Jumat, 17 Maret 2017

Harga Tiket Masuk Monas dan 12 Tips Wisata Agar Liburan Menyenangkan

Harga Tiket Masuk Monas Jakarta dan 12 tips dibawah ini semoga dapat membantu siapa saja yang hendak liburan.  Monumen Nasional tempat wisata favorit di Jakarta bagi warga DKI dan wilayah sekitar seperti Tangerang, Bekasi dan Bogor.

Kadang orang tidak begitu tertarik datang ke Monas dianggap tempat wisata ini biasa-biasa saja tidak ada istimewa atau kurang menghibur. Orang lebih tertarik datang ke Ancol atau ke tempat wisata keluarga lain seperti Taman mini dan Kebun Binatang Ragunan.
baca: 5 Tempat Wisata di Jakarta Paling Favorit dan Ramai Pengunjung

Tapi jika belum pernah berkunjung ke Monas sepertinya belum lengkap karena orang selalu akan bertanya, sudahkah mengunjungi Monas Jakarta?

Itulah alasannya kenapa harus datang ke Monas.

Monas selalu ramai pengunjung bahkan sangat ramai terutama saat weekend dan hari libur. Maka dari itu sebelum berkunjung ketahui dulu apa saja yang perlu di antisipasi dan yang perlu disiapkan sebelum kesana.

Tugu Monas Jakarta
Monas Jakarta
image source: wikimedia.org

Tips Wisata ke Monas dan Harga Tiket Masuk


1. Sebelum berangkat menuju Monas hal pertama yang harus disiapkan adalah membawa alat pelindung kulit. Di area Monas sangat panas terutama setelah masuk ke dalam. Sinar matahari langsung mengenai kulit karena tidak ada halangan di sekitar tugu. Untuk itu disarankan membawa topi untuk melindungi kepala dan wajah. Siapkan juga pakaian lengan panjang  atau membawa lotion untuk melindungi kulit.

2. Disarankan tidak membawa bayi. Di Monas selain panas juga ramai pengunjung jika membawa bayi atau anak kecil tidak baik untuk kesehatan mereka dan Anda akan sangat repot disana. Nanti Anda akan antri dalam hitungan jam untuk bisa naik ke puncak Monas.

3. Paling enak masuk dari gerbang Selatan. Ada empat gerbang pintu masuk ke Monas, dari arah Utara, arah Selatan, arah Barat dan Timur. Menurut kami paling enak masuk dari gerbang Selatan.

Bagi pengguna kendaraan pribadi mobil atau sepeda motor tersedia parkir luas di gerbang Selatan. Bagi pengguna kendaraan umum menuju ke gerbang Selatan bisa menggunakan Busway TransJakarta tersedia halte tepat di depan pintu gerbang.

Selain itu dari gerbang Selatan ke tugu dekat dan banyak pohon rindang untuk berteduh, sehingga nyaman berjalan kaki sampai ke pinggir pagar.

4. Sebelum masuk ke Monas bisa bermain dan singgah dulu di taman menikmati angin sepoi-sepoi di bawah pohon rindang. Kawasan Monas banyak sekali pohon besar yang sudah tinggi, di bawahnya sangat nyaman untuk bersantai.

Anda bisa duduk di bangku telah tersedia atau menggelar tikar mengobrol dengan teman sambil makan camilan. Makanan dan minuman bisa dibawa dari rumah atau beli di tempat. Banyak penjual makanan dan minuman di area itu tidak perlu kuatir kalau sudah lapar. Harga tidak mahal dan juga tidak murah standard saja sama dengan harga penjual makanan di tempat umum.

5. Ada hiburan lain yang bisa dilihat di area taman Monas yaitu rusa. Bagi pengunjung  membawa anak ke Monas bisa melihat rusa berada di sebelah kanan pintu gerbang Selatan. Disana ada puluhan rusa dipelihara dalam kandang terbuka. Pengunjung bisa mendekat sampai ke pinggir kandang sambil memberi makan. Untuk melihat rusa tersebut tidak kena biaya.

