Rabu, 31 Oktober 2018

Tips Keselamatan Naik Pesawat Bagi Penumpang

Keselamatan naik pesawat hal utama yang perlu diperhatikan. Walau sahabat netizen sudah sering naik pesawat tapi ada beberapa hal sering terabaikan. Tips keselamatan ini ditujukan bagi penumpang pertama kali maupun yang sudah sering naik pesawat.

Kadang kita kaget mendengar tiba-tiba ada pesawat jatuh, seperti dua hari ini berita mengenai pesawat Lion Air JT610 . Pesawat Lion Air 737 max 8 jatuh di laut Karawang setelah 15 menit take-off hendak menuju Pangkal Pinang. Semua orang dibuat sibuk dengan segala macam, termasuk pemberitaan media.

Kadang sebagian orang menduga-duga kenapa pesawat sering mengalami kecelakaan. Emang banyak penyebab kecelakaan bisa terjadi seperti kondisi pesawat, kondisi cuaca, faktor kelalaian manusia dan lain-lain.

Jika mengacu kesana masing-masing punya bagian untuk mengurangi resiko kecelakaan pesawat. Dari segi penumpang tentu ada juga yang perlu menjadi perhatian, penumpang perlu introspeksi diri. Kenapa kami mengangkat tulisan ini? Karena kami penulis dan mungkin sebagian teman-teman paling banyak sebagai penumpang, hanya ini yang bisa kami bantu.

Chat Keselamatan Pesawat

Kebetulan kami dapat Chat WhatsApp berkaitan dengan keselamatan penumpang pesawat. Entah awalnya dari mana, kami tidak tahu. Kami rasa ini bukan berita hoax masih ada manfaatnya. Ciri-ciri berita hoax ada disini,  Cara mengenali berita hoax.

Menurut penulis ini bagus sebagai ilmu pengetahuan dan mudah-mudahan bisa bermanfaat, simak ulasan dibawah ini.

Keselamatan Naik Pesawat Bagi Penumpang


Kenapa pada saat mau take-off dan landing, pramugari selalu meminta untuk tegakan badan di sandaran kursi, meja harus di tutup, jendela harus dibuka. Bagi mereka yang duduk di deretan pintu harus bebas  dari barang atau tas bawaan?

Jawabannya, karena 90% kecelakaan pesawat terjadi saat take-off dan landing. 90% kecelakaan pesawat terjadi pada 8 menit setelah take-off dan 3 menit sebelum landing, disebut juga Critical Eleven.

Saat kecelakaan terjadi, penumpang cuma punya waktu 90 detik buat keluar dari pesawat. Kalau tidak segera keluar, penumpang bisa mati karena berbagai hal, dari smoke inhalation atau kekurangan oksigen, atau pesawat sinking incase of ditching (water landing).

Tegakan Sandaran Kursi
Satu emergency exit di cabin, didesain untuk evakuasi sekitar 65 orang dalam waktu 1,5 menit. Waktu tegakan badan sandaran kursi saat panik 10 detik, saat evakuasi 1 detik saja sangat berharga menyangkut hidup dan mati penumpang.

Kira-kira berani tidak menegur kalau ada penumpang didepan kita tidak menegakkan sandaran kursi, karena disaat ada emergency landing, bakal kena dampak adalah orang yang duduk dibelakang. Memperlambat waktu, terjebak tidak bisa keluar dari kursi.

Lampu Kabin Redupkan
Penerbangan malam hari, lampu cabin juga pasti diredupkan. Alasannya sama,  karena dalam waktu 90 detik semua penumpang harus keluar maka tidak ada waktu terbuang.

Saat mata terbiasa melihat terang kemudian lampu mati, pasti butuh waktu supaya mata bisa adaptasi dengan pencahayaan minim atau gelap. Maka dari itu lampu sengaja diredupkan supaya mata tidak perlu adaptasi lagi saat ada emergency landing.

Penutup Jendela Kabin Harus Dibuka
Karena 70% lebih kecelakaan pesawat terjadi karena kurang komunikasi antara semua orang, yaitu antara pramugari, pilot maupun penumpang. Dalam penerbangan harus gunakan semua informasi, termasuk dari penumpang.

Kaca dibuka supaya penumpang bisa melihat keadaan luar. Misalnya ada kebakaran di sayap, kapten tidak bisa melihat, pramugari tidak melihat. Mungkin malah penumpang yang bisa melihat dan bisa memberi info secepat mungkin.

Bisa juga sayap pesawat beku karena ada es di negara bersalju, penumpang bisa melihat dan memberi info ke kapten dan bisa melakukan perbaikan sebelum terbang.

Matikan HP Dalam Pesawat
Sebelum kita berangkat diminta untuk mematikan ponsel oleh pramugari pesawat, tidak itu saja bahkan kita juga melihat gambar ponsel di-silang, itu artinya matikan HP. Tapi kadang ada saja sebagian orang tidak mempedulikan hal itu. Jika sudah terjadi kecelakaan baru menyadarinya.

Kenapa ponsel harus mati saat naik pesawat, jawabnya adalah sinyal HP dapat mengganggu sistem navigasi pesawat. Menurut sumber informasi dari ASRS (Aviation Safety Reporting System) bahwa ponsel mempunyai kontributor besar terhadap keselamatan penerbangan.

Pada tulisan lain disebutkan sumber dari seorang warga asing supervisor mesin turbin, menjelaskan bahwa apabila frekwensi HP dengan mesin turbin ini kebetulan sama dan sinergi akan berakibat mengganggu jalannya turbin tersebut, lebih fatal lagi berakibat turbin bisa langsung mati.

Ada juga disebutkan beberapa gangguan pesawat oleh ponsel dan beberapa kasus kecelakaan pesawat terbang terjadi akibat ponsel.

Walaupun sinyal ponsel sulit untuk dibuktikan disini, namun yang pasti ponsel mengganggu pada keselamatan penerbangan. Tidak mungkin kalau tidak mengganggu kita selalu diminta mematikan HP. Tidak hanya sekedar senyap saja tapi harus mati.

Pengalaman Naik Pesawat
Penulis sering kali melihat orang pada saat naik pesawat berlagak cuek pada saat pramugari memperagakan alat keselamatan. Cara memasang savety bell, mengencangkan, memakai pelampung, menarik tali atau meniup. Seolah-olah mereka sudah paham dan mengerti tidak mau tahu.

Padahal walau sudah sering naik pesawat tapi jika belum mencoba sendiri memakai alat keselamatan tentu akan grogi dan membutuhkan banyak waktu. Sedangkan waktu sangat berharga pada terjadi emergency. Jadi maksud kami cobalah kita selalu melihat ulang cara memakai alat keselamatan.

Ada juga penumpang tidak mematikan HP mereka, walau sudah diminta untuk mematikan. Paling sering kita dengar adalah baru saja roda pesawat menginjak landasan, dimana mana sudah terdengar ponsel menyala, padahal sinyal ponsel masih sangat mengganggu pesawat.

Sangat mungkin terjadi kecelakaan karena kecepatan pesawat saat itu adalah 220-360 km/jam. Bayangkan mobil yang sama berjalan dengan roda 120 km/jam saja kalau terjadi kecelakaan, kemungkinan selamat sangat kecil.

Jadi janganlah kita diperbudak oleh ponsel seperti yang sudah diingatkan oleh AA Gym, lebih lengkapnya baca disini, Pengguna HP menyindir diri sendiri oleh AA Gym

Demikian tulisan kali ini mengenai pentingnya kita selalu menjaga hal-hal kecil menyangkut keselamatan penerbangan ditinjau dari segi penumpang.

This Is The Newest Post
Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon