Senin, 24 September 2018

Kelok 9 Sumbar, 7 Tempat Foto Instagramable di Padang

Kelok 9 Sumbar Payakumbuh, tempat foto instagramable di Padang sekaligus destinasi favorit saat ini. Itu terlihat banyaknya orang mendatangi tempat ini setiap  hari. Ada yang memang tujuan utama ke Kelok 9 dan ada juga hanya sekedar mampir berhenti sejenak menikmati keindahan alam sekitar. Karena lokasi Kelok 9 berada di jalan lintas antara kota Padang dengan kota Pekan Baru. Jadi sangat mungkin berhenti sejenak untuk istirahat melepas lelah di lokasi menakjubkan.

Lokasi Kelok Sembilan tepatnya berada di Harau, Payakumbuh, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 30 km sebelah Timur Payakumbuh, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Jika dari Kota Padang jarak tempuh ke Kelok Sembilan sekitar 5 sampai 6 jam.

Bagi yang belum mengenal tempat wisata ini, apa itu Kelok 9?

Kelok 9


Kelok 9 adalah bentangan jalan berkelok kelok extreme berada ditengah hutan hijau nan indah. Di kiri kanan jalan diapit oleh dua buah bukit sangat tinggi penuh dengan pohon tropis hijau. Karena perbedaan tinggi permukaan tanah, maka untuk mengurangi tanjakan dan turunan dibangun jalan layang berbelok belok, berbalik arah dan berlapis-lapis.

Perpaduan antara jalan layang berbelok dan berlapis-lapis dengan kondisi alam pegunungan ini menjadi daya tarik utama destinasi Payakumbuh Sumbar. Ditambah lagi daerah ini memiliki iklim sejuk menambah nyaman suasana wisatawan berlama-lama disini.

Maka dari itu Kelok 9 menjadi salah satu tempat wisata andalan Padang, Sumatera Barat pada umumnya dari sekian banyak lokasi tempat wisata di daerah Minang.

Tempat Wisata terkenal di Sumbar diantaranya:
  • Danau Maninjau
  • Danau Singkarak
  • Jam Gadang
  • Ngarai Sianok
  • Istano Basa
  • Pantai Padang
  • Batu Malin Kundang
  • Danau Diatas Dibawah
baca juga: 10 Tempat wisata favorit di Padang Sumbar

Nah jika sudah sampai di lokasi Kelok Sembilan, apa saja yang bisa dinikmati?
  • Mengambil foto dan video
  • Menikmati pemandangan alam
  • Mencicipi kuliner khas Padang
  • Melihat Kelok 9 masa lalu (lama)
  • Melihat konstruksi jembatan spektakule

#Lokasi Spot Foto Kelok 9

Berikut tempat foto instagramable di Kelok 9 beserta gambar:

1. Spot Foto dari Jembatan Kedua

Kelok 9 -Jembatan Kedua

Spot foto pertama pemandangan menakjubkan berada di jembatan kedua. Maksudnya supaya mudah mengenali yaitu jembatan kedua tertinggi. Dari sini kita bisa berfoto ke arah Payakumbuh, sungguh merupakan pemandangan sangat indah.

2. Drone Kamera

Kelok 9 Dari Atas

Untuk mendapatkan gambar terbaik tentu saja menggunakan drone kamera. Bagi teman-teman hobi fotografi lokasi kelok 9 sangat cocok untuk menyalurkan hobi Anda. Tentu saja perlu modal lebih, tapi sekarang ada kok harga drone kamera murah sekitar Rp. 2.000.000,- harga terjangkau. Menggunakan drone kamera destinasi Kelok Sembilan bisa explore sepuasnya.

3. Spot Foto dari Arah Pekan Baru

Kelok 9 - Arah Pekan Baru

Lokasi ini juga menjadi favorit untuk foto dimana banyak orang berhenti. Dari sini bisa melihat Kelok 9 secara keseluruhan. Pemandangan sangat indah, jangan lupa mengunjungi lokasi ini. O ya bahkan mantan Presiden SBY pernah berfoto disini

4. Spot Foto Kelok 9 Lama

Kelok 9 Lama

Kelok 9 lama termasuk daya tarik utama tempat mengambil gambar. Disini lebih utama melihat kelok 9 tempo dulu. Pemandangan disini tidak kalah indah. Lokasi paling tepat berada pada belokan paling atas.

5. Spot Foto dari Jembatan Tertinggi

Kelok 9 - Jembatan Tertinggi

Di jembatan paling tinggi di kelok 9, kita bisa berfoto dengan latar belakang arah Payakumbuh dan bisa juga latar belakang arah Pekan Baru. Keduanya jangan lewatkan karena pemandangan disini menakjubkan.

6. Spot Foto dari Jalan Lapis Kedua

Kelok 9 dari Jalan Lapis Kedua

Kalau lokasi mengambil gambar yang ini dari arah Payakumbuh atau dari Padang tepatnya jalan lapis kedua di sebelah kiri. Disini Anda bisa ekpos tiang konstruksi jalan layang Kelok 9 yang begitu kokoh.

7. Dari Taman atau dari Sungai

Kelok 9 Paling Bawah

Lokasi tempat mengambil foto di Kelok 9 lain ada di dalam taman atau dalam sungai. Posisi ini adalah paling rendah, kita bisa mengambil gambar ke arah jembatan tertinggi, sebagian terlihat aliran air sungai bertingkat-tingkat nan dan bersih.

Itu tadi beberapa tempat mengambil foto dan video yang bagus. Bagaimana menurut Anda, apakah ada lokasi lain tempat foto atau tempat selfie?

Di Kelok Sembilan juga banyak Uda Uda menawarkan foto langsung jadi. Uda adalah panggilan orang Padang sama dengan Abang atau Kakak Laki-laki. Dengan sekali jepret biaya Rp. 10.000,- sudah dapat foto langsung jadi ukuran 10r.

#Kuliner Kelok Sembilan

Sembari berwisata kita juga bisa mencicipi makanan camilan pinggir jalan khas Kelok 9. Lokasi dingin seperti ini lebih cocok makan jagung bakar, minuman kelapa muda. Tersedia juga pop mie, soto padang dan lain-lain.

baca juga: 10 Makanan khas Padang terkenal enak

#Kelok 9 Lama

Tidak lengkap rasanya wisata ke tempat ini jika tidak melewati jalan Kelok 9 tempo dulu atau lebih dikenal dengan Kelok 9 Lama. Walau sekarang sudah ada jalan layang modern tapi kita masih bisa melihat dan melintas di Kelok 9 lama. Lokasi tepat berada disebelah kiri dari arah Padang.

#Sejarah Kelok 9

Sejarah Kelok 9 tidak terlepas dari perjalanan bus dan truk melintas di jalan ini, yaitu jalur angker Padang-Pekan Baru. Dimana untuk melewati lokasi kelok sembilan sopir harus mempunyai skill tinggi untuk bisa menaklukkan 9 belokan maut. Untuk sampai atas kendaraan truk dan bus dibantu dengan ganjal dan bahkan harus mundur sedikit karena tikungan tajam. Tidak jarang mobil mengalami kecelakaan masuk jurang di Kelok Sembilan tempo dulu.

#Pedagang Kelok 9

Sangat disayangkan lokasi begitu indah banyak pedagang liar di pinggir jalan merusak pemandangan. Selain merusak keindahan Kelok 9, juga mengganggu arus lalu lintas. Emang banyak wisatawan berkunjung, pemicu pedagang-pedagang muncul. Kita hanya bisa berharap pada pihak berwenang untuk dapat menertibkan, menyediakan lokasi tepat untuk mereka. Tidak bisa dipungkiri lagi, Kelok 9 sudah menjadi destinasi Sumatera Barat, harus ditata dengan baik .

Bagi pembaca Netizenpintar itu gambaran jika hendak wisata ke Kelok 9. Selain itu dii daerah Payakumbuh ada satu destinasi luar biasa wajib dikunjungi yaitu Harau Valley. Jangan lupa wisata kesana juga, lokasinya dekat dari Kelok Sembilan.

Semoga bisa membantu dan liburan Anda menyenangkan, jika berguna share artikel ini ke teman Anda.

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon