Selasa, 17 Oktober 2017

10 Tempat Wisata Terkenal di Puncak dan Sekitarnya

Ini dia tempat wisata terkenal di Puncak dan sekitarnya. Sebelum datang ke tempat rekreasi lain Anda harus datang dulu kesini karena lokasi ini icon wisata Puncak meliputi wilayah Bogor dan Cianjur. Orang selalu ramai datang kesini setiap hari, apalagi di hari Sabtu dan Minggu. Umumnya yang mereka tuju adalah tempat wisata yang akan kami sebutkan dibawah ini.

Puncak adalah sebuah Kawasan Pegunungan dengan cuaca sejuk di siang hari dan dingin malam hari. Kawasan ini terdiri dari perbukitan di kaki Gunung Gede Pangrango. Jadi kalau kita datang ke kawasan ini akan merasa nyaman dan tenang. Disini kita bisa menikmati alam nan segar dengan pemandangan indah.

Pada beberapa lokasi sudah dikelola dengan baik. Tidak hanya bisa melihat pemandangan alam tapi juga ada permainan dan hiburan. Tapi tetap daya tarik utama adalah keindahan alam, lalu apa saja tempat wisata terkenal di Puncak?

Tempat wisata Terkenal di Puncak


1. Puncak Pass

Puncak Pass Bogor

Puncak Pass adalah tempat wisata utama di kawasan ini. Setiap orang yang datang ke Puncak wajib mengunjungi tempat ini, jika belum berkunjung tidak lengkap rasanya karena dari sini pemandangan alam menakjubkan bisa dilihat.

Puncak Pass terletak di jalan penghubung antara Jakarta-Bandung. Dulu sebelum ada jalan Tol Cikampek jalur ini jadi favorit pengendara. Puncak Pass terletak pada jalur paling tinggi di wilayah ini, kita bisa melihat pemandangan ke arah Bogor dan ke arah Cianjur dari sini. Kita bisa melihat kebun teh yang sangat luas sejauh mata memandang.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Puncak Pass antara lain. Mampir di sebuah warung atau restoran untuk menikmati secangkir kopi atau bandrek atau minuman apa saja. Biasanya orang akan berhenti di sekitar restoran Rindu Alam. Bisa juga sekedar belanja oleh-oleh atau sayuran. Berfoto selfie di kebun teh untuk di pasang di instagram atau media sosial.

Jika ingin menginap juga banyak hotel atau penginapan mulai dari kelas melati sampai hotel berbintang.

2. Danau / Situ Telaga Warna

Telaga Warna Puncak

Danau Telaga Warna atau hanya sebuah situ? Ada orang menyebut dengan danau atau situ dan ada juga menyebut dengan Telaga Warna saja. Tapi mungkin yang lebih tepat hanya Telaga Warna karena emang tidak terlalu luas.

Tempat ini menarik karena berada di puncak tertinggi di jalur Jl. Raya Ciawi-Cianjur. Hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari Rumah Makan Rindu Alam. Tepatnya berada disebelah kanan, sudah terlihat pintu masuk ke Telaga Warna. Sebelah kanan kalau kita hendak ke Jakarta. Hanya saja karena banyak belokan pintu masuknya kadang tidak terlihat.

Jika mampir ke Puncak Pass jangan lupa melihat tempat ini. Disana kita bisa menikmati suasana alam nan asri berupa telaga indah. Di sekeliling telaga terdapat hutan lebat, banyak tumbuh berbagai tanaman hutan dan pohon-pohon besar. Kita bisa mengelilingi telaga, atau hanya sekedar menikmati alam.

3. Bukit Gantole / Paralayang

Bukit Gantole Paralayang Puncak

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang lain, bisa mencoba terbang di udara. Paralayang Puncak berada di area perbukitan Kebun Teh Gunung Mas. Lokasi ini mudah terlihat dari jalan raya, berada di perbukitan kebun teh tidak jauh dari Masjid Atta'Awun

Bukit Gantole Puncak merupakan salah satu favorit paralayang di Indonesia. Terbukti selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Memiliki udara sejuk dengan pemandangan kebun teh. Bisa terbang siang hari atau malam hari.

4. Taman Safari Cisarua Bogor

Taman Safari Cisarua

Tempat wisata terkenal lain di Puncak adalah Taman Safari. Tempat rekreasi ini merupakan kebun binatang terbaik di Indonesia. Di Kebun binatang ini kita bisa melihat satwa yang ada di Indonesia dan juga beberapa binatang dari negara lain.

Uniknya Taman Safari Cisarua ini binatang dilepas di alam terbuka dan emang tempatnya di tengah hutan. Kita bisa melihat binatang tersebut masuk kedalam area satwa dengan mengendarai mobil. Dari mobil kita mengelilingi lokasi tersebut, nanti binatang akan terlihat di kiri kanan jalan. Kadang satwa tersebut menghampiri ke dekat mobil kita, tapi jangan sampai membuka kaca mobil ya.

Setelah puas berkeliling di kebun binatang alam terbuka, masih di kawasan yang sama kita bisa melihat berbagai pertunjukan dari berbagai satwa. Mulai dari pertunjukan gajah, harimau sumatera, lumba-lumba, dan lain-lain.

baca selengkapnya: Wahana Taman Safari Bogor dan Jadwal Pertunjukan Satwa

5. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Selanjutnya destinasi terkenal di Puncak selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Taman Wisata Matahari. Taman Matahari Puncak terletak di Cisarua sebelum Puncak Pass. Jika dari Jakarta ke Puncak berada di sebelah kiri.

