Senin, 20 November 2017

Trip Wisata ke Kawah Putih Situ Patenggang Ciwidey Dalam 1 Hari

Trip wisata ke Kawah Putih Situ Patenggang Ciwidey info kami kali ini. Kenapa trip wisata? Karena di lokasi ini kita bisa menyaksikan beberapa tempat rekreasi sekaligus. Untuk itu kita harus membuat rencana tempat wisata mana saja akan dikunjungi. Hal ini penting dilakukan agar waktu liburan efektif dan bisa melihat destinasi favorit di kawasan ini. Walau tidak semua destinasi bisa dilihat, tapi setidaknya tempat wisata terkenal di sekitar Kawah Putih harus dikunjungi.

Kawah Putih Situ Patenggang termasuk tempat wisata di Bandung Selatan dan beberapa lokasi rekreasi lain. Daerah ini termasuk Kawasan Gunung Patuha berupa hutan lindung dengan kondisi alam perbukitan. Udara disini sejuk di siang hari dan dingin di malam hari. Beberapa lokasi wisata berdekatan, tapi ada lokasi favorit pengunjung.

Trip wisata ke Kawah Putih dan sekitar bisa dilakukan dalam satu hari, itu sudah termasuk melihat lokasi wisata favorit. Tetapi lokasi mana saja yang bisa dilihat dalam satu jalur, akan kami jelaskan pada trip berikut, atau jika tidak mau repot ikut saja paket wisata ke Kawah Putih Situ Patenggang yang banyak ditawarkan oleh Agen Travel di Bandung.

Agen Travel di Bandung, mereka akan menjemput wisatawan ke lokasi atau ke hotel tempat menginap. Biaya Paket wisata sekitar Rp.200.000 sampai Rp.300.000 per orang. Jika dua orang antara Rp.400.000 sampai Rp.500.000, selanjutnya tergantung jumlah orang, semakin banyak akan mendapat discount.

Bagaimana dengan yang ingin berangkat sendiri atau membawa mobil pribadi atau rombongan bus. Jalur trip wisata Kawah Putih dibawah ini bisa jadi solusi. Trip ini bisa dilakukan dalam 1 hari dan sudah dipilih tempat wisata terkenal mewakili destinasi di Ciwidey. Mulai dari mengunjungi Kawah Putih selanjutnya ke Situ Patenggang terus trip di kebun teh dan mandi air panas di sore hari.

1. Kawah Putih

Trip Wisata Kawah Putih

Trip pertama dikunjungi adalah Kawah Putih, hal ini karena lokasi paling awal dari Kota Bandung. Kawah Putih sangat terkenal dengan keindahan pemandangan alam. Kawah gunung berbentuk danau berada dibawah jurang tinggi. Kita bisa masuk sampai ke dasar kawah menikmati pemandangan disana.

Kawah Putih adalah salah satu kawah Gunung Patuha di Selatan Bandung. Terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada zaman dahulu. Awalnya kawah ini ditakuti oleh masyarakat setempat dianggap angker. Sampai ada pendaki dari mancanegara naik ke puncak, ternyata daerah ini memiliki alam sangat indah.

Daerah sekitar berubah menjadi putih karena kadar belerang tinggi. Mulai dari air berwarna putih karena belerang, sampai dengan batu dan tumbuhan warna putih. Kadang warna belerang berubah jadi kuning atau warna lain, tapi justru kondisi demikian jadi menarik wisatawan untuk datang. Banyak orang datang kesana hanya untuk foto foto. Mulai dari foto untuk untuk instagram sampai foto praweding.

Cara menuju kesana dari Bandung, keluar di jalan Tol Kopo diteruskan ke Sayati ke Soreang ke Jl. Raya Ciwidey. Nanti Kawah Putih berada di sebelah kiri. Usahakan sampai di kawah Putih jam 10.00 atau jam 11.00, jangan diatas jam 12.00 siang. Disini akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam sampai 3 jam.

baca juga: Panduan Wisata dan Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

2. Situ Patenggang

Selanjutnya menuju ke situ Patenggang. Jarak antara Kawah Putih dengan Situ Patenggang hanya sekitar 12 Km dapat ditempuh dengan mengendarai mobil sekitar 30 menit. Disarankan lebih hati-hati karena kondisi jalan perbukitan. Sepanjang jalan kita akan menyaksikan pemandangan mempesona, hutan lindung yang masih asri dan hamparan hijau kebun teh.

