Selasa, 13 Desember 2016

10 Cerita Topi Ti'i Langga, Souvenir dari Pulau Rote Pulau Komodo

Topi Ti'i Langga adalah salah satu pilihan souvenir jika sedang berkunjung ke Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ti'i Langga sudah sangat populer tidak saja di NTT tapi sudah meluas sampai ke mancanegara.
Karena tulisan ini dibuat untuk membantu wisatawan berkunjung ke Pulau Komodo kami mencoba menawarkan pilihan suatu oleh-oleh unik masih dari Propinsi Nusa Tenggara Timur yaitu Topi Ti'i Langga.
Info wisata bisa lihat disini 5 tempat indah di Komodo National Park.

Topi Ti'i Langga dapat dipakai oleh siapa saja, bisa juga sebagai hadiah kepada kerabat maupun teman atau sebagai pajangan / hiasan di rumah Anda. Bisa sebagai hiasan dinding atau ditempatkan dalam lemari atau dimana aja.

Sangat menarik topi ini bentuk bulat lonjong dengan antena berdiri tegak ditengah. Selain bermanfaat untuk berteduh menahan sinar matahari juga sebagai fashion, jika sedang memakai Topi Ti'i Langga ini terlihat sangat keren seperti di film coboy.

Sebelum membeli Ti'i Langga sebaiknya ketahui dulu seluk-beluk cerita menarik asal usul dari topi ini, biar lebih yakin dan lebih mendalam makna dari karya anyaman tangan ini.

Topi Ti'i Langga

1. Asal Topi Ti'i Langga
Topi Ti'i Langga berasal dari Pulau Rote, Propinsi Nusa Tengara Timur, Indonesia. Pulau paling selatan di propinsi ini bahkan daerah paling selatan di Indonesia.

Awalnya daerah ini bernama 'Meti Linok do Namo Nes, artinya sangat sunyi dan tenang serta tidak ada manusia. Lalu disebut Nes do Linok artinya tidak berpenghuni dan tenang. Setelah ada pendatang, maka pulau tadinya kosong, kini ada penghuni, lalu dinamakan Nusa Dahena, artinya Pulau Manusia. Dalam kurun waktu lama pulau ini dinamakan Rote do Kale setelah itu baru menjadi Pulau Rote.

2. Kapan Dipakai Topi Ti'i Langga
Di daerah asalnya Pulau Rote Ti'i Langga topi menjadi kebanggaan masyarakat setempat dipakai pada acara-acara kebudayaan, upacara adat. Dipakai oleh kepala suku atau para petinggi Pulau Rote melambang jiwa kepemimpinan, kewibawaan dan percaya diri.

Topi Ti'i Langga bisa juga dipakai pada acara penting lain seperti pernikahan sebagai penerima tamu. Akan sangat gagah dan semarak ada beberapa orang memakai topi dengan antena diatas apalagi pada upacara penting dalam pernikahan.

Topi Ti'i Langga dipakai sebagai pelengkap pakaian tradisional laki-laki, lebih lengkap lagi apabila digunakan bersamaan dengan sarung dan selempang kain tenun. Misalnya pada busana tarian tradisional penari laki-laki.

Kadang pada saat acara spesial, Ti'i Langga juga dapat dipakai oleh kaum perempuan, seperti pada saat acara tarian bersama penari laki-laki dan perempuan.

Ti'i Langga memang punya makna sangat mendalam bagi orang Pulau Rote. Sudah sangat lumrah anak SD memakai topi Ti'i Langga pada saat mengikuti lomba-lomba di lingkup sekolah, lomba pukul gong atau menari. Mereka sangat bangga dan merasa gagah memakai Ti'i Langga.

Karena sangat populer topi Ti'i Langga ini sekarang bisa dilihat pada upacara apa saja dan kapan saja.

3. Bahan Topi Ti'i Langga
Topi terlihat gagah berwibawa dan sedikit unik ini ternyata terbuat dari daun lontar dianyam sedemikian rupa baru jadi sebuah topi. Daerah Pulau Rote emang banyak sekali pohon lontar jadi tidak sulit mencari bahan baku untuk membuat topi.

Daun lontar sebelum dianyam diambil lidi nya. Banyak di daerah Pulau Rote orang bisa menganyam daun lontar. Waktu baru jadi warna topi ini mungkin kuning karena daun lontar masih baru setelah beberapa lama warna akan berubah menjadi coklat. Tentu hal ini wajar karena kadar air pada daun lontar tersebut berkurang. Selain itu bentuk topi juga sedikit mengalami perubahan terutama antena kadang sudah tidak tegak lagi.

4. Bentuk Topi Ti'i Langga
Seperti sudah disinggung sedikit diatas Ti'i Langga berbentuk bulat lonjong melebar di kanan kiri. Bentuk lonjong ke depan dan kebelakang melebar ke kanan dan kiri dan sedikit naik di sisi kanan dan kiri. Satu lagi tambahan mempunyai antena.

5. Mempunyai Antena
Apa kelebihan dari Ti'i Langga?

Topi Ti'i Langga mempunyai keunikan khas, hal paling unik adalah memiliki antena tegak lurus ditengah. Ciri khas ini tidak ada pada topi lain.

Konon katanya antena ini melambangkan kepemimpinan keperkasaan kewibawaan. Kalau antena topi ini sudah tidak tegak lagi karena sudah lama dan kering sangat sulit untuk ditegakkan kembali, berarti begitu juga dengan kepemimpinan, keperkasaan dan kewibawaan kalau sudah sudah luntur sangat sulit untuk ditegakkan kembali.

6. Ti'i Langga Mirip Sombrero
Ada yang bilang Ti'i Langga mirip dengan topi kebanggaan orang Meksiko yaitu Sombrero. Kalau dilihat dari bentuk lebar dan lonjong kedepan dan belakang emang mirip. Tapi ada satu lagi tidak ada pada topi Sombrero yaitu antena.  Antena terdapat di topi Ti'i Langga ini pembeda dari segi bentuk dengan topi Sombrero.

Sombrero sangat identik dengan Meksiko sudah dikenal dunia. Setiap ada acara besar negara dari Meksiko topi Sombrero selalu kelihatan. Bagaimana dengan topi Ti'i Langga? Topi Ti'i Langga belum populer seperti topi Sombrero, tapi dari segi bentuk topi Ti'i Langga punya kelebihan yaitu antena. Itu menurut kami, bagaimana dengan Anda?

7. Makna Ti'i Langga
Ti'i Langga adalah topi kebanggaan orang Pulau Rote oleh sebab itu sangat memiliki arti mendalam. Maka dari itu pemakai topi ini adalah pemuka masyarakat pimpinan adat orang-orang penting kalau sekarang pejabat-pejabat tinggi. Walau sekarang siapa saja bisa memakai topi ini, termasuk pengunjung lagi wisata ke daerah sana atau ke wilayah NTT.

Beberapa tulisan telah kami baca menyebutkan topi Ti'i Langga mempunyai makna untuk kepribadian seorang pemimpin sekaligus berharap Ti'i Langga melambangkan keperkasaan, kegagahan jiwa kepemimpinan, percaya diri, contoh teladan dari seorang pria.

Hal paling unik dan paling khas apalagi kalau bukan antena terdapat di sisi atas topi, berdiri tegak runcing. Antena itu selalu dikaitkan dengan arti atau makna topi Ti'i Langga. Sepertinya orang Pulau Rote sangat bangga dengan topi mereka.

8. Banyak Gadis Mendekat
Kalau ini semua orang ingin pakai, bagaimana tidak. Menurut orang tua zaman dahulu jika seorang pemuda memakai Ti'i Langga, akan banyak gadis-gadis menempel. Dia akan terlihat gagah dan keren, tidak tahu entah dari mana gagah muncul.

Para gadis biasanya mendekat tak peduli suku mana saja dia, bahkan dari luar negeri. Makanya kalau seorang pemuda di Pulau Rote belum memakai topi Ti'i Langga belum percaya diri katanya, apalagi kalau lagi mengikuti lomba atau acara-acara lain.

9. Melambangkan Jumlah Anak Perempuan Sudah Menikah
Topi Ti'i Langga selain dikenakan pada acara tertentu bisa juga sebagai hiasan dinding rumah. Jadi kalau berkunjung ke Nuasa Tengara Timur terutama Pulau Rote atau sekitarnya jangan lupa bawa topi ini sebagai souvenir.

Di Pulau Rote juga dipakai sebagai hiasan dinding tapi mempunyai arti lain. Makna lain topi Ti’i Langga yaitu berapa orang anak perempuan mereka telah menikah ditandai dengan jumlah topi tergantung di dinding rumah para orang tua. Walau kadang tidak demikian karena setiap orang ingin memiliki topi Ti'i Langga ini di Pulau Rote.

10. Atap Kantor Bupati Rote Ndao Berbentuk Ti'i Langga
Tidak tanggung-tanggung topi Ti'i Langga sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Pulau Rote, sampai-sampai atap Kantor Bupati Rote Ndao dibuat seperti topi kebanggaan mereka. Bangunan yang berdiri megah ini bentuk atapnya terinspirasi dari Ti'i Langga. Itu artinya topi Ti'i langga memiliki arti jiwa seorang pemimpin sangat mendalam bagi masyarakat Pulau Rote dari dulu hingga sekarang.

Cerita lain Pulau Rote menyimpan pariwisata indah terutama keindahan alam dan aneka budaya Pantai Bo'a Nembrala untuk berselancar.

Souvenir lain dari Nusa Tengara Timur:
> Sasando Alat Musik Unik Dari Daun Lontar,
> Kain Tenun Motif Buna dan Lotis Khas NTT

Itu tadi keunikan sekaligus cerita dari topi Ti'i Langga, semoga dapat membantu sebagai referensi sebelum jadi oleh-oleh jika berkunjung ke daerah ini. Jika artikel ini berguna bagi ke teman melalui media sosial dibawah ini.


EmoticonEmoticon