Kamis, 20 April 2017

11 Fasilitas Kebun Binatang Ragunan dan Harga Tiket Masuk

Jika hendak wisata, ini fasilitas dan harga tiket masuk Kebun Binatang Ragunan. Disamping fasilitas dan harga tiket, kami juga akan memberi informasi tambahan seputar tempat rekreasi ini seperti arah jalan menuju kesana, peta lokasi, binatang apa saja yang bisa dilihat dan apa saja kegiatan yang bisa dilakukan. Termasuk beberapa permainan anak yang bisa dicoba jika sedang berkunjung.

Kebun Bintang Ragunan telah berganti nama dengan Taman Margasatwa Ragunan, setelah beberapa kali berganti nama. Tapi kita lebih mengenal dengan Kebun binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan termasuk salah satu tempat rekreasi keluarga paling ramai di Jakarta. Kebutuhan hiburan keluarga di Jakarta sangat tinggi, sementara tempat wisata tidak bertambah jumlahnya. Hal ini membuat tempat rekreasi di Jakarta sangat ramai, lihat saja ini semuanya ramai, 5 tempat wisata keluarga di Jakarta paling ramai pengunjung.

Wisata ke Ragunan merupakan pilihan tepat karena selain sebagai hiburan juga sebagai edukasi terutama bagi anak-anak. Di Ragunan bisa melihat berbagai macam satwa terutama yang hidup di Indonesia. Selain itu juga ada fasilitas hiburan lain berupa aktivitas berkuda, menaiki onta atau menikmati permainan anak.

Tanpa disadari jika masuk ke Kawasan Ragunan kita sedang berada di salah satu hutan kota di Selatan Jakarta. Menikmati udara sejuk sambil berjalan dari kandang satwa satu dengan kandang satwa lain. Tidak terasa panas karena ada puluhan jenis pohon yang tinggi-tinggi.

Peta Lokasi Kebun Binatang Ragunan
Fasilitas Kebun Binatang Ragunan Jakarta
image source: ragunanzoo.jakarta.go.id


Informasi Rinci Seputar Kebun Binatang Ragunan 


Harga Tiket Masuk
> Orang dewasa Rp 4.000
> Anak-anak  Rp 3.000

> Mobil  Rp 6.000
> Bus kecil  Rp 12.500
> Bus besar Rp 15.000
> Sepeda motor Rp 3.000
> Sepeda  Rp 1.000

Untuk harga tiket permainan, lihat dibawah pada fasilitas masing-masing permainan.

Harga tiket masuk Ragunan masih tergolong murah dibanding dengan tempat wisata keluarga lain. Harga tiket masuknya hampir sama dengan Taman Mini. Untuk mengetahui lebih jauh baca ini:
Harga Tiket Masuk Taman Mini dan Akses Jalan menuju kesana

Koleksi Binatang Ragunan
Menurut data ragunanzoo.jakarta.go.id Kebun Binatang Ragunan memiliki kurang lebih 2.009 ekor satwa. Terdiri dari binatang jenis mamalia, kadal, burung, ikan. Binatang yang dipelihara disana sebagian besar berasal dari Indonesia walau ada juga yang berasal dari luar Indonesia.

Binatang disana berada dalam kelompok kandang masing-masing jenis. Jika ingin melihat kita harus berjalan kaki mengelilingi area setempat. Pada dinding kandang tersedia papan informasi mengenai data asal-usul, perilaku dan hal lain terkait dengan binatang tersebut.

Inilah antara lain satwa yang bisa dilihat, beruang, harimau, siamang, gorila, babi, rusa, tapir, singa, bekatan, monyet, kukang, lutung, nilgai, macan tutul, jaguar, anoa, binturung, simpai, banteng, gajah, surili, orang hutan.

Ada juga jenis reptil yaitu, kura-kura, berbagai jenis ular, biawak, komodo, kadal.

Jenis burung, pelikan, beberapa jenis elang, nuri, kaswari, bangau, beo, betet, merak, kakatua, para, burung unta dan lain-lain.

Ragunan juga mempunyai koleksi ikan arapaima dan beberapa jenis ikan lain.

Yang menarik disana ada komodo. Binatang ini sudah langka hanya ada di Indonesia saja di alam liar. Reptil besar ini termasuk bintang purba yang masih tersisa dari zaman dino. Tempat reptil ini hidup di alam liar juga sudah menjadi tempat wisata favorit dari seluruh dunia. Agar lebih jelas lihat ini 5 keunikan Pulau Komodo sebagai 7 keajaiban alam dunia.

Fasilatas Kebun Binatang Ragunan
1. Taman Marga Satwa
Taman Marga Satwa adalah tempat berjalan-jalan atau duduk santai menikmati suasana taman. Taman ini dilengkapi dengan batu refleksi dapat digunakan secara gratis bisa dipakai untuk pijat .

Taman ini sangat ini cocok untuk dikunjungi pagi atau sore hari habis berjalan mengelilingi Ragunan. Taman ini dihiasi dengan patung orang utan, patung komodo, patung gajah.  Secara keseluruhan tempat ini sangat indah cocok untuk bersantai dan tidak dikenakan biaya tambahan untuk masuk.

