Senin, 27 Februari 2017

Panduan Wisata dan Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung

Panduan wisata dan harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey info kali ini. Lokasi ini merupakan tempat favorit prewedding di Bandung bagi pasangan mau menikah. Banyak sekali pasangan mengambil gambar pra nikah mereka disini. Hal ini tentu bukan tanpa alasan mereka datang dari berbagai kota seperti dari Jakarta dan Bandung. Karena di Kawah Putih pemandangan alamnya sangat indah dan bagus sekali jadi latar belakang sebuah foto.

Selain tempat prewedding tempat ini juga sangat ramai dikunjungi wisatawan lain di hari libur atau di akhir pekan, baik bagi mereka pertama kali berkunjung maupun yang sudah beberapa kali datang hanya untuk foto selfie.

Wisatawan yang berkunjung ke Kawah Putih ingin melihat langsung pesona alam kawasan pegunungan dan melihat alam sekitar kawah yang sangat terkenal itu.

Kawah Putih termasuk tempat wisata Bandung Selatan, sedangkan di Bandung Utara juga banyak tempat wisata alam seperti Gunung Tangkuban Perahu, Pemandian Air Panas Sariater. Ada juga wisata baru paduan taman dan tempat kuliner di Lembang yaitu Floating Market.

Kawah Putih Ciwidey
image source: wikimedia.org

Informasi Sekaligus Panduan Wisata ke Kawah Putih


Apa itu Kawah Putih?
Kawah putih adalah area tempat wisata di Ciwidey Bandung. Area ini sebenarnya adalah salah satu kawah Gunung Patuha. Area kawah sangat luas dan di sekelilingnya terdapat dinding bukit yang terjal, ditengah-tengah terdapat sebuah danau. Danau ini mengandung belerang yang sangat tinggi dan berwarna putih sehingga membawa efek ke seluruh bagian kawah menjadi putih. Warna air danau kadang berubah kuning biru, ungu, hijau muda, tapi tetap bercampur putih tergantung kadar belerang dan kondisi cuaca.

Yang Menarik di Kawah Putih
Daya tarik Kawah Putih terletak pada paduan kondisi alam antara kawasan pegunungan dengan sebuah danau warna putih yang membawa efek ke seluruh kawah.

Pemandangan alam unik ini menjadi pendorong utama orang datang untuk liburan dan mengabadikan dalam sebuah foto. Pasangan mau menikah atau pencinta selfie lokasi Kawah Putih sangat tepat jadi latar belakang foto mereka.

Rute Jalan Menuju Kawah Putih
Untuk menuju Kawah Putih, yang pertama datang dulu ke Kota Bandung. Untuk menuju Bandung bisa menggunakan pesawat udara, kereta api atau mobil. Dari kota Bandung ke Kawah putih berjarak kurang lebih 50 km. Setelah tiba di Bandung bisa naik kendaraan umum atau pribadi.

Dari Bandung bisa mengambil arah ke Jl. Taman Kopo terus ke Jl. Cipatik - Soreang atau Jl. Kopo Sayati - Soreang. Setelah sampai di Soreang langsung masuk Jl. Raya Soreang - Ciwidey. Ikuti jalan tersebut sambil menikmati pemandangan alam hutan yang terus menanjak. Nanti akan ada pintu masuk Kawah Putih di sebelah kiri.

Parkir Bawah atau Parkir Atas?
Ada 2 tempat parkir di Kawah Putih, parkir bawah dan parkir atas.

1. Parkir Bawah
Biaya parkir bawah mobil roda 4 Rp. 6.000, mobil roda 6 Rp. 25.000, kendaraan roda 2 Rp. 5.000.

Bagi yang datang menggunakan kendaraan umum dan menggunakan bus hanya sampai di parkir bawah selanjutnya untuk mencapai puncak menggunakan mobil wisata disana disebut ontang-anting. Untuk naik ontang-anting dikenakan biaya Rp. 15.000 / orang.

2. Parkir Atas
Parkir atas adalah parkir tepat di objek wisata Kawah Putih. Bagi mereka yang membawa mobil pribadi boleh membawa mobil sampai ke parkir atas. Biaya parkir atas cukup mahal yaitu Rp. 150.000.

Anda boleh pilih mau parkir bawah atau parkir atas

Harga Tiket Masuk Kawah Putih
Pengunjung dalam negeri Rp. 20.000 / orang
Pengunjung mancanegara Rp. 50.000 / orang
Pengambilan gambar Pre wedding Rp. 500.000.

Pengambilan gambar untuk prewedding pihak pengelola mengenakan tarif cukup mahal, jadi harus pertimbangan dulu sebelumnya dan sediakan uang ektra.

Jam Buka dan Waktu Kunjungan
Kawah putih buka dari jam 7.00 - 17.00. Artinya dibuka untuk umum dari jam tujuh pagi sampai jam lima sore. Buka siang hari karena pemandangan terbaik di Kawah Putih adalah jam tersebut. Jadi kalau mau datang dari pagi juga boleh, puas deh tuh seharian di dalam kawah gunung.

Hal yang perlu diperhatikan jika hendak ke Kawah Putih terutama bagi yang ingin mengambil gambar untuk prewedding adalah cuaca dan puncak kunjungan.

Cuaca cerah atau menjelang sore waktu terbaik untuk mengambil gambar di Kawah Putih. Jika cuaca hujan tidak baik untuk pengambilan gambar dan sangat mengganggu aktivitas selama kunjungan, kecuali Anda menginginkan suasana demikian.

Waktu liburan sekolah dan hari besar pengunjung di kawah putih mencapai puncaknya, jika ingin mengambil gambar untuk prewedding akan sangat mengganggu. Sebaiknya datang pada hari kerja tidak banyak gangguan dari pengunjung lain agar dapat gambar maksimal.

Pengunjung umum atau sekedar ingin foto selfie bisa datang kapan saja, Kawah Putih akan selalu menjadi background foto mempesona.

Tempat Makan
Jika ingin berlama-lama di puncak Kawah Putih sebaiknya bawah bekal sendiri karena di atas tidak ada yang jual makanan. Saran kami minimal membawa air mineral dan masker sebelum naik ke puncak. Tapi pada umumnya orang juga tidak lama di Kawah Putih hanya 45 menit sampai 1 jam setelah itu melanjutkan ke tempat wisata lain di sekitar Ciwidey.

Itu gambaran jika ingin berkunjung ke tempat wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung baik mereka yang ingin mengambil gambar untuk prewedding atau hanya untuk foto selfie.

Dari Kawah Putih biasanya wisatawan menuju destinasi terdekat seperti Situ Patenggang. Lebih jauh lihat dibawah ini

baca: Panduan Wisata ke Situ Patenggang Harga Tiket dan Cara Menuju Kesana

Setelah itu melihat pemandangan alam Kebun Teh Rancabali atau ke Pemandian air Panas Ciwalini, setelah itu mereka akan pulang atau menginap di hotel terdekat. Semoga tulisan kali ini dapat membantu dan bermanfaat.


EmoticonEmoticon