Kamis, 24 November 2016

4 Makanan Enak Khas NTT Jika Berkunjung Ke Pulau Komodo

Makanan Enak Khas NTT - Wisata tidak terlepas dari makanan, lalu apa makanan khas daerah sekitar Pulau Komodo. Daerah ini wilayah Labuan Bajo, Manggarai Nusa Tengara Timur khas makanan di sekitar daerah ini masih sama dengan makanan daerah NTT dan NTB.

Daerah NTT ada tempat wisata sangat terkenal ke seluruh dunia yaitu wisata alam Taman National Komodo. Tempat ini menjadi salah satu keajaiban alam paling menakjubkan di dunia, info wisata baca disini 5 Tempat Wisata di Pulau Komodo Yang Paling Banyak Dikunjungi

Lalu Kuliner apa mesti dicicipi disini. Sebenarnya banyak makanan daerah ini perlu di coba terutama seafood mereka. Banyak sekali makanan dari ikan dengan sajian masih segar untuk mengundang selera makan. Ada beberapa kuliner perlu Anda coba yang pasti lezat.

1. Se’i, Daging Sapi Asap

Se'i Daging Asap
Se'i
image source: seihouse.blogspot.co.id

Se’i adalah daging dimasak menggunakan panas dari asap bukan dengan lidah api. Cara panggang makanan ini tungku dibuat berjarak jadi daging jauh dari lidah api.

Kayu yang digunakan untuk memanggang juga khusus yaitu kayu kosambi, konon kayu kosambi hanya tumbuh di daerah Timor. Kayu kosambi banyak menghasilkan asap sudah menjadi ciri khas daerah sana. Asap tersebut menjadi ciri khas masakan ini yaitu dapat membunuh bakteri dan jamur pada daging, dengan demikian dapat disimpan lebih lama.

Se'i bisa langsung di santap setelah matang dan bisa juga beberapa waktu kemudian. Kalau tidak langsung dimakan daging terlebih dahulu di masak kembali.

Ciri khas sei'i adalah daging tipis diiris memanjang kecil-kecil. Dulu daging yang digunakan adalah daging rusa tapi sekarang sudah diganti dengan daging sapi atau bisa juga daging babi karena daging rusa sudah langka.

Se'i perlu dicoba kalau berkunjung ke NTT atau ke Pulau Komodo di Labuan Bajo. Dengan aroma daging dan warna tetap terjaga membuat makanan ini banyak disukai oleh wisatawan Mancanegara.

2. Jagung Bose

Jagung Bose
Jagung Bose
image source: tokopedia.com

Jagung bose ini menjadi khas makanan Timor, sayang kalau tidak mencoba karena telah berkunjung ke daerah ini.  Merupakan masakan tradisional dikenal dengan jagung bose menjadi makanan pokok pengganti nasi. Jagung bose biasa di sajikan pada acara adat daerah sana.

Jagung bose terbuat dari jagung putih dengan ditambah sedikit garam dan santan agar menambah cita rasa makanan tersebut. Disajikan dengan makanan lain seperti daging se’i, karmanaci, dan lawar ikan.

3. Sambal Ikan Teri
Jangan lupa coba juga yang ini. Daerah ini banyak sekali makanan dari ikan salah satunya sambal ikan teri kalau ingin sesuatu yang beda. Teri di goreng menggunakan minyak panas ditambah bumbu lengkuas, daun jeruk, garam dan lain-lain. Sebenarnya banyak sambal ikan teri didaerah lain cuman disini beda aja.

4. Kolo, Nasi Bakar
Kolo atau Nasi bakar merupakan kuliner khas dari Manggarai, Nusa Tenggara Timur, yaitu  nasi dimasak menggunakan bambu lalu dibakar. Wadah untuk memasak yaitu menggunakan bambu muda di dilapisi daun pisang. Beras dicampur bumbu dimasukkan kedalam bambu yang telah disediakan setelah itu baru dibakar sampai matang.

Rasanya sangat gurih dan nikmat, jadi tidak rugi kalau mencoba. Cita rasa makin sedap dimana terdapat aroma daun pisang sebagai tempat menutup bambu.

Selain makanan Nusa Tengara Timur juga mempunyai kerajinan tangan yang  bisa jadi oleh-oleh setelah berkunjung ke daerah ini. Kerajinan tangan yang paling terkenal adalah kain tenun khas NTT.

Ada juga alat musik sasando dan topi ti'i langga dari Pulau Rote. Pulau yang berada paling Selatan NTT bahkan paling Selatan Indonesia ini mempunyai ragam budaya. Dua souvenir tersebut yaitu sasando dan topi ti'i langga banyak menyimpan cerita dan makna selain sebagai alat musik dan sekedar topi. Agar lebih jelas baca Daya Tarik Sasando dan Makna Dibalik Topi Ti'i Langga.

Itu tadi 4 makanan Enak Khas NTT perlu di coba jika lagi berkunjung ke Pulau Komodo, Labuan Bajo atau pada umumnya berkunjung ke NTT. Semoga dapat membantu dan menjadi pilihan wisata kuliner.


EmoticonEmoticon