2. Pusat Primata Schmutzer
Primata adalah kelompok mamalia dari ordo biologi primates yaitu monyet, lemur, tarsius, kera, gorila, orang hutan, dan manusia.

Primata Ragunan mempunyai konsep disebut open zoo, primata yang ada dalamnya dibuat seolah-olah mereka berada di habitat asli. Pengunjung bisa melihat, mempelajari dan merasakan suasana seperti itu juga. Binatang yang tinggal disana ada gorilla, orang hutan simpase dan lain-lain.

Selain melihat primata asli pengunjung juga bisa mempelajari kehidupan binatang ini melalui fasilitas yang telah disediakan. Bisa juga menonton teater film tentang satwa disini.

Harga tiket Primata Ragunan Rp 6.000, weekend Rp 7.500. Teater Rp 150.000

3. Taman Satwa Anak
Taman satwa anak adalah taman satwa menyediakan berbagai binatang disukai anak. Satwa yang ditampilkan burung kakatua, ikan arapaima, ular condrophyton, dan beberapa satwa lain. Tersedia ayunan anak, jaring laba-laba, perosotan dan lain-lain.

Harga tiket masuk Rp. 2.500.

4. Gajah Tunggang
Anak-anak atau orang dewasa bisa merasakan menunggang gajah di Ragunan. Walau binatang liar tidak perlu khawatir dengan satwa ini, yang ada di Ragunan sudah jinak jadi tidak bahaya

Menunggang gajah bisa dilakukan di hari Sabtu, hari Minggu dan hari libur saja.
Harga tiket Rp 7.500

5. Onta Tunggang
Onta tunggang juga ada harga tiket Rp 7.500

6. Kereta Keliling
Untuk melihat Kebun Binatang Ragunan secara keseluruhan bisa dengan naik kereta mini. Harga tiket Rp 7.500

7. Penyewaan Sepeda
Tersedia penyewaan sepeda untuk keliling Taman Margasatwa Ragunan.
Harga sewa sepeda tunggal Rp 10.000, sepeda ganda Rp 15.000

8. Taman Perahu Angsa
Tersedia juga perahu angsa untuk bisa mengelilingi danau yang ada di Ragunan.
Harga tiket Rp 15.000

9. Pentas Satwa
Pentas satwa yang bisa disaksikan adalah aktraksi kakatua bermain gelang warna warni, ada lagi yang lucu dan menarik yaitu beruang bersepeda.
Tiket masuk Rp 4.000, jam buka 10.00 – 15.00 WIB.

10. Kuda Bendi
Siapa yang belum pernah naik bendi bisa dicoba di Ragunan. Kendaraan tradisional ini menjadi alat angkutan yang unik dan sudah langka.
Harga tiket masuk Rp 10.000, jam buka 10.00 – 15.00 WIB.

11. Kuda Tunggang
Tersedia kuda pony untuk keliling area satwa didampingi oleh seorang pemandu.
Harga tiket Rp 5.000

Biaya masuk Ragunan tergolong murah, tapi ada lagi yang lebih murah bahkan gratis lihat ini, 15 liburan murah di Jakarta dan sekitar.

Jadwal Makan Satwa
Jangan lewatkan waktu memberi makan satwa di Kebun Bintang Ragunan. Momen ini sangat asik untuk dilihat, mengetahui prilaku berbagai binatang. Jika ingin melihat ini jadwalnya

No. Waktu Keterangan
1 2:30 PM – 2:45 PM Waktu makan siang Gajah Sumatera
2 3:00 PM – 3:15 PM Jadwal makan sore Gajah Sumatera
3 3:00 PM – 3:15 PM Jadwal makan sore Komodo
4 12:00 PM – 12:30 PM Jadwal makan siang Gorilla

Akses Masuk ke Kebun Bintang Ragunan
Alamat:
Jl. Harsono RM. No. 1,
Ragunan, Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12550 Indonesia
Phone: (021) 7884 7114
Fax. (021) 780 5280

Jika hendak masuk ke Ragunan ada beberapa pintu yang bisa dilalui

Pintu Utara (pintu utama) di Jl. RM. Harsono. Jika dari arah pusat Jakarta bisa melewati Jl. TB. Simatupang, terus ke Jl. RM. Harsono
Pintu Barat, jika pengunjung dari Cilandak bisa menggunakan Pintu Barat di Jl. Solo
Pintu Timur, jika dari arah Jati Padang bisa menggunakan Pintu Timur di Jl. Kebagusan Raya.
Pintu Selatan, jika dari arah Lenteng Agung bisa menggunakan Pintu Selatan.

Demikian info seputar Kebun Binatang Ragunan.

Tempat wisata keluarga favorit lain di Jakarta adalah, di Jakarta Pusat ada Monas, di Jakarta Utara ada Dufan Ancol beserta wahana-wahana lain di Ancol.

Jika artikel ini bermanfaat bagi ke teman melalui media sosial dibawah ini, semoga liburan Anda menyenangkan.

2 komentar

di ragunan komplit banget ya mas hewan-hewannya,

Ya lengkap Mas Ibrahim, cocok untuk liburan keluarga yang paling penting tiket masuknya masih murah


EmoticonEmoticon