Rabu, 01 Maret 2017

Panduan Wisata ke Situ Patenggang Harga Tiket dan Rute Jalan Menuju Kesana

Panduan ke tempat wisata Situ Patenggang, info harga tiket masuk dan rute jalan menuju kesana. Tempat wisata di Ciwidey ini merupakan salah satu favorit bagi wisatawan dari Bandung maupun dari Jakarta. Situ Patenggang selalu menjadi daya tarik orang untuk datang menikmati alam pegunungan nan segar.

Selain harga tiket dan akses menuju ke Situ Patenggang info lain yang kami berikan yaitu, apa saja yang bisa lihat disana, wisata lain di sekitar Ciwidey.

Alam Situ Patenggang masih asri cocok sekali untuk menenangkan pikiran setelah sibuk dengan runtinitas sehari-hari. Mereka yang stres memikirkan pekerjaan kantor atau kalian yang masih duduk di bangku pendidikan sangat tepat untuk liburan ke taman wisata alam ini.

Melihat kebun teh terhampar bagai gunung berombak-ombak dan melihat air danau begitu tenang membuat suasana hati menjadi damai.

Panduan Wisata ke Situ Patenggang


Apa itu Situ Patenggang?
Situ Patenggang adalah tempat wisata alam berupa sebuah danau. Danau ini terletak di lingkungan Wisata Alam Nasional 1600 meter di atas permukaan laut. Secara geografis lokasi danau berada di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Diperkirakan luas situ 45 hektar, sedangkan total cagar alam sekitar 123.077,15 hektar terdiri dari danau, kebun teh dan hutan.

Situ Patenggang Ciwidey
image source: wikimedia.org

Rute Jalan Menuju Situ Patenggang
Pengunjung Situ Patenggang paling banyak dari Bandung atau Jakarta. Untuk itu kami ambil contoh dari 2 kota tersebut. Bagi yang berasal dari kota lain bisa menyesuaikan dengan jalur yang dilalui.

Pengunjung berasal dari daerah lain secara gampang menuju Bandung dahulu. Untuk menuju Bandung bisa menggunakan pesawat terbang karena banyak penerbangan ke Bandung, atau bisa menggunakan mobil dan kendaraan umum lain.

Dari Bandung ke Situ Patenggang
Warga Bandung menggunakan kendaraan pribadi tentu tidak akan asing lagi akses jalan kesana, dari mana saja di Bandung arahkan saja kendaraan ke Soreang. Dari Soreang ke jalan raya Soreang - Ciwidey.

Jika menggunakan kendaraan umum dari Bandung. Pertama menuju ke Terminal Leuwi Panjang. Setelah sampai di Leuwi Panjang naik angkot jurusan Leuwi Panjang - Ciwidey, dari Ciwidey naik angkot ke Situ Patenggang.

 Dari Jakarta ke Situ Patenggang
Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, paling mudah melalui Tol Cipularang nanti keluar di pintu tol Kopo. Setelah keluar ambil arah ke Soreang, terus ikutin Jl. Soreang Ciwidey. Setelah melewati hutan dengan jalan berbelok belok dan menanjak akan ketemu dengan tempat wisata Kawah Putih.

Setelah sampai di gerbang masuk Kawah Putih, terus saja kurang lebih 7 km lagi akan sampai di Situ Patenggang.

Jika ingin tahu mengenai Kawah Putih,
baca: Kawah Putih Ciwidey Bandung Tempat Prewedding dan Selfie

Apa saja yang bisa dilihat atau di nikmati di Situ Patenggang
Secara keseluruhan yang bisa dilihat di Situ Patenggang adalah pemandangan alam yang natural.

Paduan antara danau yang tenang dengan kebun teh hijau dan hutan lindung. Sebelum sampai di Situ Patenggang pengunjung bisa melihat hamparan kebun teh sangat luas di kiri kanan jalan. Setelah menelusuri kebun teh mulai dari kejauhan terlihat sebuah danau nan cantik. Sungguh suatu pemandangan alam luar biasa, tidak akan terduga sebelumnya.

Setelah sampai di tempat parkir berjalan kaki turun mendekati pinggir situ atau danau. Dari pinggir situ kita akan melihat air danau yang tenang dengan beberapa bongkah batu karang di pinggir situ menambah exotic tempat ini. Di seberang situ terlihat hutan hijau dengan kayu ukuran besar-besar sehingga suasana menjadi damai dan alami.

Di pinggir situ terlihat ada beberapa perahu bersandar menunggu penumpang berlayar ke pulau atau sekedar ingin melihat dari dekat suasana alam dari tengah situ. Di tengah ada sebuah pulau bentuk hati atau love, sering di sebut dengan Pulau Asmara.

Pulau Asmara atau Pulau Sasaka konon mempunyai mitos antara Ki Santang dan Dewi Rengganis, mereka saling mencintai tapi karena terpisah dalam waktu lama saling mencari satu sama lain. Akhirnya bertemu di sebuah batu, populer di sebut batu cinta.

Dikisahkan Dewi Rengganis minta dibuatkan sebuah perahu dan danau biar mereka bisa berlayar, perahu itulah menjadi sebuah pulau. Percaya atau tidak siapa saja datang bersama pasangan dan mengelilingi Pulau Hati akan langgeng seperti Dewi Rengganis dan Ki Santang.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang
Parkir roda 2  Rp. 3.500
Parkir roda 4  Rp. 11.500
Parkir roda 6  Rp. 22.000

Wisatawan Lokal
Weekday, tiket masuk Rp. 18.000/orang, weekend Rp. 20.500/orang

Wisatawan Mancanegara
Weekday, tiket masuk Rp. 135.000/orang, weekend Rp. 185.000/orang

Setelah puas melihat pemandangan alam Situ Patenggang di sebelah kiri pintu masuk banyak tersedia makanan dan minuman layak untuk dicoba. Selain makanan juga tersedia oleh-oleh khas Bandung dan ada beberapa souvenir berupa kerajinan tangan. Ada juga kaos bertuliskan Situ Patenggang dan banyak pilihan gambar lainnya.

Setelah selesai berkunjung ke Situ Patenggang biasanya wisatawan pergi ke Kawah Putih atau ke Pemandian Air Panas Walini, selanjutnya akan pulang ke daerah asal masing-masing atau mencari hotel untuk menginap di daerah Ciwidey atau di Bandung.

Info lain bagi yang senang kuliner. Makanan khas Bandung terkenal enak, ada tempat wisata sekaligus tempat makan di Bandung Utara. Belanja disana tidak pakai rupiah tapi pakai koin, agar lebih jelas baca:
Di Tempat Wisata Floating Market Rupiah Tidak Berlaku.

Demikian info mengenai paduan wisata ke Situ Patenggang lengkap dengan cara menuju kesana, harga tiket dan gambaran singkat mengenai situ. Semoga dapat membantu dan bermanfaat sukses dalam liburan.


EmoticonEmoticon