Jumat, 18 Agustus 2017

Cara Ke Tangkuban Perahu Dari Jakarta

Cara ke Tangkuban Perahu dari Jakarta sekarang sangat mudah, banyak akses jalan menuju kesana. Bisa melalui jalan raya umum atau menggunakan jalan tol. Tentu saja paling mudah menggunakan jalan tol. Tahun 2017 sudah beroperasi Jalan Tol Cikopo - Paliman atau lebih dikenal dengan Tol Cipali, jalur ini banyak digunakan oleh wisatawan saat ini untuk menuju ke Tangkuban Perahu.

Tangkuban Perahu adalah lokasi wisata berupa kawah gunung berapi. Tempat ini banyak dikunjungi orang karena mempunyai pemandangan alam menakjubkan. Terdapat 3 kawah yang bisa dilihat, hanya saja letaknya berjauhan. Kawah utama dinamakan Kawah Ratu berada di puncak pada saat kita baru sampai. Dua kawah lain yaitu Kawah Domas dan Kawah Upas berada disamping Gunung.

Selain melihat ke 3 kawah tersebut kita juga bisa melihat dari puncak gunung panorama indah. Maka tidak heran orang rela menghabiskan waktu seharian di puncak Gunung Tangkuban Perahu, seakan-akan mereka tidak mau pulang. Apa lagi mereka yang datang dari kota besar seperti Jakarta, Bandung atau dari daerah lain di Pulau Jawa.

Akses Jalan ke Tangkuban Perahu

Wisatawan datang ke Tangkuban Perahu biasanya juga melihat tempat wisata lain di Bandung, tidak hanya satu tempat. Mereka bisa menginap karena banyak hotel di daerah ini terutama di Lembang. Mereka bisa mengunjungi Maribaya dengan letak lokasi masih dekat atau pergi ke tempat wisata disekitar yang masih satu jalur.

3 Akses Jalan ke Tangkuban Perahu dari Jakarta


1. Melalui Jalan Tol Cipali
Dari Jakarta ke Jalan Tol Cikampek, disambung dengan Jalan Tol Cipali, keluar di Gerbang Tol Subang. Jalur ini cukup jauh kadang mengalami macet antara pertemuan Tol Lingkar Luar sampai ke Cikarang. Jika lelah bisa istirahat dahulu di Rest Area yang telah disediakan. Lihat disini Rest Area terdekat Tol Cikampek arah Timur.

Setelah keluar dari Pintu Tol Subang pilih arah jalan ke Kota Subang Jl. Oto Iskandardinata. Dari Kota Subang ke Jl. Cijambe - Jl. Raya Cagak -  Ciater - Tangkuban Perahu.

Di jalur ini ada tempat wisata air panas dikaki Gunung Tangkuban Perahu yaitu Sariater, bisa menggunjungi tempat ini dahulu atau pada saat mau pulang ke Jakarta.

2.  Melalui Purwakarta, Jalan Tol Purbaleunyi
Jalur ini disebut juga jalur Sadang. Dari Jakarta ke Jalan Tol Cikampek, belok ke kanann ke Tol Purbaleunyi, nanti keluar di Sadang. Dari Sadang menuju Kota Purwakarta, Pasawahan - Jl. Wanayasa terus ke Sagalaherang, ke Jl. Cagak - Jl. Ciater - Gunung Tangkubanparahu.

Jalur ini, jalan tidak besar seperti jalur Subang, jalurnya berbelok belok naik bukit. Di Jl. Wanayasa ada tempat wisata berupa resort yaitu Giri Tita Kahuripan. Tempat wisata kolam renang di awan, kebun buah dan beberapa wahana permainan. Juga tersedia penginapan berupa hotel. selengkapnya baca di Fasilitas wisata di Giri Tira Kahuripan.

3. Melalui Kota Bandung, Tol Purbaleunyi
Dari Kota Jakarta ke Tol Cikampek diteruskan ke Tol Purbaleunyi keluar di Gerbang Tol Pasteur. Dari Pasteur ke Jl. Pasirkaliki ke Jl.  Setiabudi lanjutkan ke Jl. Raya Lembang ke Jl. Raya Tangkubanparahu - Gunung Tangkubanparahu.

Jalur alternater ini bisa diambil jika ingin melihat Kota Bandung atau bisa juga jalur pulang ke Jakarta agar tidak boring dengan jalur yang sama. Jalur ini melewati Kota Lembang yang banyak memiliki tempat wisata. Anda bisa ke Maribaya ke Floating Market melihat pasar terapung alah Bandung.

Itu tadi akses jalan menuju Gunung Tangkuban Perahu menggunakan kendaraan pribadi mobil. Jalur tersebut bisa dikombinasikan sesui dengan trip yang hendak dipilih jika ingin melihat beberapa tempat wisata.

Untuk sekarang ini pengunjung lebih senang dari jalur subang yaitu dari Tol Cipali. Jalur ini dipilih bisa mempercepat perjalanan, untuk sampai ke Tangkuban Perahu dari Jakart kurang lebih 5 jam.

Demikian cara ke Tangkuban Perahu dari Jakarta sudah kami info berdasarkan data terbaru beserta akses jalan menuju kesana. Semoga bermanfaat dan semoga senang selama liburan.


EmoticonEmoticon