Kamis, 09 November 2017

6 Pertunjukan Kesenian Bali Yang Terkenal (Seni Budaya Tradisional)

Sudah banyak pertunjukan kesenian tradisional Bali yang terkenal. Bahkan seni budaya Bali telah dimainkan di beberapa negara Eropa Amerika dan Asia. Bahkan salah satu tari menjadi polemik di Malaysia, karena sempat Tari Pendet ditayangkan pada salah iklan disana. Di Indonesia juga kesenian Bali telah dikenal luas dengan sering tampil di station televisi swasta.

Bali sangat terkenal dengan pariwisata mereka berkembang dengan pesat. Pariwisata yang menjadi andalan adalah wisata pantai, wisata alam pegunungan, wisata budaya dan wisata religi. Bicara Bali orang pasti akan teringat dengan Kuta merupakan wisata pantai no 1 di Indonesia. Dari segi seni budaya Bali terkenal dengan Tari Kecak, Tari Pendet, Tari Barong dan lainnya.

Bali juga ditunjang dengan fasilitas lengkap untuk mendukung pariwisata. Akomodasi banyak di Bali dan tersebar terutama dekat tempat wisata. Hampir semua destinasi di Bali disana juga ada hotel atau penginapan murah di sekitarnya. Dari segi transportasi juga sangat mendukung tersedia angkutan umum bus antar kota atau angkutan dalam kota. Jika menyewa mobil atau kendaraan di Bali juga banyak, tapi harus berhati hati jangan sampai tertipu malah merusak liburan Anda.

baca juga: Tips menyewa mobil di Bali

Setelah melihat wisata alam di Bali kita juga harus melihat kesenian yang sangat hebat itu. Apa saja seni budaya Bali bisa kita lihat? Dibawah ini ada beberapa kesenian Bali yang sudah dikenal luas sebagai rekomendasi kami, sudah pasti bagus, tidak akan mengecewakan.

1. Tari Kecak

Tari Kecak Bali

Tari Kecak adalah pertunjukan kesenian tradisional Bali yang sangat terkenal. Seni budaya yang satu ini bahkan sudah pentas sampai ke mancanegara seperti di negara Eropa Jerman, sejak tahun 1930-an saat Wayan Limak memperkenalkan Tari Kecak ke seluruh Dunia.

Tarik kecak adalah sebuah seni pementasan tari dimainkan oleh banyak orang. Jumlah orang yang memainkan bisa puluhan bahkan ratusan terutama kaum laki-laki. Diiringi dengan musik Accapella untuk menyertai gerakan dinamis penari. Para penari membentuk lingkaran mengelilingi seorang penari perempuan dan penari barong. Penari menyerukan suara 'cak cak cak' sambil mengangkat kedua tangan.

Bentuk tarian ini menggambarkan kisah Ramayana, dimana para kera membantu Rama membebaskan Dewi Sinta dari tawanan Rahwana. Para penari kadang mengalami kemasukan roh halus, hal ini menambah seru suasana apalagi dengan latar belakang api.

Akan menjadi pengalaman berharga jika bisa menyaksikan pertunjukan ini selama berada di Pulau Bali.

Tari kecak dapat dilihat di di Uluwatu dan Tanah Lot menjelang terbenam matahari.

2. Tari Arja


Tari Arja atau Arja merupakan pertunjukan sangat disukai oleh masyarakat Bali. Arja adalah ibarat sebuah opera seni drama dimainkan dengan dialog lucu. Arja juga diiringi oleh gamelan disebut dengan gaguntangan. Dimainkan dengan suara yang sangat merdu untuk mengiringi penari.

Arja sering mementaskan cerita Panji terkenal, seiring perkembangan zaman mulai menampilkan pertunjukan cerita rakyat seperti Ramayana dan Mahabarata. Hal menarik dari kesenian Arja yaitu pertunjukan yang dimainkan secara komunikasi luwes dengan dialog lucu.

3. Tari Barong dan Rangda


Seni Budaya di Bali terkenal lain yaitu Tari Barong. Tari Barong juga banyak peminat wisatawan lokal maupun mancanegara terutama dari Tiongkok dan beberapa negara di Eropa. Jika lagi berada di Pulau Dewata luangkan waktu untuk menonton tarian ini selain berkunjung ke tempat wisata pantai.

Tarian Barong adalah tarian menggunakan topeng, mengisahkan perang dengan randa. Dimainkan oleh dua orang laki-laki, berada di depan dan dibelakang. Penari didepan bertugas untuk memainkan kepala Barong dan kaki depan, sedangkan penari belakang bertugas memainkan ekor dan kaki barong belakang. Kadang dalam pertunjukan pemain mengalami kesurupan. Pada akhir cerita, Barong akan menang.

Pertunjukan Tarian Barong ini bisa disaksikan di Batubulan dan di Ubud. Untuk menuju kesana bisa datang sendiri atau ikut paket tour atau menyewa mobil di Bali.

4. Pertunjukan Gamelan


Gamelan Bali salah satu kesenian tradisional yang ada di Indonesia. Gamelan adalah pertunjukan seni berupa alat musik Gong dan beberapa alat lainnya. Dimainkan sampai 40 pemain, masing masing pemain mempunyai peran dan menghasilkan suara nada berbeda. Jika sudah disatukan menjadi nada musik yang sangat indah. Biasa dimainkan untuk mengiringi kesenian Bali maupun untuk upacara yang sakral.

5. Tari Legong


Pertunjukan kesenian tradisional terkenal selanjutnya di Bali adalah Tari Legong. Seni budaya ini salah satu tari yang dulunya dimainkan di dalam kerajaan, oleh karena itu Tari Legong Bali merupakan tarian klasik. Tari Legong menampilkan dua gadis di atas panggung mengenakan gaun yang indah dan mempunyai gerakan serasi mempesona. Oleh karena itu Tari Legong sangat terkenal menjadi icon kesenian Bali.

6. Tari Pendet


Tari Pendet merupakan seni budaya tradisional sangat terkenal sampai mendunia. Tari Pendet adalah tari selamat datang menyambut tamu yang ada di Bali, dipakai juga untuk acara resmi yang sakral. Tarian ini sangat terkenal karena sering dibawakan untuk menyambut tamu dan telah tampil di acara-acara besar.

Tari Pendet dimainkan oleh wanita dengan membawa mangkuk berisi bunga yang nantinya akan di sebar ke penonton. Tarian ini juga dikenal dengan gerakan yang lengkap. Hampir semua anggota tubuh bergerak seperti tangan, kaki, badan, jari, leher, mata, wajah. Dimainkan dengan sangat luwes dan lincah. Di akhir tari penari akan menyebar bunga yang dibawa diatas mangkuk kepada penonton.

Demikian beberapa pertunjukan kesenian Bali yang bisa disaksikan selama liburan di Pulau Dewata. Jika tidak semua bisa disaksikan minimal pilih yang sangat familiar dengan Anda. Jika pulang dari Bali jangan lupa beli oleh-oleh kain gringsing. Semoga membantu dan semoga sukses dalam liburan.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon