Kamis, 08 Juni 2017

8 Objek Wisata di Kebun Raya Cibodas dan Fasilitas Pendukung

Beberapa Objek wisata di Kebun Raya Cibodas dan fasilitas yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke sana. Kawasan ini sangat luas sekali sekitar 80 hektare, berada pada ketinggian 1.275 m dpl. Banyak tempat indah bisa dilihat, mulai dari pemandangan alam pegunungan, taman indah, air terjun, kebun bunga sakura, rumah kaca dan lain-lain.

Kebun Raya Cibodas adalah area kebun untuk melestarikan tumbuhan dataran tinggi, walau pada awal berdirinya untuk tanaman kina. Tempat ini berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango, daerah perbukitan dengan sedikit kontur. Seiring perkembangan begitu pesat tempat ini menjadi sebuah taman indah dan menjadi salah satu tempat wisata di Cibodas. Tempat ini salah satu favorit pengunjung dari kota untuk berlibur di kawasan Puncak dari sekian banyak destinasi disana.

baca juga: 10 Tempat Wisata terkenal di Puncak dan sekitarnya

Obyek Wisata di Kebun Raya Cibodas
Objek Wisata di Kebun Raya Cibodas
image source: wisatacibodas.com

Lalu apa saja keindahan alam yang bisa dilihat di sana? Di bawah ini mungkin bisa mewakili tempat-tempat yang wajib dilihat jika hendak berkunjung.

Objek Wisata di Kebun Raya Cibodas


1. Pemandangan Alam Pegunungan
Pada saat awal menginjakkan kaki di kawasan Kebun Raya Cibodas suasana pertama kali yang dirasakan adalah udara sejuk cenderung dingin.  Melihat sekeliling area sungguh sangat luar biasa pemandangan alam begitu indah.  Banyak sekali pohon-pohon besar dengan berbagai jenis tumbuh di sana menambah nyaman suasana seketika itu. Dari kejauhan kita bisa melihat Gunung Gede dan Gunung Pangrago.

2. Duduk Santai di Taman
Begitu kita memasuki area wisata, kita bisa nikmati taman-taman kecil banyak di dalam Kebun Raya ini. Duduk santai pada salah satu taman di bawah pohon atau di padang rumput hijau akan sangat menyenangkan.

Tidak hanya duduk, pengunjung bisa juga mengadakan kegiatan lain, aktivitas permainan pada lapangan terbuka seperti main bola, tarik tambang dan lain-lain. Kegiatan ini tentu sangat mungkin dilakukan karena udara di sana sejuk. Banyak sekali pengunjung terlihat dari berbagai kelompok melakukan aktivitas untuk mengisi liburan. Mereka sedang asyik mengikuti acara pada kelompok mereka masing-masing.

3. Bunga Sakura
Obyek wisata Bunga Sakura tidak hanya ada di Jepang tapi di Cibodas juga ada. Kita bisa melihat keindahan bunga sakura dengan ciri khas warna pink di Taman Bunga Sakura Cibodas. Warna cerah mendominasi pohon sakura itu sendiri sangat menarik untuk dilihat. Suasana semarak seperti di negara asalnya membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di sana.

Hanya saja bunga sakura ini tidak bisa dinikmati setiap saat, yaitu saat musim berbunga saja. Menurut informasi waktu yang tempat melihat bunga sakura di Cibodas pada bulan Januari - Februari.

4. Rumah Kaca
Obyek wisata atau fasilitas Taman Cibodas berikut adalah Rumah Kaca, adalah tempat memelihara dan menanam tanaman langka. Jika datang berkunjung ke rumah kaca kita akan merasa takjub dengan banyaknya tanaman tropical ditanam di sana terutama kaktus. Bagi penggemar tanaman hias tempat ini sangat cocok untuk melihat ratusan jenis kaktus.

Tanaman hias lain juga banyak ditemui di Cibodas adalah anggrek. Mata Anda akan dimanjakan dengan ratusan jenis bunga anggrek yang jarang dijumpai sebelumnya.

5. Berjalan Menelusuri Sudut-sudut Taman
Di tempat yang baru kita kunjungi tentu sangat penasaran ingin tahu tempat-tempat indah sekitar itu. Kita bisa berjalan-jalan di sana. Hal ini memungkinkan dilakukan di Kebun Raya Cibodas karena ditunjang dengan fasilitas jalan yang baik. Bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau naik kendaraan.

Jika berjalan kaki akan sangat menyenangkan karena tidak terasa panas. Kapan saja bisa berhenti, entah itu hanya untuk mengambil foto atau menikmati pemandangan dari sudut berbeda. Hitung hitung sambil liburan juga olah raga.

6. Beristirahat di Pinggir Danau
Setelah berjalan-jalan di sekitar taman kita bisa istirahat pada lokasi pemandangan yang bagus di pinggir danau. Sambil duduk masih bisa melihat air danau yang begitu tenang akan menambah sejuk suasana. Air danau jernih terkesan kita sedang melihat lukisan besar begitu indah.

7. Menelusuri Sungai
Bagi mereka berasal dari kota tentu jarang sekali melihat sungai. Kalau seandainya ada di kota sungai sudah kotor dan banyak lumpur. Sangat berbeda dengan di kawasan pegunungan, sungai masih bersih belum kena polusi.

Bermain di sungai tentu akan menjadi pengalaman tersendiri. Asyik bermain di pinggir sungai sambil merendam kaki dengan air dingin atau duduk di antara sela-sela batu di tengah sungai.

8. Menikmati Air Terjun Cibodas
Tidak cukup hanya bermain di pinggir sungai kita bisa juga melihat Air Terjun di Kebun Raya Cibodas. Tempatnya enak sekali berada di antara dua bukit mengapit di kiri dan kanan.

Di lokasi Air Terjun kita bisa mandi atau merendam kaki di genangan air tepat di bawahnya. Kalau tidak kita bisa juga hanya untuk melihat keajaiban alam ini. Suasana seketika akan berubah menjadi ceria karena terbawa dengan hembusan embun air jatuh dari ketinggian.

Untuk mencapai lokasi ini kita harus berjalan sekitar 20 - 30 menit mengikuti rambu penunjuk arah. Nanti berjalan sedikit menanjak, setelah itu turun pada lereng bukit sampai ke sebuah sungai, setelah itu menelusuri sungai ke hulu. Dari kejauhan kita sudah bisa melihat Air Terjun begitu megah.

Itulah beberapa objek wisata bisa kita lihat di Kebun Raya Cibodas diantara sekian banyak tempat indah di sana. Kebun Raya Cibodas sangat luas mungkin tidak semua bisa dilihat maka dari itu sesuaikan saja dengan kondisi masing-masing.

Tempat wisata lain dekat dengan Kebun Raya Cibodas yaitu:
Perkemahan Mandalawangi Cibodas
Gunung Gede dan Gunung Pangrango
Air Terjun Cibereum

Demikian info kali ini jika bermanfaat bagi ke teman, semoga sukses dalam liburan.


EmoticonEmoticon