita dilihat sangat mempesona. Tapi kalau kita lihat kebelakang, dasar gunung sudah berubah warna menjadi hitam. Wajar saja, ini proses alam terjadi dalam waktu lama.

Kita lihat lagi di kaki gunung sudah ditutupi oleh endapan debu dan sudah menjadi tanah subur. Dari sana tumbuh rumput dan semak belukar dan bahkan sudah tumbuh pohon-pohon besar.

Di sekeliling tempat wisata telah hijau dengan tumbuhnya pohon dan beberapa tanaman lain. Agak melebar sedikit banyak tanah di manfaatkan oleh petani menanam padi. Sehingga secara keseluruhan tempat ini masih alami dan segar cocok untuk rekreasi keluarga.

Gunung Kapur Ciseeng
image source: bogorkab.go.id

Daya Tarik Gunung Kapur Ciseeng
Daya tarik utama tempat wisata gunung kapur ini adalah pemandian air panas dan melihat keajaiban alam gunung kapur.

Pihak pengelola Tirta Sanita Hot Springs menyediakan rekreasi lain terutama untuk anak. Jadi orang tua dan anak bisa ikut wisata dalam satu lokasi. Orang tua bisa mandi air panas sedangkan anak bisa bermain Outbound.

Macam macam permainan outbound bisa dicoba adalah flying fox, balon air, sepeda motor mini, ATV, bebek-bebekan, kereta mini.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk ke Tirta Sanita Ciseeng Rp 7.000 untuk anak dan Rp 10.000 untuk orang dewasa. Biaya parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5 .000 untuk mobil.

Jika ingin berendam air panas Rp 5.000 / orang. Tarif pemandian tertutup Rp 10.000 dan Rp 15.000 kelas VIP.

Pengelola juga menyediakan tempat istirahat dengan tarif Rp 130.000 untuk 6 jam. Jika ingin menginap Rp 200.000 satu malam di penginapan pesanggrahan.

Jika ingin mencoba wahana permainan anak tiket mulai dari Rp 5000 sampai 40.000 tergantung jenis permainan.

Paling enak jika bersama rombongan bisa nongkrong sambil duduk santai di bawah pohon dengan mengelar tikar. Tidak perlu bawa tikar dari rumah jika merepotkan, sewa saja murah kok Rp 5000. Apa lagi jika bawa bekal dari rumah bisa makan ramai-ramai sambil gosip.

Cara Menuju ke Tempat Wisata Gunung Kapur Ciseeng
Alamat lokasi Jl. Raya Gunung Kapur Ciseeng, Parung, Bogor.

Jika dari Jakarta lewat tol Jakarta-Serpong, keluar di Serpong terus ke arah Puspitek terus ke Pasar Prumpang terus ke Gunung Kapur.

Jika pengguna tol Jakarta-Merak atau dari Tangerang, keluar di pintu tol Kebun Nanas terus ke arah Serpong ke Puspitek ke Pasar Prumpang ke Gunung Kapur.

Jika dari arah Bogor ke Pasar Parung ke Bojong Indah arah kiri ke Gunung Kapur.

Paling dekat lokasi pemandian air panas Ciseeng ini dari Tangerang walau masih wilayah Bogor. Bogor memang banyak sekali tempat wisata karena alamnya daerah pegunungan. Tidak jauh dari tempat ini ada tempat wisata keluarga murah di Tangerang
baca: Situ Cipondoh Tempat Wisata Murah di Tangerang

Jika belum puas ada tempat wisata baru di Tangerang orang banyak yang belum tahu yaitu World of Wonders Citra Raya. Tempat wisata ini wahana permainan mirip dengan di Dufan Ancol.

Nah itu tadi info tambahan jika ingin mencari tempat wisata alternatif terdekat. Demikian kira-kira panduan ke tempat wisata pemandian air panas Gunung Kapur Ciseeng Parung Bogor. Jika artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan, sukses dalam liburan.

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon