Senin, 13 Maret 2017

Di Tempat Wisata Kuliner Floating Market Rupiah Tidak Berlaku

Luar biasa netizen, uang rupiah tidak berlaku di tempat wisata Floating Market Lembang Bandung. Konsep wisata diusung oleh pihak pengelola boleh mendapat acungan jempol karena memiliki ide unik. Kelihatannya pengelola berhasil dengan konsep tersebut dibuktikan dengan pengunjung selalu ramai datang ke tempat wisata di Bandung Utara ini.

Bandung mempunyai banyak sekali tempat wisata tersebar di berbagai wilayah. Bandung Selatan mempunyai tempat wisata tidak kalah populer seperti di Ciweday. Disana ada Kawah Putih favorit prewedding bagi pasangan mau menikah dan bagi wisatawan hendak liburan akhir pekan. Kawah Putih memiliki pemandangan alam exotic di sekeliling danau berwarna putih dan dinding gunung tinggi.

Di Bandung Utara juga banyak tempat wisata antara lain, ada Gunung Tangkuban Perahu, ada pemandian air panas Sariater dan yang ini wisata kuliner Floating Market.

Floating Market Bandung


Di Floating Market ada apa saja?
Floating Market adalah sebuah tempat wisata terpadu berupa taman wisata, wisata kuliner dan tempat bermain outbond.

Taman di Floating Market tertata dengan rapi dan cantik dibuat sedemikian rupa sehingga membuat kita merasa nyaman berlama lama disana. Ada taman-taman kecil, ada danau, tempat jajan, ada saung untuk istirahat.

Di awal masuk saja kita sudah sambut dengan icon Floating Market berupa Coin Raksasa di pampang di depan pintu gerbang membuat kita langsung terkesan dengan destinasi ini. Sepertinya pihak pengelola ingin membuat kesan pertama pada pengunjung. Tentu saja usaha itu berhasil dengan baik sekali pengunjung langsung merasa takjub dengan tampilan seperti itu.

Dibelakang icon Floating Market kita bisa melihat danau indah. Air yang begitu tenang membuat mata memandang menjadi sejuk. Terlihat juga di tanjung danau beberapa batang pohon pinus menambah segar suasana disekitar itu. Di sekeliling danau dipenuhi dengan pohon dan taman-taman kecil yang indah.

Di tengah terlihat ada jalan membelah dua danau, dari Timur ke arah Barat. Di sepanjang jalan itu terdapat tempat jajan, menjual berbagai macam kuliner yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Ditempat jajan itu uang rupiah tidak berlaku, ke sana tujuan utama orang untuk wisata.

Tapi nanti dulu, untuk menuju kesana kita harus lewat menelusuri danau dari sebelah kiri atau sebelah kanan. Sepanjang jalan di pinggir danau ada banyak taman-taman kecil bagus, masing masing taman mempunyai tema berbeda-beda. Rasakan saja suasana demikian sambil berjalan santai atau duduk untuk menikmati suasana alam Floating Market lebih lama.

Jika Anda lelah bisa berhenti dahulu sebentar di saung yang telah disediakan. Ada banyak saung tersedia pilih saja lokasi saung yang cocok untuk Anda agar dapat view bagus agar bisa melihat ke spot taman disukai. Pengunjung bisa makan disitu atau duduk santai bersama rombongan.

Berjalan sedikit lagi ke depan menelusuri pinggir danau sampai di tempat jajan menyediakan bermacam kuliner yang pasti enak-enak. Disini uang rupiah tidak berlaku.

Bagaimana cara membeli makanan di Floating Market?
Sebelumnya uang rupiah di tukar dengan koin khusus. Koin ini nanti yang bisa dipakai untuk belanja di sana. Tempat menukar koin bisa di pintu gerbang pada saat mau masuk. Uang rupiah ditukar dengan koin, masing-masing koin mempunyai nilai berbeda, ada koin dengan tulisan 50 berarti bernilai Rp 50.000, ada lagi koin pecahan 20, 10 dan 5

Saran saja, jangan banyak-banyak dahulu menukar rupiah dengan koin karena koin yang sudah ditukar tidak bisa di uangkan kembali. Tukar saja secukupnya misal Rp 50.000 tukar dengan pecahan kecil-kecil. Nanti jika koin kurang untuk membeli jajan lain jika ada yang belum di coba, koin bisa ditukar lagi karena tempat penukaran koin masih ada di lokasi tempat jajan.

Makanan dan jajanan di Floating Market terkenal enak dengan harga masih terjangkau, jadi tidak khawatir untuk mencoba makanan disini. Banyak makanan tradisional khas Bandung dan makanan khas daerah lain tersedia di Floating Market, ada batagor, nasi timbal, somay, bakso, ketoprak, kado-kado, otak-otak, ikan bakar, ikan goreng, ayam bakar, pecel ayam, sate, aneka masakan dari mie.

Berbagai kue dan minuman seperti jus buah, es campur, buble, cocolate, berbagai minuman ringan cola fanta sprit, cofe. Kue yang bisa dicoba bikang, surabi, tempe mendoan, martabak mini, donat, berbagai kue basah dan kue kering.

Yang unik di Floating Market adalah penjual makanan dalam perahu-perahu kecil. Masing masing pedagang menawarkan dagangan dalam sebuah perahu. 46 Perahu tersebut seolah-olah lagi bersandar di sebuah dermaga, mereka menawarkan makanan dari dalam perahu kepada kita. Maka dari itu Floating Market disebut juga dengan Pasar Terapung.

Selain tempat kuliner, Floating Market juga menyediakan permainan outbond. Wahana permainan anak tersedia Taman Kereta Mini, Lokomotif Mini, Taman Kelinci, Becak Mini, Kampung Kandang, Outbond Anak. Harga tiket mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 20.000 tergantung jenis permainan.

Wahana permainan air yang bisa dicoba adalah Kano, Perahu, Sepeda Air, Paddle Boat, Kereta Air. Harga tiket mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 70.000 tergantung jenis permainan.

Akses menuju ke Floating Market
Alamat Jl. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Bandung Barat 40391 Telepon: 082317270000

Jika dari Bandung arah ke Setiabudi terus ke jalan Ledeng terus ke Lembang, melewati pasar Lembang ke jalan Grand Hotel nanti di sebelah kiri lokasi Floating Market.

Dari Jakarta ke tol Jakarta-Cikampek keluar di pintu tol Purwakarta, arah ke Subang terus ke arah Tangkuban Perahu ke Lembang

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk ke Floating Market Rp 20.000 / orang, sekaligus dapat bonus minuman ringan
Parkir sepeda motor Rp 5.000, mobil Rp 30.000

Tips jika ingin berkunjung ke Floating Market sebaiknya jangan pada saat musim liburan karena terlalu ramai. Sebaiknya datang pagi hari jam 9.00 pada saat matahari naik biar dapat suasana udara masih segar belum ramai pengunjung.

Beberapa tempat mengabil foto yang bagus yaitu di icon Floating Market, di pinggir danau, berfoto dengan sepeda hias, di taman-taman kecil, ditempat jajan dengan latar belakang pasar terapung.

Tempat wisata terdekat dari Floating Market yaitu Jaya Giri, Gunung Tangkuban Perahu, Pemandian Air Panas Sariater.

Demikian gambaran singkat tempat wisata Floating Market di Bandung, semoga dapat membantu sukses dalam liburan. Jika artikel ini bermanfaat tolong dibagikan melalui medsos Anda.


EmoticonEmoticon