Rabu, 15 Februari 2017

10 Wahana di Dufan Ancol Yang Menegangkan dan Seram

Wahana di Dufan ada yang menegangkan dan ada wahana keluarga. Wahana permainan disediakan oleh pihak pengelola sangat beragam, mulai dari yang santai sampai dengan membuat jantung berdebar. Emang umumnya wahana di Dufan berupa permainan menantang nyali seseorang. Jika ingin  tantangan datanglah ke Dufan Ancol dijamin Anda akan bernafas lebih cepat.

Dufan singkatan dari Dunia Fantasi. Dunia Fantasi adalah salah satu tempat wisata terpadu yang dimiliki oleh Taman Impian Jaya Ancol Jakarta.  Jakarta punya banyak tempat rekreasi. Walau Jakarta punya tempat rekreasi banyak, tapi tetap saja ramai pengunjung. Dari sekian banyak tempat wisata, ada yang menjadi favorit,  tidak saja dari warga Jakarta tapi dari berbagai daerah.
baca: 5 Tempat Wisata di Jakarta Sangat Favorit dan Selalu Ramai Pengunjung

Ada sekitar 30 wahana di Dufan semuanya bisa dicoba tentu saja dengan membeli tiket. Tiket di Dufan pada umumnya dijual dengan by pass, artinya membayar di awal masuk untuk semua wahana. Hanya saja di Dufan setiap wahana selalu ramai pengunjung, jadi siap-siap antri.

Lantas apa saja wahana yang menyeramkan dan menegangkan di Dufan simak berikut ini

Wahana Menegangkan di Dufan

1. Tornado
Tornado adalah wahana menegangkan extrem yang dimiliki oleh Dufan. Permainan ini sangat menantang nyali seseorang untuk mencoba. Ada sebagian orang penasaran untuk naik dan sebagian lagi sangat takut.

Tornado hanya ada satu-satunya di Ancol dan di Jakarta. Permainan ini walau sangat ektrem dan menakutkan tapi banyak peminat, terbukti untuk naik ke wahana ini harus rela antri. Mereka yang ingin naik ingin mencoba atau ingin membuktikan mereka juga punya keberanian.

Di awal permainan puluhan orang duduk berjejer di atas kursi khusus depan belakang, dibatasi sebuah tiang penyangga besar sebagai ikatan. Perlahan mulai diangkat ke ke udara dan berputar ke kiri dan ke kanan. Setelah di putar-putar dan naik sampai 5 m dibalik secara tiba-tiba. Orang duduk dengan kepala kebawah, ditahan sesaat, setelah itu di putar kedepan atau ke belakang sampai semua orang berteriak histeris.

Begitulah permainan tornado sampai selesai. Serasa ingin cepat-cepat turun tapi belum selesai juga. Tapi heran ada saja yang ingin mencoba kembali lagi.

2. Halilintar
Halilintar adalah wahana menegangkan ektrem, ini termasuk wahana menantang nyali. Halilintar termasuk wahana permainan sudah lama ada di Ancol, lebih lama dari tornado, walau begitu tidak sepi peminat.

Halilintar adalah wahana permainan berbentuk kereta meluncur di sebuah rel ektrem. Pertama pemain duduk dalam sebuah kereta mini terbuka, satu baris terdapat 2 buah tempat duduk. Setelah duduk pemain dipasang alat pengaman agar nanti tidak terlempar selama meluncur.

Kereta mulai meluncur arah lurus setelah itu berbelok-belok makin lama kecepatan makin kencang. Kereta belok ke kiri dan ke kanan disertai tanjakan dan turunan tajam dengan kecepatan tinggi, sampai semua pemain berteriak histeris.

Yang paling ektrem adalah pemain dibawa ke jalur rel berbentuk 360 derajat dengan posisi balik kebelakang seperti orang salto, sangat cepat sekali sampai kita tidak bisa menentukan arah berbalik kereta.

Demikian kira-kira gambaran mengenai wahana halilintar

3. Kicir-Kicir
Kicir-kicir termasuk wahana menegangkan yang terdapat di Dufan. Kicir-kicir dilihat dari bentuknya seperti lingkaran dengan jari-jari raksasa, terdapat 6 jari-jari, di ujung jari-jari tersebut terdapat dua tempat duduk. Kicir-kicir berputar di sumbu jari-jari dan di tempat duduk.

Awal permainan orang duduk mengisi tempat duduk di semua ujung jari-jari. Setelah semuanya penuh kicir-kicir mulai berjalan normal naik turun berputar sesuai dengan naik turun jari-jari, ini putaran pengenalan.

Setelah itu putaran makin lama makin kencang dan bangku tempat duduk juga ikut berputar sehingga orang di putar kesana kemari di bolak balik tidak tentu arah. Disini terasa sensasi yang dimiliki kicir-kicir, diputar 360 derajat ke segala arah sampai semua pemain berteriak histeris.

4. Niagara-Gara
Niagara-Gara sering kali orang menyebutnya dengan Niagara saja. Niagara termasuk wahana permainan air menegangkan di kombinasi dengan bertualang menelusuri gua-gua buatan. Wahana dari Perancis ini berbentuk perahu kecil hanya muat 5 atau 4 orang saja. Tidak ada yang istimewa dari bentuk perahu tersebut, hanya saja bentuknya dibuat seperti potongan kayu ditengah seolah-olah dibuat lubang.

Awal permainan masuk ke perahu dengan melalui antri yang panjang. Setelah perahu penuh, mulai berjalan menelusuri jalur selokan kecil di area terbuka dan berbelok belok menelusuri tebing di pinggir area. Perahu berjalan sangat pelan seperti naik perahu biasa, pemain diajak untuk melihat dan menikmati suasana jalur di lorong-lorong gua buatan kurang lebih selama 7 menit.

Di akhir permainan perahu berjalan menanjak menaiki menara setinggi 20 meter, setelah itu perahu akan terjun mengikuti air terjun yang ada di Niagara, disini yang membuat permainan ini menegangkan.

5. Ombang-Ombang
Ombang-ombang wahana menegangkan menyerupai piring terbang. Wahana ini sebenarnya umum ditemui di tempat hiburan keluarga terutama yang berlokasi di out door. Bentuknya bulat dengan lingkaran besar, ditengah sedikit gelembung jadi mirip ufo. Di ujung lingkaran terdapat tempat duduk masing-masing untuk 2 orang.

Ombang ombang akan berputar berjalan normal makin lama makin kencang. Setelah itu akan dibuat miring ke kiri dan ke kanan hal ini membuat pemain naik dan turun sambil di putar dengan kencang. Sensasi diputar dengan kencang dan gaya centrifugal yang sangat kuat membuat semua pemain berteriak.

6. Hysteria
Hysteria adalah wahana permainan menegangkan ektrem yang terdapat di Dufan. Wahana ini berbentuk seperti menara tinggi 60 meter. Keliling menara terlihat seperti cincin besar, disitu terdapat 12 tempat duduk lengkap dengan pengaman. Dari bentuk dan nama saja permainan ini sudah ketahuan menegangkan. Ada orang penasaran ingin naik  tapi banyak juga yang sangat takut. Mereka berani naik hanya ingin menguji nyali saja karena sudah pasti wahana ini memacu adrenalin setiap pemain.

Setelah pengaman terpasang semua pada semua pemain kerangka cincin mulai naik, setelah itu akan dijatuhkan seolah olah terjun bebas, rasanya seperti jantung terpisah dari tubuh. Begitu seterusnya bergerak naik dengan cepat dan dijatuhkan dari ketinggian 60 meter, semua pemain sudah pasti berteriak histeris. Tapi walau demikian tetap saja banyak yang ingin mencoba. Kalau Anda takut ketinggian jangan mencoba permainan ini apalagi di jatuhkan  secara terjun bebas.

7. Pontang-Pontang
Wahana Pontang-pontang termasuk permainan menegangkan di Dufan Ancol. Sering kali salah menyebut nama permainan ini yaitu Pontang-Panting kalau Dufan memberi nama Pontang-Pontang. Pontang-pontang permainan dengan kecepatan putaran seolah-olah bertabrakan dengan yang lain. Pontang-pontang memiliki 1 tiang penyangga utama yang sangat besar, dari tiang tersebut ada 3 jari-jari besar membentang ke samping, di ujung jari-jari tersebut tergantung 4 tempat duduk, masing-masing tempat duduk bisa untuk 2 orang.

Wahana ini banyak disukai karena terlihat sederhana, tapi akan berbeda setelah mencoba bermain. Pada awal permainan jari-jari utama mulai berputar diikuti dengan 4 tempat duduk di ujung jari-jari. Putaran di tempat duduk berlawanan dengan gantungan yang lain, hal inilah yang membuat pemain seolah bertabrakan dengan teman di gantungan yang lain. Makin lama putaran makin cepat terasa dibanting ke kiri dan kanan belum lagi rasa hampir  bertabrakan dengan yang lain, dijamin pemain menjerit karena gaya centrifugal yang kuat.

8. Panic House
Panic House adalah wahana menyeramkan. Ini wahana terbaru di Dufan baru mulai operasi Juni 2016, walau wahana baru Panic House langsung diserbu oleh para pengunjung. Pengunjung tempat wisata Ancol ingin menyaksikan wahana yang menakuti mereka horor, sungguh aneh. Keinginan tersebut dijawab oleh pihak Dufan dengan Wahana Panic House.

Penonton hanya duduk dalam sebuah bioskop menyaksikan sebuah film yang menyeramkan. Didepan mata terbentang layar sangat lebar dengan 4D. Penonton akan melihat sebuah perkampungan dan rumah yang tenang sangat rilek.

Pengunjung seolah-olah masuk kesana dan merasa nyaman, tapi secara tiba-tiba suasana berubah dengan sangat menyeramkan dengan banyaknya zombie di mana mana. Mereka mengejar pengunjung tanpa ampun dengan wajah buruk dan sangat lapar. Zombie tersebut tidak pernah berhenti sebelum pengunjung menyerah. Pertunjukan ini berlangsung 5 menit tapi sudah bisa membuat kita menjerit sampai minta ampun.

9. Arung Jeram
Arung Jeram termasuk wahana air menegangkan dan wahana keluarga. Kenapa demikian, karena tidak terlalu menyeramkan tapi sudah cukup membuat pengunjung berteriak histeris dan basah kuyup. Ingin merasakan sensasi mengarungi deras ombak di alur sungai deras di kawasan pegunungan, tidak perlu jauh-jauh cukup datang saja ke Dunia Fantasi Ancol.

Jalur sungai dibangun oleh Ancol sepanjang 325 meter menyerupai sungai alami di pegunungan lengkap dengan arus deras buatan. Menggunakan pompa teknologi baik bisa mengalirkan air dengan kapasitas 1000 liter/detik. Jika mencoba permainan Arung Jeram rasakan terombang ambing dari ombak besar dan bersiap basah kuyup.

10. Bianglala
Bianglala adalah wahana keluarga bisa untuk siapa saja. Bianglala adalah permainan seperti kincir raksasa, di pinggir lingkaran terdapat kereta gantung bisa dinaiki oleh beberapa orang.

Bianglala sudah umum di jumpai di tempat hiburan hanya saja di Dufan ukurannya lebih besar dan lokasi di Ancol. Jika naik permainan ini pemandangan alam sekitar Ancol akan terlihat sangat jelas dari atas. Pemandangan di pinggir pantai dengan kawasan hijau taman Ancol, dari kejauhan terlihat laut dan Kota Jakarta.

Pemain akan di bawa berputar naik dan turun beberapa kali, tapi jangan khawatir dengan putaran pelan, hanya saja jika sedang berada di atas sangat tinggi sekali bisa merasa ngeri bagi mereka yang takut ketinggian.

Itulah 10 wahana di Dufan Ancol yang bisa di coba untuk memacu adrenalin. Jika ingin mencoba salah satu wahana menegangkan sesuaikan dengan kemampuan masing-masing agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda tidak berani dengan wahana seram dan menegangkan pilih wahana keluarga saja, masih banyak kok di Dufan hiburan lebih rilek dan nyaman. Setelah selesai bermain di Dufan coba juga wahana menarik lain masih di kawasan Ancol. Apa saja wahana selain Dufan yang terdapat di Taman Jaya Ancol?
baca: 6 Wahana Lain di Ancol Tempat Wisata Paling Populer di Jakarta

Selain itu ada tempat wisata baru permainannya mirip dengan Dufan berada di Tangerang. Disebelah Barat Jakarta tepatnya di Citra Raya Cikupa Tangerang. Tempat ini belum terlalu banyak antri seperti Dufan, ini mengetahui lebih jauh lihat World of Wonders tempat wisata baru di Tangerang

Ancol memang sudah menjadi destinasi penting bagi penduduk Jakarta dan sekitar untuk mencari hiburan terutama pada akhir pekan dan hari libur lainnya. Demikian info kali ini dari kami semoga membantu dan bermanfaat.


EmoticonEmoticon