Taman Matahari Puncak adalah tempat rekreasi keluarga berupa arena bermain. Ada banyak permainan yang bisa di coba seperti wahana air waterpark, sepeda air, bomber boat, perahu dayung, perahu motor, paddle boat, perahu naga, bola gila dan lain-lain. Ada juga wahana petualangan seperti flying fox, motor ATV, oubound, wall climbing, arung jeram dan lain-lain.

Tempat wisata ini dikemas dengan konsep berupa taman yang sangat rindang sehingga udara disini sejuk. Selain berwisata juga bisa menambah ilmu pengetahuan tentang alam terutama bagi anak-anak. Tersedia shuttle bus untuk berkeliling area. Tersedia juga fasilitas pendukung seperti saung-saung, lapangan, gazebo, restoran dan pusat belanja. Jika ingin menginap juga tersedia hotel.

baca juga: 40 Wahana Permainan Taman Matahari Puncak

6. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah tempat rekreasi sekaligus untuk melestarikan tumbuhan dataran tinggi yang ada di Indonesia. Tempat ini berada di daerah Cianjur setelah melewati Puncak Pass kalau kita dari Jakarta, tepatnya di kaki Gunung Gede Pangrango. Lokasinya di daerah perbukitan dengan tanah perbukitan.

Tempat wisata ini termasuk favorit dan terkenal di Puncak sebagai tempat rekreasi keluarga. Taman Cibodas memiliki kurang lebih 80 hektare. Obyek wisata yang bisa dilihat disini adalah pemandangan alam pegunungan, taman-taman indah, air terjun, rumah kaca berisi tanaman tropis, kebun bunga sakura dan lainnya

baca juga : 8 Obyek Wisata dan Fasilitas Kebun Raya Cibodas Puncak

7. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Selanjutnya tempat wisata terkenal di sekitar Puncak adalah Taman Bunga Nusantara. Walau sudah lewat dari Puncak Pass tapi lokasinya masih di sekitar kawasan. Jika dari Jakarta Taman Bunga berada disebelah kiri, sudah termasuk wilayah Cianjur.

Taman Bunga Nusantara adalah taman bunga pertama di Indonesia dengan koleksi lengkap. Koleksi bunga disini berasal dari bunga yang terkenal di Indonesia dan bunga dari mancanegara. Pada lahan yang luas kita bisa menyaksikan koleksi bunga dari seluruh dunia.

Selain itu banyak taman yang bisa dilihat dengan tema taman yang sudah terkenal di dunia. Taman yang bisa kita nikmati diantaranya Taman Perancis terkenal dengan penataan dan pangkas yang rapi, Taman Rahasia lebih dikenal dengan Taman Labirynth, dibuat dengan penataan bentuk jalan berliku dengan dinding membuat kita bisa kesasar disini. Ada juga Taman Jepang, Taman Palem, Rumah kaca dengan isi beragam bunga dan lain-lain.

8. Villa / Resort

Villa di Puncak

Kegiatan wisata yang banyak dilakukan orang di Puncak adalah menginap. Biasanya wisatawan menyewa salah satu villa disana atau hotel. Jika tidak mau di hotel bisa juga menginap pada salah satu kamar resort. Mereka akan menghabiskan waktu disana untuk istirahat dengan mencari udara segar.

Menginap di Puncak paling ramai di akhir pekan. Jika di hari libur biasanya villa dan hotel penuh apalagi di tahun baru. Jika ingin menginap di Puncak pada saat musim liburan sebaiknya pesan hotel atau villa jauh hari sebelumnya.

9. Gunung Gede Pangrago

Gunung Gede Pangrango

Wisata berikut yang bisa dilakukan sekitar Puncak adalah naik ke Puncak Gunung Gede Pangrago. Ini wisata khusus bagi mereka pencinta alam yang suka dengan ketinggian. Wisata ini tidak semua orang bisa melakukan, hanya yang sudah biasa dan terlatih saja.

Gunung Gede Pangrago salah satu favorit pendaki di Indonesia. Terdiri dari dua puncak yaitu puncak Gunung gede dengan ketinggian 2.958 mdpl dan puncak Gunung Pangrango ketinggian 3.019 mdpl. Kedua puncak tersebut berdekatan. Jalur kalau dari Puncak yaitu dari Cibodas. Jika ingin mendaki Gunung ini bisa menuju Cibodas dulu yaitu dekat wisata Kebun Raya Cibodas.

10. Air Terjun / Curug

Air Terjun (Curug) di Puncak

Wisata berikut yang bisa dilakukan di sekitar Puncak adalah mengunjungi salah satu air terjun. Sejauh pantauan kami mengunjungi air terjun atau curug di puncak tidak begitu populer dilakukan orang, mungkin lokasinya yang jauh di dalam hutan atau kalah pamor dengan tempat wisata lain. Oh ya di Jawa Barat air terjun disebut dengan curug.

Ada beberapa air terjun yang bisa dilihat yaitu Curug Cilembar, Curug Panjang, Curug Naga, Curug Cikaracak, Curug Ciismum, Curug Ciberureum.

Itulah tempat wisata di sekitar Puncak yang terkenal dan biasa dikunjungi orang. Semoga membantu dan sukses dalam liburan.


EmoticonEmoticon