Jumat, 24 Maret 2017

Pengertian atau Arti Kata Netizen Pintar Adalah

Baru-baru ini kita sering mendengar himbauan jadilah Netizen Pintar. Setiap ada kata netizen kadang diikuti oleh kata viral dan hoax. Sebenarnya apa sih arti dari kata Netizen Pintar? Kata tersebut juga jadi inspirasi nama dan domain weblog ini.

Ada orang bilang ini berita lagi viral, banyak dibicarakan orang di internet, semua beramai-ramai melihat berita tersebut dan share kesana sini. Ternyata beberapa hari kemudian berita itu bohong istilahnya hoax. Bagaimana lagi sudah terlanjur share kemana-mana, terpaksa pasrah saja.

Setelah itu banyak komentar lagi makanya jadi netizen pintar.

Kami akan coba beri tips bagaimana tidak tertipu dengan berita bohong di internet, cara menguji kebenaran berita tersebut. Tapi nanti ya pada artikel selanjutnya, sekarang info mengenai arti kata netizen kata pintar dan kata netizen pintar dulu biar cocok dengan judul artikel ini.

Netizen Pintar terdiri dari 2 kata, Netizen dan Pintar.

Arti Netizen Adalah

Netizen terdiri dari gabungan 2 kata, Net dan Citizen

Net mempunyai arti Internet

Citizen mempunyai arti Warga

Jadi arti kata Netizen adalah Warga Internet.

Netizen Pintar
sumber:pixabay.com

Istilah Netizen dikenalkan dan dipopulerkan oleh Michael Fredrick Hauben. Hauben adalah seorang penulis dan pelopor Internet.

Michael Hauben juga telah berpartisipasi pada komunitas online dari tahun 1980.
Michael Hauben juga melakukan riset online mengenai apa  kemungkinan yang membuat internet menjadi informatif.

Dia lulusan Columbia University mendapat gelar BA pada bidang Ilmu Komputer. Michael Hauben bekerja di Universitas Detroit dan Columbia University mengajar orang menggunakan komputer dan memahami komputer.

Dalam bukunya The Impact the Net Has on People's Lives pada bab pertama disebut pengguna internet disebutkan adalah sebagai warga.

Juga disebutkan disana warga pengguna internet ibarat sebagai satu negara.

Simak kutipan berikut:
Selamat datang di abad ke-21. Anda seorang netizen (Net
Citizen), dan Anda ada sebagai warga negara dari dunia berkat
konektivitas global bahwa Net memberikan Anda.
 Anda menganggap semua orang sebagai senegaranya Anda.
Anda secara fisik hidup di satu negara tetapi Anda berada di
kontak dengan banyak orang di dunia melalui jaringan komputer global.
Hampir Anda tinggal di sebelah setiap netizen tunggal lainnya di
dunia. pemisahan geografis digantikan oleh keberadaan di sama
ruang virtual.
Situasi saya jelaskan hanya prediksi masa depan,
tapi sebagian besar infrastruktur yang diperlukan saat ini ada.
Net - atau Internet, Usenet, BITNET, VMSnet, FidoNet, dan sebagainya
di - telah dengan cepat berkembang untuk menutupi semua negara-negara maju di
Dunia.
Di paragraf lain disebut hampir semua negara telah menggunakan internet kecuali di
Afrika, Asia Kecil, dan Asia Tenggara.

lihat kutipan berikut:
Satu-satunya bagian dunia belum terhubung melalui E-mail adalah bagian dari Afrika, Asia Kecil, dan Asia Tenggara. (Lihat halaman 2 No 1 kembali Internet Society NEWS Vol untuk referensi.)
Itu ada Asia Tenggara berarti termasuk Indonesia. Itu awal tahun 1980-an, sekarang penggunaan internet jauh lebih luas sudah sampai ke seluruh dunia.

Micahel Hauben terus menulis di buletin pengguna komputer pemula dengan kontribusi artikel secara berkelanjutan.

Melalui penelitian interaktif online dan buku, Hauben memperkenalkan istilah "Netizen" sampai sekarang digunakan dan sangat populer.

Arti Kata Pintar Adalah

Pintar menurut kamus Bahasa Indonesia  mempunyai arti pandai, cakap, banyak akal, mahir melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Jika di urai lagi arti kata Pintar

Pintar adalah orang yang mempunyai kemampuan penguasaan dalam bidang sesuatu dipelajari sebelumnya.

Misalnya anak sekolah berhasil menguasai mata pelajaran matematika, pengetahuan alam, ilmu agama, sains, teknologi, internet dan bidang lainnya.

Pintar butuh proses oleh karena itu orang pintar teratur dan disiplin sehingga mereka mampu mengerjakan pekerjaan. Orang pintar mampu melakukan segala sesuatu dengan baik dan selalu bisa memilah yang baik atau buruk.

Pintar bisa direncanakan atau di capai. Orang bodoh bisa menjadi pintar asal punya kemauan untuk belajar secara disiplin dan kerja keras.

Orang pintar adalah orang yang banyak tahu hanya saja perlu proses.

Apa perbedaan pintar dengan cerdas atau dengan jenius

Cerdas adalah adalah orang yang bisa mengerjakan sesuatu dengan cepat tanpa harus dengan proses pelajaran yang lama. Biasanya orang cerdas tidak terlalu disiplin tapi jika mengerjakan sesuatu bisa menyelesaikan dengan cepat.

Jenius adalah bisa mengerjakan sesuatu dengan teori mereka secara cepat tapi kadang tidak bisa di cerna oleh orang pada umumnya.

Jadi kalau digabung kedua kata tersebut netizen dan pintar artinya apa?

Arti Netizen Pintar Adalah


Netizen Pintar adalah warga pengguna internet aktif mempunyai disiplin tinggi mampu menggunakan dan memilah informasi di internet baik atau buruk.

Hauben juga memberi penjelasan melalui buku, perlu setiap orang memahami perspektif dampak penggunaan internet di masa mendatang.

Dia juga telah melakukan riset online mengenai pengaruh internet pada kehidupan. Hauben juga aktif menjawab pertanyaan berkaitan dengan pengguna internet pada masa kini dan akan datang. Dia juga membantu memikirkan mengantisipasi menggunakan internet secara sehat.

Kami juga terinspirasi membuat sebuah weblog dengan nama Netizen Pintar. Kami berusaha menyediakan informasi secara pintar dan sehat. Tentu saja masih banyak kekurangan dan kami tidak menutup masukan dari semua pihak.

Lalu bagaimana agar kita pintar menggunakan internet biar berdampak positif. Terutama membedakan berita hoax atau bukan. Agar lebih jelas baca, 10 cara mengenali atau mendeteksi berita hoax.

Sekian saja,  itu arti dari kata Netizen Pintar. Dimana setiap warga pengguna internet terutama yang berada pada komunitas online agar cepat belajar membuat, membagi dan membaca informasi yang berdampak baik.

Jika artikel ini bermanfaat silakan dibagikan melalui medsos Anda. Salam Netizen semoga sukses.

7 komentar

Setelah baca artikel ini saya jadi tau pengerian orang pintar, dan jenius. Artikel ya, kreatif banget gan!

Ya Bang Ahiday mumpung lagi banyak berita hoax coba bikin artikel ini. makasih kunjungannya

Sip, Bang Jo benar-benar telah menjadi netizen yang super pintar. Lanjtkan mas

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Amiin, Haha belum sampai kesana Pak Syamsu, masih banyak belajar nih

Selain berita hoax ada juga berita yang provokatif gan. Secara tidak langsung sebagai warga kampung internet kita harus arif dan bijaksana dalam menyebarkan informasi.
Bisa jadi beritanya benar tetapi bahasa yang digunakan sangat provokatif, jadinya kita sebagai penerima pesan harus selektif
a. harus sebarin lagi
b. mendiamkan saja
Saya sendiri lebih memilih opsi kedua. apalagi jika informasi yang sedang bertebaran di timeline mempunyai potensi untuk merenggangkan hubungan pertemanan dengan teman-teman di dunia nyata.
Meskipun berita yang dikirimkan tersebut benar adanya (a.k.a. tidak hoax) dan sejalan dengan pemikiran saya pribadi.
Jadi menurut saya netizen pintar itu tidak hanya selektif dalam menerima informasi tetapi juga arif dalam menyebarkan informasi yang diterima.

Betul sekali Mas Kandra Wilko
Sebagai seorang Netizen tidak hanya pintar dalam menerima informasi di Internet yang banyak berita Hoax tapi juga pintar dalam membuat berita dan membagi berita agar internet bermanfaat sesuai yang di harapkan Hauban.

Terima kasih atas kunjungannya


EmoticonEmoticon