Jalan Menuju Telaga Ngebel Ponorogo dan Fasilitas Wisata Tersedia

Jalan menuju Telaga Ngebel Ponorogo perlu diketahui jika hendak wisata. Selanjutnya ketersediaan fasilitas wisata dan apa saja yang bisa dinikmati selama berada di tempat wisata Ponorogo ini.

Telaga Ngebel

Telaga Ngebel atau disebut juga Danau Ngebel merupakan tempat wisata andalan Ponorogo, Jawa Timur. Telaga Ngebel adalah sebuah danau alami nan indah berada di lereng Gunung Willis, disebut juga Gunung Ngliman. Orang banyak mengunjungi danau ini karena pemandangan alam indah mempesona. Dengan kondisi alam masih asri berada jauh di atas bukit. Cuaca disini sejuk cenderung dingin, jika kita berada disana masih terasa segar dan nyaman.

Jalan Menuju Telaga Ngebel


Lokasi danau Ngebel berada sekitar 30 km Timur Kota Ponorogo. Akses jalan menuju ke Telaga Ngebel bisa ditempuh dari 2 jalur yaitu dari Kota Ponorogo dan Wilayah Madiun, Delopo.
  1. Jika Anda berasal dari Utara bisa langsung masuk jalur Madiun - Delopo - Telaga Ngebel. Dari Kota Madiun ambil arah ke Selatan atau arah Ponorogo nanti di Delopo belok kiri mengikuti petunjuk rambu lalu lintas sampai ke Telaga Ngebel
  2. Jika dari arah Selatan ambil jalur Ponorogo nanti di Jenangan belok ke kanan ikuti rambu sampai ke Telaga Ngebel
Kedua jalan tersebut agak kecil, makin lama makin naik ke atas berbukit dengan jalur berbelok-belok tanjakan. Hati hati jika membawa kendaraan di jalur ini.

Fasilitas dan Gambaran Wisata Telaga Ngebel


Setelah melewati jalan berbelok-belok dengan tanjakan makin lama main naik ke atas bukit. Sepanjang jalan kita akan melihat pemandangan alam hutan nan indah. Walau masih ada rumah penduduk tapi kondisi masih asri dengan suhu udara mulai terasa dingin.

Tidak ada tanda-tanda Telaga Ngebel terlihat selama dalam perjalanan, tiba-tiba setelah melawati beberapa lereng bukit langsung melihat pemandangan air danau begitu tenang menakjubkan.

Seluruh telaga langsung terlihat, dengan luas kurang lebih l50 hektar, mempunyai panjang keliling 5 km. Di sekeliling telaga tersedia jalan bisa dilalui oleh mobil, untuk melihat seluruh telaga kita harus memutar kearah kanan karena diberlakukan sistem 1 arah.

Tiket masuk Telaga Ngebel murah Rp6.000 untuk 1 orang, tapi pada musim liburan naik menjadi Rp15.000. Jadi harga tiket bervariasi lebih baik cek dahulu update terbaru, walau begitu masih tetap murah.

Daya tarik utama Telaga Ngebel adalah menikmati pemandangan alam perpaduan antara danau dan bukit hijau. Duduk santai di tepi telaga menikmati suasana alam sambil menyantap makanan dan minuman khas Ponorogo.

Disebelah Timur danau banyak tersedia fasilitas wisata dan ramai pengunjung, sedangkan disebelah Barat kondisi perbukitan dan sepi pengunjung. Pemandangan di kedua sisi sama bagusnya, hanya saja jika ingin lebih tenang di sebelah Barat.

Fasilitas wisata tersedia speed boat atau jetsky untuk menjelajahi ke tengah telaga dengan tarif Rp40.000. atau bisa juga naik kuda mengelilingi telaga dengan tarif Rp30.000.

Tersedia juga fasilitas pendukung seperti kamar mandi, toilet, kantin makanan dan minuman, Mushola, tempat parkir dan lain-lain.

Kuliner


Jika sudah berkunjung ke Telaga Ngebel jangan lupa mencoba kuliner khas Ngebel yaitu ikan nila bakar atau nila goreng. Jika kita lagi berkendara akan ditawarkan berhenti di kantin-kantin ikan nila, pilih saja mana yang cocok.

baca juga: 8 Makanan khas Ponorogo wajib dicoba bikin kangen

Jika musim buah-buahan bisa mencoba durian Ngebel yang terkenal enak. Musim durian sekitar bulan Desember sampai Pebruari tapi kadang sampai bulan Maret masih ada. Disini banyak juga buah alpukat, manggis dan buah nangka.

Demikian info akses jalan menuju Telaga Ngebel dan kondisi fasilitas wisata yang ada disana. Mudah-mudahan membantu dan semoga liburan Anda menyenangkan.

Berlangganan artikel terbaru via email:

0 Response to "Jalan Menuju Telaga Ngebel Ponorogo dan Fasilitas Wisata Tersedia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel