Rabu, 21 Agustus 2019

Harga Tiket Pantai Teleng Ria Serta Ulasan Lengkap Panduan Wisata

Berapa harga tiket masuk Pantai Teleng Ria Pacitan tempat wisata populer di daerah ini. Wisata pantai dekat dengan pusat kota ini sangat terkenal dan wajib dikunjungi sebelum berkunjung ke lokasi wisata lain. Pacitan memiliki beberapa lokasi wisata yang bagus-bagus seperti Goa Gong, Pantai Klayar, Pantai Watu Karung, P Srau, P Banyu Tibo, P Kasap, P Buyutan, tapi tidak lengkap rasanya kalau tidak melihat Pantai Teleng Ria.

Gerbang Pantai Teleng Ria


Lokasi Pantai Teleng Ria


Lokasi Pantai Teleng Ria tidak jauh dari Kota Pacitan. Hanya berjarak kurang lebih 1,5 km, bahkan mungkin tidak ada jarak karena Kota Pacitan dengan Pantai Teleng Ria bersinggungan. Dengan jarak yang sangat dekat dari kota membuat pantai ini mudah dikunjungi.

Tepatnya lokasi Pantai Teleng Ria di Selatan Kota Pacitan. Pantai Teleng Ria menghadap ke Samudera Indonesia ini termasuk Laut Selatan. Ke arah sebelah Barat Yogyakarta, Sebelah Timur Trenggalek, Sebelah Utara Wonogiri dan Ponorogo.

Keindahan Pantai Teleng Ria


Teleng Ria merupakan salah satu pantai terindah di Selatan Pulau Jawa, maka dari itu wajib berkunjung kesana. Hal yang membuat pantai Teleng Ria mempesona yaitu lokasinya berada dalam Teluk Pacitan. Bentuk teluk yang unik setengah lingkaran dengan bukaan laut yang menyempit ke tengah. Bentuk garis pantai melengkung sedemikian rupa ibarat melihat lukisan besar sedang terpapar didepan kita.

Pantai Teleng Ria memiliki pasir putih ke-coklat sangat luas, paling luas di Pacitan dan sekitarnya. Sangat cocok sekali sebagai tempat wisata keluarga. Membawa anak-anak bermain pasir dan berbagai permainan lain yang sudah disediakan.

Kemiringan Pantai Teleng Ria sangat landai dengan lapisan dasar pasir putih. Ombak menyapu garis pantai yang lantai sampai ke tepi, banyak anak-anak bermain kejar-kejaran dengan ombak. Ini sangat mungkin dilakukan karena pantai nan elok dan cantik, tentu saja aman dan nyaman untuk anak-anak.

Kondisi Pantai Teleng Ria masih asri, masih banyak pohon cemara di sekitar lokasi bisa dipakai berlindung di siang hari. Masih banyak terdengar kicau burung bernyanyi bersaut-sautan membuat suasana pantai terasa segar dan nyaman sebagai tempat liburan.

Mandi di Pantai Teleng Ria bisa juga dilakukan, itu terlihat dari beberapa pengunjung turun ke laut. Saran kami kalau mandi di Teleng Ria harus berhati hati karena ombak disini termasuk sedang, makin ke tengah ombak makin besar. Ombak sedang sampai besar ini karena pantai langsung menghadap dengan Samudera Indonesia.

Dengan ombak yang sedang Teleng Ria bisa juga digunakan untuk berselancar, jangan sampai dilewatkan karena Anda hobi selancar tidak perlu jauh-jauh ke tempat lain. Sepertinya Pantai Teleng Ria cocok untuk peselancar pemula.

Di Pantai Teleng Ria jangan lewatkan juga melihat sunrise dan sunset. Sunrise di pagi hari sunset di sore hari. Siapkan kamera untuk mengabadikan matahari terbit dan terbenam, sangat indah bagus banget sebagai latar belakang sebuah foto.

Pantai Teleng Ria

Fasilitas Pantai Teleng Ria


Untuk spot foto banyak sekali yang bisa dijadikan objek, mengarah ke tengah laut atau bisa juga ke sisi kiri kanan dengan pemandangan garis pantai dan gunung. Ada juga ayunan besar yang disediakan panitia untuk bermain dan spot foto.

Ada juga wahana Waterbom tersedia untuk bermain anak-anak dan keluarga. Wahana Waterbom ini banyak sekali jenis permainannya, berupa permainan air dan kolam renang. Jadi kalau kita ke Pantai Teleng Ria sudah lengkap tuh mulai dari pantai yang indah dan permainan air yang banyak. Sangat puas deh bisa bermain seharian.

Tersedia juga kereta kuda yang bisa disewa untuk berkeliling pinggiran pantai. Inilah yang unik di Teleng Ria masih mempertahankan andong / dokar. Kalau di pantai lain banyak yang sudah diganti kendaraan bermotor ATV.

Tempat Parkir di Teleng Ria


Soal tempat parkir di Pantai Teleng Ria jangan khawatir, tersedia parkiran sangat luas baik untuk mobil pribadi, bus pariwisata atau sepeda motor.

Kuliner di Teleng Ria


Kuliner juga banyak sekali terutama ikan bakar dan sejenisnya berada disekitar pantai. Banyak tempat makan murah atau restoran, tinggal pilih aja makanan kesukaan sangat beragam. Coba juga makanan khas Pacitan soto pacitan, kupat tahu, sego godhong jati, sego gobyos, tahu tuna, punten, otak-otak tuna.

Oleh-oleh atau Souvenir Pacitan


Oleh-oleh khas Pacitan yang terkenal adalah tahu tuna, otak-otak tuna. Oleh-oleh Pacitan yang selalu orang bawah pulang kalau berkunjung ya itu makanan olahan serba tuna. Makanan ini sangat enak dan lezat terutama tahu tuna.

Oleh-oleh lain yaitu sale anggur, rengginang manis dan lain-lain. Jika ingin membawa souvenir Anda bisa membawa membeli gerabah, sangat unik terbuat dari tanah.

Tiket Masuk Pantai Teleng Ria


Tiket masuk Pantai Teleng Ria banyak dikeluhkan dari pengunjung. Tiket masuk beragam dari pengakuan mereka yang sudah berkunjung kesana terlihat dari komen-komen di media online.

Waktu kami kesana saat liburan lebaran h+2 harga tiket masuk Rp25.000 / orang termasuk untuk Wahana Waterbom. Kami minta hanya melihat pantai saja, tapi petugas jaga bilang tidak bisa, padahal kami berkunjung hanya sebentar 2 jam dari jam 3 sore sampai jam 5 sore. Kami tidak ke Waterbom.

Selain itu komen pengunjung lain, ada yang bilang tiket masuk Rp15.000 / orang di hari libur dan Rp10.000 / orang di hari biasa. Saran kami mohon diperjelas harga tiket masuk dan tolong dipisahkan dengan wahana Waterbom. Sebagian besar pengunjung justru hanya ingin melihat pantai saja. Mereka merasa terlalu mahal kalau tiket masuk digabung dengan Waterbom.

Sebagai perbandingan di Pantai Kuta Bali yang sangat terkenal saja gratis tiket masuk. Ini perlu di contoh oleh Pemkot Pacitan jika ingin wisata mereka maju.

baca juga: Pantai Kuta Bali Tempat wisata No 1 di Indonesia

Rute Jalan ke Pantai Teleng Ria


Jika sudah berada di Kota Pacitan, Pantai Teleng Ria jaraknya sangat dekat yaitu dengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja. Jika dari kota terdekat lihat alternatif berikut

Rute jalan ke Pantai Teleng Ria bila Anda dari arah Surabaya atau dari Timur adalah dengan melewati Kota Madiun, Ponorogo terus ke Pacitan. Waktu tempuh dari kota Surabaya adalah sekitar 5 jam perjalanan menggunakan mobil pribadi, 2 jam dari Ponorogo. Berhati-hati selama perjalanan dari Ponorogo ke Pacitan banyak tikungan tajam berbelok-belok.

Rute jalan menuju ke Pantai Teleng Ria jika Anda datang dari arah Yogyakarta adalah melalui Kota Wonosari dengan menyusuri jalan jalur selatan Pulau Jawa, sama juga banyak belokan kiri kanan. Waktu tempuh dari Kota Yogyakarta sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan mobil.

Sedangkan bila dari arah Kota Solo, rute perjalanan ke Pantai Teleng Ria dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan dengan melewati jalur Kota Wonogiri dengan jalur banyak belokan.

Itu tadi ulasan lengkap panduan wisata Pantai Teleng Ria Pacitan. Jika belum puas Anda bisa ke tempat wisata lain di Pacitan atau ingin sedikit berbeda wisata bisa Anda terus ke Kota Batu Malang. Disana ada Jatim Park1, Jatim Park2, Jatim Park3.

This Is The Newest Post
Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon