Kamis, 28 September 2017

Share ke Twitter Gambar Tidak Muncul, Ini Solusinya

Ketika kita hendak share artikel ke twitter ternyata gambar tidak muncul, bagaimana solusinya? Kita sudah berusaha untuk menarik pengunjung ke blog dengan banyak share artikel ke media sosial. Salah satunya ke twitter yang sampai saat ini masih dilakukan oleh para blogger. Tapi kadang hasilnya tidak mendapat tanggapan yang baik dari followers kita atau publik yang melihat. Salah satu penyebabnya adalah link yang kita berikan tidak disertai image.

Karena gambar artikel tidak ikut tampil di tweet kita maka kurang menarik. Kita semua tahu gambar bisa menarik minat orang untuk membaca artikel, sebagaimana dianjurkan oleh salah satu halaman di twitter.

Dulu blog saya juga demikian, tidak bisa tampil gambar setelah share postingan, tapi sekarang sudah bisa lihat saja hasilnya dibawah ini

Share to Twitter

Lalu bagaimana solusinya, script dibawah ini mudah-mudahan bisa membantu Agan sekalian. Kita harus menyematkan Twitter Summary Card dalam template blog kita seperti ini.

Mengatasi Share ke Twitter Gambar Tidak Muncul / Tampil

  • Masuk ke Dashboard Blog
  • Terus masuk ke Template >> Edit HTML
  • Tempelkan script berikut diatas </head>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta name='twitter:url’ expr:content=’data:blog.canonicalUrl'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName' name='twitter:title'/>
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='twitter:description'/>
<b:else/>
<meta expr:content='&quot;Silahkan baca artikel &quot; + data:blog.pageName + &quot; ini selengkapnya di &quot; + data:blog.title + &quot;&quot;' name='twitter:description'/>
</b:if>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.postImageUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageUrl' name='twitter:image:src'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postThumbnailUrl' name='twitter:image:src'/>
<b:else/>
<meta content='alternatif_image_url' name='twitter:image:src'/>
</b:if>
</b:if>
<meta content='summary_large_image' name='twitter:card'/>
<meta content='@
TwitterUserNameAnda' name='twitter:creator'/>
  • Ganti tulisan "Silahkan baca artikel" dan "ini selengkapnya" jika Agan mau, jika tidak juga tidak apa-apa biarkan saja. Tulisan itu hanya semacam petunjuk tambahan ketika kita share ke twitter
  • Perhatikan script ini <meta content='alternatif_image_url' name='twitter:image:src'/>. Ganti "alternatif_image_url” pada meta alternatif image url dengan alamat url image Agan, jika ada artikel tidak memiliki gambar akan diganti dengan image ini. Jika tidak diganti juga tidak apa-apa biarkan saja.
  • Ganti "@TwitterUserNameAnda" dengan nama user name twitter Agan
  • Save

Terima kasih pada Ahmad Alfan Taufiq, sriptnya dari dia. Jika ada script yang salah disesuaikan saja. Kadang pada template berbeda terjadi error, solusinya coba diganti tanda kutip (').

Sekarang Agan coba share ke twitter dari blog Agan, lihat hasilnya. Degan demikian tweet kita akan lebih menarik, mudah-mudahan bisa menambah pengunjung ke blog Agan.

Tapi jangan terlalu sering juga ya share ke medsos dan yang penting jangan berita hoax. Ini ada tips ciri ciri berita hoax dan cara cek kebenarannya biar tidak salah share.

Demikian solusi cara mengatasi share ke twitter jika gambar tidak muncul. Sebenarnya tujuan posting ini hanya untuk arsip saja, tapi kalau kebetulan ada yang mempunyai masalah sama boleh dicoba dan semoga dapat membantu.

2 komentar

Maaf, saya sudah mencoba script ini, tapi kok gak bisa ya? Gambar tetap gak muncul.

Selama ini, saya biasanya makai twitshot untuk share artikel ke Twitter, biar muncul gambar otomatis. Tapi entah kenapa kok sekarang twishot gak memunculkan lagi gambar dari blog saya. Kira2 kenapa ya?

Oh ya, tapi saya pakai script ini work kok sampai saat ini

Sudah diganti belum @
TwitterUserNameAnda dengan url twitter Mbak Riana?


EmoticonEmoticon