Senin, 06 Februari 2017

6 Tempat Wisata di Jakarta Favorit dan Ramai Pengunjung

Tempat wisata keluarga di Jakarta paling favorit dan ramai pengunjung ini kami pilih untuk membantu wisatawan wajib dilihat sebelum mengunjungi tempat lain. Jakarta merupakan Ibu kota Indonesia, kota megapolitan. Tempat hiburan sangat beragam sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang, mulai dari hiburan keluarga, hiburan anak muda, hiburan sesuai hobi, hiburan malam dan lainnya.

Informasi wisata di bawah ini untuk keluarga. Karena ini merupakan icon pariwisata Jakarta paling ramai pengunjung dan sangat favorit bagi siapa saja, tidak memandang umur dan jenis kelamin. Selain favorit juga sangat populer yang kami maksud Ancol, Monas, Taman Mini dan lainnya.

Sampai ada ungkapan begini, sudah pergi ke Jakarta? sudah. sudah pergi ke Monas, sudah pergi ke Ancol, sudah pergi ke Taman Mini. Tempat-tempat tersebut yang akan di tanya duluan bukan tempat wisata lain.

Mungkin info tempat wisata di Jakarta ini lebih berguna bagi mereka yang hendak mengunjungi Ibu Kota. Bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitar tempat ini sudah biasa berkunjung, tapi mungkin belum tahu lebih lengkap saja.

Jika ingin mencoba wisata ke daerah lain ada destinasi menakjubkan seperti ke Pulau Bali atau ke Nusa Tengara Timur. Pariwisata Bali sudah mendunia, seperti Pantai Kuta, Tanah Lot, Kintamani.
baca ini 32 Daya Tarik Kuta Sebagai Tempat Wisata No. 1 di Indonesia

Tempat wisata keluarga di Jakarta ramai pengunjung ada beberapa kategori, pertama wisata sejarah, wisata pantai, taman wisata, museum wisata, wisata flora dan fauna. Tempat wisata di bawah ini sudah mewakili kategori tersebut.

1. Monumen Nasional ( Monas )

Monumen Nasional ( Monas )
Monas Jakarta
image source: flickr.com

Monas merupakan wisata sejarah, taman kota dan museum. Monas merupakan icon Jakarta dan juga icon Indonesia kadang disebut juga dengan Tugu Monas. Jadi sangat tepat mengunjungi Monas sebelum datang ke tempat lain.

Monas di bangun untuk  mengenang atau memperingati perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah Belanda dan Jepang. Dibangun atas prakarsa Presiden Indonesia pertama Ir. Soekarno. Memiliki tinggi 132 meter. Jangan heran dalam Monas terdapat museum perjuangan rakyat Indonesia, semula sebagai tugu perjuangan belakangan menjadi tempat wisata selalu ramai pengunjung.

Untuk menuju Monas terdapat 4 pintu  masuk yaitu dari Jl. Merdeka Barat, Jl. Merdeka Timur, Jl. Merdeka Utara dan Merdeka Selatan. Bisa diakses dengan kendaraan umum atau pribadi, sepeda motor atau mobil dan tersedia lahan parkir yang cukup. Jika menggunakan kendaraan umum ada busway Transjakarta langsung berhenti di depan pintu masuk, atau menggunakan kereta api turun di Gambir.

Setelah turun dari kendaraan Monas sudah terlihat berdiri megah, setelah itu masuk ke area taman, disana banyak pohon rindang sekali sebagai salah satu hutan kota. Di area tersebut kita juga bisa menyaksikan puluhan rusa dipelihara sebelah Selatan Monas. Terus berjalan memutar tugu menuju pintu masuk.

Untuk masuk ke dalam Monas dikenakan biaya distribusi, jangan khawatir tidak mahal. Setelah sampai di dalam pengunjung dapat menyaksikan museum perjuangan Indonesia dalam bentuk patung-patung miniatur. Setelah itu bisa naik ke atas ke pelataran tengah. Disana bisa melihat keliling Kota Jakarta.

Ada satu lagi jangan dilewatkan di Monas yaitu naik sampai ke puncak. Untuk naik ke pelataran puncak harus rela antri menggunakan lift dan ada tambahan biaya, sekali tidak mahal. Hanya sampai pelataran puncak ya, tidak sampai menyentuh emas paling atas. Dari puncak Monas tersebut akan terlihat pemandangan kota Jakarta yang sangat indah, bisa melihat ke empat penjuru angin. Disebelah Utara ada Istana Presiden, di Selatan Kantor Gubernur dan sebelah Barat Stasiun Gambir.

baca juga: Harga Tiket Masuk dan 12 Tips Wisata ke Monas.

2. Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol adalah tempat hiburan terpadu yang sangat populer dan paling ramai pengunjung. Hampir semua warga Jakarta pernah berkunjung ke Ancol, bahkan lebih luas lagi setiap orang yang berkunjung ke Jakarta menyempatkan diri berkunjung ke Ancol. Tidak hanya sekali mereka berkunjung ke Ancol tapi berulang kali, demikian kuat daya tarik Ancol.

Untuk menuju ke Ancol bisa mengunakan kendaraan umum atau pribadi, tersedia lahan parkir cukup dan kendaraan bisa di parkir dekat dengan wahana yang dituju. Untuk kendaraan umum bisa menggunakan busway Transjakarta, kereta api, bus angkutan kota.

Untuk memasuki Kawasan Taman Impian Jaya Ancol dikenakan biaya orang dan kendaraan. Setelah memasuki kawasan Ancol, pengunjung sudah bisa langsung menuju taman,  pantai dan beberapa fasilitas lain. Sudah bisa merasakan hawa udara Utara Jakarta.  Fasilitas lain yang bisa dituju pasar seni, wisata kuliner, restoran, hotel, dan lainnya.

Hiburan istimewa di Ancol bukan itu, hiburan istimewa adalah masuk ke salah satu wahana di Kawasan Impian Jaya Ancol. Banyak sekali wahana dengan teknologi tinggi tidak ada di tempat wisata lain di Jakarta bahkan di Indonesia. Wahana di Ancol bertaraf Internasional.

Pengunjung bisa mencoba salah satu wahana antara lain Dufan. Dufan adalah wahana outdoor memiliki beragam permainan yang dapat membuat jantung berdetak kencang, berikutnya Sea World dengan aquarium raksasa, Gelanggang Samudra, dan masih banyak lainnya. Untuk masuk ke salah satu wahana tersebut pengunjung di kenakan biaya tambahan yang cukup besar untuk ukuran hiburan keluarga. Jadi jika pengunjung ingin masuk salah satu wahana harus sediakan dana lebih.

baca juga: 6 Wahana di Ancol Tempat Wisata Paling Populer di Jakarta

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Taman Mini adalah sebuah tempat wisata dengan konsep miniatur budaya Indonesia. Ide pembangunan di gagas oleh Ibu Tien Soeharto istri Presiden Kedua Republik Indonesia. Indonesia memiliki kaya akan budaya tersebar di ribuan pulau, beliau ingin membuat suatu taman, dimana dapat dilihat dalam satu tempat.

TMII terletak di Jakarta Timur, untuk menuju kesana bisa di akses dengan jalan tool mengunakan kendaraan umum atau pribadi. Tersedia busway Transjakarta dan angkutan kota dan terminal bus terdekat yaitu Kampung Rambutan.

Untuk masuk ke Taman Mini dikenakan biaya cukup murah, kena biaya orang dan kendaraan. Setelah masuk ke Taman Mini pengunjung sudah bisa menikmati taman-taman yang ada disana. Dalam Taman Mini paling unik adalah, ada sebuah danau dibuat seperti miniatur kepulauan Indonesia, ditengah danau terdapat pulau seperti di Peta Indonesia.

Sekeliling danau terdapat berbagai rumah adat di Indonesia yang disebut dengan anjungan. Pengunjung boleh masuk ke masing-masing rumah adat tersebut dan melihat berbagai kebudayaan beserta pernak pernik dari keunikan budaya di Indonesia. Kalau lagi beruntung bisa melihat seni pertunjukan dari masing-masing suku adat.

Taman mini juga mempunyai tempat rekreasi lain seperti istana anak, kereta gantung, kiong mas. Keong Mas adalah gedung teater memiliki layar sangat lebar, dikenal dengan teater IMAX. Teater  4D Kiong Mas membuat pengunjung sangat terkesan setelah menonton film disana, dari efek yang ditimbulkan serasa kita masuk ke lokasi film sedang tayang. Sangat seru bukan?