Situ Patenggang adalah danau berada di dataran tinggi di lereng Gunung Patuha. Disamping danau terlihat kebun teh yang sangat luas, di seberang danau terlihat hutan lindung yang masih asri. Tempat ini sangat nyaman untuk istirahat sambil menikmati pemandangan alam.

Di Situ Patenggang kita bisa juga naik perahu ke pulau di tengah danau. Yang lebih dikenal dengan Pulau Cinta, karena diambil dari kisah legenda Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka saling jatuh cinta, karena terpisah dalam waktu lama mereka bertemu kembali disini. Dewi Rengganis minta dibuatkan danau agar mereka bisa naik perahu berdua. Perahu itu menjadi sebuah pulau ditengah danau berbentuk cinta. Menurut kepercayaan siapa yang mengunjungi tempat ini cinta mereka akan abadi seperti Ki Santang dan Dewi Rengganis.

baca juga: Panduan Wisata ke Situ Patenggang Harga Tiket Masuk dan Jalan Menuju Kesana

3. Foto Selfie di Kebun Teh

Di sepanjang jalan terhampar kebun teh yang sangat luas. Menggoda kita untuk berhenti barang sejenak. Di kebun teh kita bisa istirahat sambil berfoto selfie untuk di posting di instagram. Jika tidak mau berhenti, bisa melanjutkan perjalanan ke trip berikutnya.

4. Mandi Air Panas Alami

Trip selanjutnya mandi di air panas alami. Menjelang sore sekitar jam 16.30 mandi di salah satu pemandian air panas Ciwidey. Jika sudah sampai di daerah ini sayang kalau tidak mencoba berendam di air panas, bisa menghilangkan pegal-pegal, badan jadi segar kembali.

Pemandian Air Panas Ciwalini
Tempat pemandian air panas yang bisa dicoba yaitu Pemandian Air Panas Ciwalini. Disana kita bisa berendam pada salah satu kolam Walini. Pemandian Ciwalini tersedia beragam kolam air panas, yaitu untuk orang dewasa, anak-anak, kolam VIP. Fasilitas lain di tempat ini ada warung makan, mushola, wahana permainan outbound. Lokasi Pemandian Ciwalini berada di Jalan Raya Ciwidey Patenggang, Tenjolaya, Rancabali.

Pemandian air panas Cimanggu Cottage
Pemandian air panas lain di Ciwidey adalah Cimanggu Hot Spring, lokasi di jalan Raya Ciwidey Ranca Bali KM 12. Air panas disini mempunyai kadar belerang tinggi, cocok untuk terapi. Selain itu juga ada penginapan dengan cottage, monggo bagi yang mau menginap dengan harga terjangkau.

Pemandian Air Panas Ciwidey Valley Resort Waterpark
Pemandian Air Panas Ciwidey Valley Resort Waterpark lokasi di Jalan Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali. Kalau mau yang ini monggo.

Pemandian Air Panas EmTe Highland Resort Waterpark.
Ada juga kolam air panas EmTe Highland Resort Waterpark. lokasi di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali KM. 11, Patenggang, Rancabali, Kabupaten Bandung. Tempat ini adalah sebuah resort untuk penginapan mereka menyediakan kolam air panas.

Itulah beberapa pemandian air panas yang bisa dicoba. Sampai disini biasanya hari sudah malam, Anda bisa pulang atau menginap di salah satu hotel di kawasan ini. Jika ingin melahap semua Trip Wisata ke Kawah Putih ini, saran kami jangan terlalu lama di satu tempat. Jika menggunakan salah satu paket travel Kawah Putih mungkin jalur yang ditawarkan sedikit berbeda.  Demikian semoga membantu, sukses dalam liburan.

2 komentar

Betul sekali Mas Ibrahim, terutama jika masuk ke kawah putih, beda aja dari alam penggunungan lain


EmoticonEmoticon