Senin, 29 Mei 2017

10 Fasilitas Taman Buah Mekarsari Sebagai Agrowisata

Berbagai fasilitas dapat dinikmati di Taman Buah Mekarsari Celeungsi Bogor. Jika datang berkunjung ke tempat wisata bernuansa kebun ini bisa mencoba puluhan permainan. Fasilitas atau permainan tersedia untuk anak-anak atau untuk orang dewasa sebagai sarana aktivitas selama rekreasi disana.

Mekarsari adalah suatu tempat di Celeungsi Bogor berfungsi sebagai pelestarian berbagai jenis tanaman buah. Banyak sekali jenis buah-buahan bisa kita temui sini, mulai dari buah musiman sampai dengan buah yang sudah langkah. Selain berfungsi sebagai pelestarian buah-buahan juga berfungsi sebagai penelitian, menyediakan bibit dan sebagai Agrowisata.

Daerah ini terletak di Selatan Jakarta tapi masih Wilayah Bogor, mempunyai udara sejuk cocok sekali sebagai lokasi taman wisata.  Selain Taman Buah Mekarsari ada tempat wisata dekat dari sini yaitu Taman Mini Indonesia Indah juga sama-sama di gagas oleh Ibu Tien Soeharto.
baca juga: Fasilitas dan Harga Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Fasilitas Mekarsari

Jika berencana liburan ke Taman Buah Mekarsari sebaik ketahui dulu fasilitas yang ada disana agar liburan lebih efektif dan berkesan.

Dapat digolongkan beberapa kelompok fasilitas permainan di Mekarsari antara lain
1. Wisata kebun buah-buahan
2. Wisata air
3. Wisata permainan
4. Wisata berkendara

Bisa memilih jenis wisata yang telah disediakan atau gabungan dari beberapa kelompok tersebut. Agar lebih jelas lihat berikut ini.

Panduan Memilih Fasilitas Wisata di Mekarsari


1. Fasilitas Wisata Kebun Buah
Fasilitas utama di Mekarsari adalah kebun buah-buahan seluas 264 hektar. Pengunjung akan dibawah berkeliling ke sudut-sudut kebun dengan menggunakan kereta wisata. Melihat berbagai jenis buah mulai dari buah umum yang sering kita temui sampai dengan buah yang sudah langka.

Kita juga bisa terlibat langsung ikut berkebun layaknya seorang petani. Pengunjung bisa turun ke kebun melihat berbagai jenis buah dan berintegrasi. Di lokasi kebun lagi berbuah boleh memetik sendiri dari pohon langsung. Tidak itu saja pengunjung juga bisa mencicipi buah hasil panen mereka sendiri.

Untuk bisa menikmati fasilitas wisata berkeliling kebun buah ini pengunjung ikut salah satu paket wisata yang ditawarkan oleh pihak pengelola. Paket wisata yang bisa dipilih antara lain Greenland Tour dengan harga 55 ribu rupiah. Atau dengan paket lain seperti Family Train, Fruity World Tour, dengan variasi harga. Pada umumnya paket mana saja yang dipilih pengunjung bisa menikmati fasilitas yang satu ini.

2. Fasilitas Permainan Air
Setelah berkeliling taman buah pengunjung akan dibawa ke lokasi Danau Mekarsari. Disini pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas permainan salah satunya permainan air. Wahana permainan tersedia Perahu Naga, Fruity Boat, Mini Aqua Boat, Water Bike, Floating Donat, Giant Bubble  Banana Boat dan Perahu Kano.

3. Fasilitas Outbound
Permainan pertama yang bisa dicoba adalah  Flying Fox. Tidak usah jauh-jauh untuk menguji keberanian kamu di Mekarsari juga tersedia. Berjalan menyelusuri rintangan dengan berbagai kesulitan dan berakhir meluncur dengan kencang pada seutas tali.

Permainan lain yang bisa di coba juga adalah tarik tambang, panjat tebing. Ada juga fasilitas Sepeda Tunggal atau Sepeda Tandem untuk berkeliling taman buah.

Ada juga fasilitas permainan untuk anak yang disebut dengan Kids Fun Valley. Agar anak-anak tetap ceria tersedia Boom-Boom Car, Mono Rail, Fancy Train,  Aeroplane dan Mini GoKart.

4. Fasilitas Wisata Berkendara
Untuk mengelilingi taman buah, Mekarsari menyediakan fasilitas kendaraan keliling yang dinamakan dengan wisata berkendara.

Selain Sepeda Tunggal dan Sepeda Tandem ada juga sepeda Tuk-Tuk . Tuk-Tuk adalah sepeda khas dari Thailand tentu seru untuk dicoba.

Ada juga kendaraan ATV (All Terrain Vehicle), kendaraan ini membuat adrenalin akan berjalan kencang melewati berbagai rintangan yang ada.

5. Rumah Pohon
Mekarsari juga menyediakan fasilitas penginapan unik yang disebut dengan Rumah Pohon. Rumah Pohon Leo tersedia kamar dengan nuansa pohon. Dibangun diatas pondasi beton menyerupai potongan kayu besar, dengan konsep kayu. Dikelilingi oleh pohon-pohon besar layaknya di hujan belantara.

Kamar dilengkapi dengan AC dan fasilitas pelengkap lain tentu seru sebagai tempat istirahat keluarga atau liburan bersama pasangan.

6. D' Cabin
D' Cabin adalah tempat penginapan unik terbuat dari container dengan sedikit modifikasi. Dilengkapi dengan interior modern seperti AC, kulkas, televisi dan fasilitas penunjang lain. Dibangun di lokasi strategis pada kebun buah dengan pemandangan danau yang indah.

Tentu akan sangat seru bisa beristirahat disini di tengah kebun buah Mekarsari.

7. Family Camp
Family Camp adalah fasilitas yang disediakan jika ingin mencoba nuansa berkemah. Fasilitas ini dapat dinikmati oleh keluarga dengan paket 2 hari 1 malam dengan berbagai kegiatan.

8. Fasilitas Tour Perusahaan
Selain fasilitas yang sudah disebutkan diatas ada beberapa fasilitas tambahan sebagai penunjang. Ada fasilitas untuk perusahaan yang ingin mengadakan tour wisata lengkap dengan peralatan sound system.

9. Fasilitas Edukasi
Belajar melukis diatas topi pak tani. Nanti topinya dipakai untuk turun ke sawah. Ada juga fasilitas edukasi untuk anak-anak, dimana anak akan diajak berkunjung ke kebun sayuran dan memetik sayuran seperti bayam, kangkung, terong, dan beberapa jenis kacang-kacangan.

Setelah itu anak akan belajar menanam padi seperti petani di sawah. Setelah itu anak akan diajak menangkap ikan di kolam lumpur, yang pasti sangat seru. Terakhir anak diajak memandikan kerbau di kolam bilas.

10. Fasilitas Filed Trip
Filed Trip adalah fasilitas pendidikan dan pelatihan bagi peserta yang ingin menambah ilmu. Dituju kepada Pelajar, Mahasiswa, Petani, Swasta atau kepada Masyarakat Umum.

Kegiatan mulai dari presentasi pertanian tanaman buah dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan. Presentasi berisi penjelasan mengenai tanaman buah, diskusi dan tanya jawab. Mendapat pengetahuan mengenai teknik budidaya dan peluang usaha tanaman buah. Setelah itu baru berkeliling ke kawasan Taman Buah Mekarsari didampingi oleh staf ahli sambil mendapat penjelasan.

Demikian beberapa fasilitas yang ada di Taman Buah Mekarsari yang dapat menjadi pilihan wisata. Selain itu kita juga dapat menikmati berbagai macam makanan dan minuman olahan untuk dimakan ditempat atau sebagai oleh-oleh. Tersedia juga bibit tanaman buah untuk ditanam sendiri atau untuk souvenir kepada teman.

Tempat wisata lain dekat dengan Mekarsari ada Lubang Buaya, Taman Mini Indonesia Indah atau yang agak jauh sedikit Kebun Binatang Ragunan lihat disini.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika bermanfaat bagi ke teman melalui media sosial Anda.

2 komentar

Saya pernah mengunjungi taman buah Mekarsari, disana kalo pas musim durian enak banget bisa beli langsung dan makan disitu . Mantapppp..

Oh ya Mantap kalau gitu durian yang baru dipetik. Emang kebun buah jadi daya tarik utama di Mekarsari. Tapi selain kebun buah banyak bisa dinikmati disana. Saya kesana sudah beberapa kali paling seru melihat anak anak TK menanam padi, memandikan kerbau.


EmoticonEmoticon