Rabu, 26 Oktober 2016

7 Keajaiban Alam di Dunia Rekomendasi Tempat Wisata Wajib Dikunjungi

Ini juga termasuk 7 keajaiban alam paling menakjubkan di dunia rekomendasi tempat wisata wajib dikunjungi. Ketujuh tempat tersebut sangat luar biasa indah. Terbukti sejak diumumkan jadi pemenang tempat ini selalu meningkat kunjungan wisata kesana termasuk di Indonesia.

Diumumkan oleh yayasan berbasis di Swis New7Wonders pada tanggal 11.11.2011. Dari berbagai tempat di seluruh dunia, telah dikumpulkan dan dianggap paling ajaib yaitu Amazon, Halong Bay, Iguazu Falls, Jeju Island, Komodo, Puerto Princesa Underground River, Table Mountain.

Penentuan pemenang tempat wisata paling ajaib ini berdasarkan voting dari berbagai negara. Dari 440 lokasi dan lebih dari 220 negara ikut berpartisipasi, disaring menjadi 28 finalis. Dari 28 finalis tersebut terpilih 7 lokasi dianggap paling nature ajaib di seluruh dunia.

Inilah New 7 Wonders of Nature


1. Komodo, Pulau Komodo Indonesia

Komodo Island, Indonesia
Komodo
image source: flickr.com

Nah ini dia tempat wisata di Indonesia, Taman Nasional Pulau Komodo menjadi salah satu tempat paling ajaib dan indah di dunia. Berlokasi di ujung barat pulau Flores yaitu di Kabupaten Manggarai Barat. Taman Nasional Komodo terdiri dari 3 pulau besar yaitu Pulau Padar, Pulau Rinca dan Pulau Komodo itu sendiri serta berbagai pulau kecil di sekitarnya. Wilayah darat Taman Nasional Komodo 603 km2. Total luas wilayah termasuk laut 1817 km2.

Banyak keajaiban  alam bisa dilihat disana seperti padang rumput savana, panorama bawah laut. Sebagai daya tarik pendukung tempat ini. Kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu memancing, snorkeling, diving, pengamatan satwa, hiking dan lainnya.

Tapi yang paling istimewa adalah satwa komodo. Reptil ini sudah langka, hanya ada di alam terbuka di Pulau Komodo saja. Tidak ada ditemukan lagi di tempat lain selain disini. Istimewanya lagi merupakan binatang purba (dinosaurus) terbesar yang masih tersisa di muka bumi.

Agar lebih jelas baca: 5 Tempat Menarik di Pulau Komodo Paling Banyak Dikunjungi

Untuk berkunjung ke Pulau Komodo kota terdekat adalah Labuan Bajo. Penerbangan tersedia hanya penerbangan domestik. Penerbangan Internasional tidak ada ke Labuan Bajo. Jika dari luar Indonesia harus menuju Bandara Internasional terdekat. Agar lebih jelas disini 7 Kota Penerbangan Langsung ke Labuan Bajo

2. Amazon, Amerika Selatan

Amazon Rainforest, South America
Hutan Hujan Amazon
image source: wikimedia.org

Amazon adalah hutan hujan paling luas di dunia yaitu sekitar tujuh juta kilometer persegi. Terdiri dari hutan, lembah dan sungai. Hutan hujan Amazon dikenal juga sebagai Amazonia, hutan Amazon atau Lembah Amazon. Terletak di Amerika Selatan membentang pada beberapa negara, Bolivia, Brasil, Colombia, Ekuador, French Guiana, Guyana, Peru, Suriname dan Venezuela.

Tempat wisata ajaib ini luasnya mencapai sekitar 40 persen dari luas Benua Amerika Selatan. Hutan Amazon juga berkontribusi terhadap sekitar 54 persen dari total hutan hujan yang masih tersisa di bumi. Ekosistem Amazon juga merupakan rumah bagi ribuan spesies tanaman dan hewan.

Sungai Amazon adalah sungai terbesar di dunia dalam hal volume. Debit air rata-rata sekitar 209.000 meter kubik per detik. Lembah Amazon adalah drainase basin terbesar di dunia, dengan luas sekitar 7.050.000 kilometer persegi, menyumbang sekitar seperlima dari aliran sungai total dunia.

Sungguh sangat luar biasa. Dengan segala yang dimiliki oleh Hutan Amazon banyak orang tertarik datang ke tempat ini. Sekedar berwisata atau mengadakan penelitian.

3. Ha Long Bay, Vietnam

Ha Long Bay, Vietnam
Ha Long Bay
image source: wikimedia.org

Ha Long Bay adalah teluk terletak di Utara Vietnam dengan luas area ±1.500 km², memiliki garis pantai sepanjang 120 km. Ha Long Bay terletak di dalam teluk Tonkin dekat perbatasan Tiongkok, berjarak sejauh 170 km timur Hanoi.