6. Setelah selesai bermain di taman berjalan ke arah Monas untuk membeli tiket masuk seharga Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Kondisi saat membeli tiket biasanya antri dan panas, jadi mulai siapkan perlengkapan yang dibawa dari rumah.

Jangan lupa beli tiket sekaligus untuk naik ke puncak seharga Rp 7.500 untuk dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak.

Karena ada 2 jenis tiket masuk.

Tiket pertama untuk masuk Monas hanya sampai pelataran tengah. Lokasi yang bisa dilihat moseum, pelataran dasar, pelataran tengah.

Tiket kedua untuk masuk sampai ke puncak.

Setelah masuk ke dalam Monas tidak ada lagi yang menjual tiket di dalam, jika ingin naik sampai puncak Anda harus keluar dulu. Jadi ingat jika ingin naik sampai ke puncak beli tiket 2 jenis sekalian.

7. Sebelum masuk ke dalam Monas, jangan lupa membawa makanan dan minuman untuk bekal selama disana. Saran saja minimal Anda membawa air mineral, walau nanti masih bisa membeli dari pedagang cuman harganya sudah mahal.

8. Setelah masuk ke dalam Monas ternyata di dalam luas sekali. Disana ada moseum sejarah perjuangan Bangsa Indonesia bisa dilihat dalam bentuk miniatur lengkap dengan tempat kejadian.

Lihat saja semuanya sampai puas berkeliling karena nanti setelah naik ke atas tidak akan turun lagi ke moseum.

9. Setelah sampai di pelataran dasar lihat kondisi antrian naik ke puncak. Umumnya di area ini kita menunggu dalam waktu lama sampai hitungan jam. Jika antrian masih sedikit lebih baik Anda langsung antri saja. Karena jika semakin siang antrian semakin panjang.

Jika antrian sudah panjang Anda bisa istirahat dulu atau naik menggunakan tangga ke pelataran tengah.

10. Jangan lupa mengunjungi pelataran tengah. Di pelataran tengah pemandangan tidak kalah bagus dengan pelataran puncak. Dari sana Anda bisa mengambil gambar dengan latar belakang Tugu Monas atau pemandangan ke empat penjuru Kota Jakarta.

11. Setelah antri di pelataran dasar, Anda akan dibawa naik lift ke pelataran puncak. Disini tempat paling istimewa di Monas, bisa melihat Kota Jakarta dari ketinggian. Disebelah Utara ada Istana Presiden, di sebelah Barat ada Stasion Gambir, ada Mesjid Istiqal, di sebelah Selatan Kantor Gubernur DKI Jakarta, di sebelah Barat Museum Nasional.

Abadikan momen saat berada di pelataran puncak Monas bisa foto selfie atau sesuka Anda. Biasanya orang hanya 15 menit sampai 20 menit berada disana.

12. Sebaiknya bawa kamera telah dilengkapi dengan lensa biar bisa mengambil gambar lebih bagus.

Itu saja tips dari kami jika ingin wisata ke Monas Jakarta agar liburan menyenangkan.

Seperti disebut diatas kadang orang tidak tertarik datang ke Monas, ada yang beranggapan biasa saja. Tapi nanti dulu walau sudah mengunjungi tempat wisata lain di Jakarta tapi kalau belum pernah ke Monas, rasanya belum lengkap.

Biasanya orang lebih tertarik datang ke Ancol dengan banyak pilihan wahana, seperti di Seaworld, Dufan, Atlantic. Apalagi Dufan mempunyai wahana permainan menenggangkan dan seram.

Itulah gambaran mengenai tempat wisata di Jakarta terutama di Monas. semoga dapat membantu dan sukses dalam liburan. Jika artikel ini bermanfaat tolong dibagikan melalui media sosial kesayangan Anda.


EmoticonEmoticon