Taman mini cocok untuk rekreasi hiburan keluarga wajib dikunjungi sebelum datang ke tempat rekreasi lain di Jakarta.

baca juga: Harga Tiket Masuk dan Akses Jalan Menuju Taman Mini

4. Kebun Binatang Ragunan
Kalau yang ini dari namanya saja sudah ketahuan pasti disana banyak binatang. Binatang dipelihara dalam kandang sebagai hiburan dan pengetahuan, sebagian ada yang hampir punah dipelihara disini.  Kebun binatang dengan luas 140 hektare ini termasuk tertua di Indonesia. Koleksi binatang disana juga banyak sekali, kurang lebih 295 spesies.

Tempat ini cocok untuk rekreasi keluarga datang bersama anak-anak, saudara maupun teman.  Bagi anak tidak cuman sekedar untuk hiburan tapi juga sebagai edukasi bagi mereka. Dengan tempat yang luas anak-anak senang bermain-main sambil melihat binatang kesukaannya.

Kebun binatang Ragunan terletak di Jakarta Selatan, di daerah Pasar Minggu. Untuk menuju kesana bisa menggunakan busway Transjakarta atau angkutan umum lain. Bagi pengguna kendaraan pribadi juga bisa, hanya saja tempat parkir kadang sulit, saran saja datang pagi biar tidak ada masalah.

Untuk masuk ke lokasi dikenakan biaya orang saja karena kendaraan di parkir di luar. Biaya masuk sangat murah tidak akan merogoh kocek dalam walau datang bersama rombongan. Info terakhir biaya masuk anak Rp 3.000 dewasa Rp 4.000. Setelah masuk Pengunjung sudah bisa menyaksikan binatang-binatang langka yang tidak pernah di lihat sebelumnya. Anda sudah bebas menikmati areal 140 hektare tersebut.

baca juga: 11 Fasilitas dan Informasi Rinci Kebun Binatang Ragunan

5. Kawasan Kota Tua
Kota Tua adalah sebuah kawasan kota peninggalan zaman dahulu telah ditetapkan menjadi situs warisan dilindungi. Ada beberapa gedung peninggalan bersejarah yang tidak boleh di robohkan disana dan beberapa icon lain

Lokasi Kota Tua terletak di Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Untuk menuju kesana bisa menggunakan kereta api, busway Transjakarta atau angkutan kota, untuk kendaraan pribadi mobil dan sepeda motor sudah pasti bisa.

Kota Tua adalah tempat wisata keluarga lebih tempat bagi mereka yang punya anak di bangku pendidikan. Selain berlibur juga bisa menambah ilmu pengetahuan karena banyak sekali sejarah yang bisa didapat setelah mengunjungi tempat ini.

Tempat yang bisa di kunjungi:
Moseum Fatahillah disebut juga Museum Batavia. Gedung ini dulu sama VOC berfungsi sebagai Kantor Balai Kota, tempat pengadilan sekaligus penjara bawah tanah.

Tempat lain yang bisa dikunjungi Museum Wayang, Jembatan Tarik Kota Intan, Stasiun Jakarta Kota, Pelabuhan Sunda Kelapa, Masjid Luar Batang dan lain-lain.

6. Kidzania
Kidzanian adalah suatu tempat hiburan tergolong baru dibanding dengan lima tempat wisata diatas. Tempat hiburan ini lebih khusus untuk anak-anak, dengan konsep permainan profesi. Sebuah replika kota dengan fasilitas lengkap hanya saja ukurannya menyesuaikan dengan anak-anak.

Fasilatas yang dibangun menyerupai profesi orang dewasa seperti jalan raya, kantor, rumah sakit, bank, tempat belanja, bandara, pabrik, pom bensin, dan masih banyak fasilitas profesi lain
Agar lebih jelas baca: Fasilitas Permainan di Kidzania Jakarta

Itulah 6 tempat wisata yang wajib dikunjungi sebelum datang ke tempat wisata lain di Jakarta. Seperti di sebut di atas tempat tersebut icon pariwisata Jakarta. Ada juga 15 Ide Liburan Murah di Jakarta Selain ke Tempat Wisata.

Indonesia juga mempunyai tempat wisata kategori ajaib yaitu Pulau Komodo, baca: 5 Tempat Wisata di Pulau Komodo Favorit Wisatawan Lokal dan Mancanegara.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Jakarta yang bagus-bagus, seperti di Pulau Seribu. Disana ada beberapa pulau yang sangat nyaman untuk di kunjungi hanya saja lokasinya sedikit jauh dan perlu pelayaran untuk kesana dan butuh waktu lebih dari 1 hari. Tempat yang mudah di jangkau dan sangat favorit 5 tempat diatas, semoga membantu dan bermanfaat.


EmoticonEmoticon