Halong Bay termasuk keajaiban alam dunia dan merupakan tempat wisata paling indah di Vietnam. Halong Bay memiliki lebih dari seribu batu kapur mengagumkan dan beberapa pulau dari berbagai ukuran membentuk sepanjang 120 km garis pantai dari Pantai Bai Chay.

Tempat ini juga sangat luar biasa indah salah satu tempat wisata wajib dikunjungi jika ke Vietnam.

4. Iguazu Falls, Argentina, Brazil

Iguazu Falls, Argentina, Brazil
Iguazu Falls
image source: flickr.com

Iguazu Falls adalah air terjun terbesar di muka bumi. Iguazu Falls berada pada lokasi Sungai Iguazu dan Iguazu National Park di perbatasan negara bagian Paraná, Brasil dan provinsi Misiones Argentina.

Air terjun Iguazu berbentuk setengah lingkaran. Terdiri dari banyak air terjun yaitu sekitar 275 buah. Semua air terjun menyemprotkan air yang banyak, hal itu yang membuat pemandangan sangat indah. Iguazu Falls memiliki lebar bentangan 2,7 kilometer. Mempunyai bervariasi tinggi antara 60 meter sampai 82 meter. Oleh karena itu Iguazu Falls lebih tinggi dari Niagara Falls dan dua kali lebih lebar.

Lokasi ini juga menjadi tempat wisata paling diminati di Amerka Selatan, bisa dikunjungi melalui Brazil atau Argentina.

5. Jeju Island. Korea Selatan

Jeju Island. South Korea
Jeju Island
image source: flickr.com

Jeju adalah sebuah pulau indah di Korea Selatan. Memiliki banyak tempat wisata alam yang indah untuk dapat memanjakan mata.

Tempat yang bisa dikunjungi
> Seongsan Ilchulbong Peak (Puncak Matahari Terbit)
> Mok Seok Won taman karya seni
> Taman Pelestarian Lingkungan
> Goa-goa indah
> Jungmun Resort Yeomiji Botanical Garden

Pulau vulkanik dengan luas permukaan 1.846 kilometer persegi terletak di lepas pantai Semenanjung Korea. Pulau ini terbuat dari letusan gunung berapi sekitar 2 juta tahun lalu. Memiliki iklim subtropis lembab lebih hangat dibandingkan dengan wilayah Korea lain. Jadi cuaca juga lebih bersahabat bagi Anda yang terbiasa dengan suasana panas.

6. Puerto Princesa Underground River, Filipina

Puerto Princesa Underground River, Filipina
Puerto Princesa
image source: wikimedia.org

Puerto Princesa Underground River tempat wisata ajaib di Filipina. Sungai bawah tanah Puerto Princesa ini merupakan paling panjang dan paling mengesankan di dunia. Sungai ini mengalir di dalam gua dan langsung bermuara ke Laut China Selatan. Panjang sekitar 8,2 Km. Daerah ini juga merupakan habitat penting bagi konservasi keanekaragaman hayati.

Puerto Princesa River National Park memiliki batu kapur indah. Bagian hilir sungai air payau langsung ke laut. Kedalamannya bervariasi terpengaruh dengan pasang surut. Terdapat gua sungai memiliki beberapa ruang besar dengan ukuran lebar 120 m panjang 60 m.

7. Table Mountain Afrika Selatan

Table Mountain, South Afrika
Table Mountain
image source: geograph.ie

Table Mountain adalah sebuah gunung datar menyerupai meja. Gunung ini termasuk daerah Taman Nasional Gunung Meja terletak di Kota Cape Town, Afrika Selatan. Merupakan salah satu tempat wisata paling ajaib di bumi. Diperkirakan gunung datar seperti meja ini terbentuk dari erosi enam juta tahun lalu.

Table Mountain merupakan tempat objek wisata dataran tinggi sekitar 3 kilometer dari sisi ke sisi. Mempunyai dataran tinggi, diapit oleh Puncak Iblis di Timur dan Kepala Singa di Barat. Membentuk latar belakang yang dramatis ke kota Cape Town.

Ada sekitar 2.200 spesies tanaman ditemukan di Table Mountain dan 1.470 spesies bunga. Banyak tanaman dan bunga endemik juga di gunung ini. Tempat ini juga menjadi tempat wisata favorit di Afrika Selatan. Selain tempat wisata juga sering dijadikan tempat shooting film hollywood maupun dari negara lain.

Itu tadi 7 keajaiban alam versi New7wonders. Sebelumnya organisasi ini juga telah mengumumkan 7 keajaiban dunia baru dibangun lebih dari 2000 tahun lalu. Info lengkapnya disini 7 Keajaiban Dunia Baru Paling Ajaib Yang Pernah Dibangun Manuasia

Semoga dapat membantu dalam memilih liburan. Jika artikel ini bermanfaat bagi ke teman melalui media sosial Anda dengan tombol dibawah ini.


EmoticonEmoticon