Rabu, 21 Desember 2016

16 Tips Sewa Kapal ke Pulau Komodo Agar Biaya Murah

Tips sewa kapal sailing (pelayaran) ke Pulau Komodo ini semoga dapat membantu wisatawan agar dapat biaya murah berkunjung ke salah satu destinasi menakjubkan ini. Biaya murah selalu menjadi pilihan setiap akan mengunjungi tempat wisata di mana saja. Biaya murah bukan berarti dengan perjalanan fasilitas kurang, tapi biaya yang dikeluarkan sesuai dengan fasilitas didapat atau lebih rendah.

Kenapa Sailing ke Pulau Komodo?

Kenapa tidak Wisata ke Pulau Komodo saja langsung.

Karena kalau mau wisata ke Pulau Komodo dan daerah sekitar harus ditempuh dengan perjalanan laut. Komodo National Park terdiri dari banyak pulau. Di masing-masing pulau tersebut menawarkan keindahan alam berbeda-beda tentu saja sangat indah, pengunjung akan merasa dimanjakan oleh alam setelah sampai disana.

Tiga pulau utama Komodo National Park adalah, Pulau Komodo itu sendiri, Pulau Rinca dan Pulau Padar masih jauh dari Labuan Bajo harus ditempuh dengan perjalanan laut. Selain tiga pulau tersebut masih banyak pulau kecil lain disekitar sayang kalau dilewatkan karena Anda sudah sampai di sana.

baca : 5 Destinasi yang Menjadi Daya Tarik Pulau Komodo

Karena banyak pulau dan banyak tempat wisata yang harus di kunjungi maka disebut Sailing ke Pulau Komodo.

Wisata ke Pulau Komodo lebih banyak melakukan pelayaran dan singgah di pulau-pulau kecil lain hendak di kunjungi, oleh karena itu tips ini lebih menitik beratkan pada pemilihan kapal atau sewa kapal.

Kapal ke Pulau Komodo
Kapal Pinisi
image source: komodoboat.com

Tips Sewa Kapal Sailing ke Pulau Komodo


1. Sewa kapal dapat dilakukan dengan 2 cara
1. Menggunakan Paket Wisata
2. Sewa langsung ke Pemilik Kapal atau ke Agen Kapal
Pilih salah satu saja, untuk lebih jelas lihat berikut ini
keterangan : tips no. 2-7, Sailing Menggunakan Paket Wisata
2. Kelebihan Menggunakan Paket Wisata
Jika memilih menggunakan paket wisata ada banyak kelebihan didapat. Perjalanan wisata sudah dikemas dalam satu paket tinggal pilih saja paket mana yang cocok.

Biasanya dalam Paket tersebut sudah termasuk biaya kapal, makan dan minum, snorkeling trip, biaya masuk lokasi, biaya Ranger (Pemandu di Pulau Komodo atau di Pulau Rinca) dan lainnya disebutkan dalam paket yang dipilih.

Jadi pengunjung punya waktu lebih untuk menikmati betapa exotic dan cantik destinasi Pulau Komodo dan sekitarnya.

3. Contoh Paket Wisata
Banyak sekali paket wisata ke Pulau Komodo yang bisa dipilih. Lebih umum menggunakan hari, seperti Paket Wisata Komodo 1 Hari, Paket Wisata 2 Hari 1 Malam, Paket Wisata 3 Hari 2 Malam, atau Paket Wisata khusus seperti mengunjungi salah satu destinasi, Paket Wisata Bulan Madu dan banyak lagi pilihan lain.

Biaya paket wisata tersebut lebih banyak dipengaruhi oleh sewa boat. Berapa hari boat akan digunakan.

4. Kapan waktunya booking Paket Wisata
Paket Wisata tersebut dapat di pesan di berbagai Agen Wisata atau Perusahaan Wisata, bisa juga di Travel Perjalanan. Agen wisata tersebut umumnya berlokasi di Labuan Bajo.

Untuk memesan paket-paket wisata tersebut pengunjung bisa memesan setelah sampai di Labuan Bajo mendatangi langsung ke lokasi atau via telpon dan online.

Khusus jika ingin mencari paket wisata langsung ke lokasi umumnya pengunjung menginap 1 malam di Labuan Bajo, sambil mencari paket wisata yang cocok Anda dapat menikmati suasana kota Labuan Bajo atau bersiap untuk mencari oleh-oleh akan dibawa pulang nanti.

Dari hotel juga menawarkan paket wisata sailing ke Pulau Komodo dengan berbagai pilihan. Jadi banyak pilihan tergantung kondisi pengunjung.

Kalau ingin lebih nyaman pesan jauh hari sebelum berkunjung, bisa via telpon atau via online jika Agen Wisata tersebut menyediakan web. Kalau sudah dipesan jauh-jauh hari biasanya pihak Agen Wisata menjemput wisatawan langsung ke bandara atau dari hotel tempat menginap menuju pelabuhan untuk sailing ke Komodo National Park.

5. Destinasi Yang Akan Dikunjungi
Sebelum memutuskan paket wisata yang akan dipilih, hal utama yang perlu ditanya kepada Agen Wisata  adalah destinasi apa saja yang akan dikunjungi. Hal ini sangat penting karena tujuan berlayar adalah melihat tempat-tempat indah sesuai keinginan. Jangan sampai tempat favorit Anda lewat karena lupa menanyakan hal ini. Contohnya, rombongan peserta wisata ingin ke Pulau Kananga, karena lupa menanyakan akhirnya lewat.

Jika destinasi yang diinginkan tidak ada dalam Paket Wisata, Anda boleh negosiasi untuk memasukkan destinasi tersebut pada Agen bersangkutan tentu saja dengan pertimbangan harga bisa bertambah atau berkurang.

6. Fasilitas Di Dalam Kapal
Jangan lupa bertanya mengenai fasilitas dalam kapal selama pelayaran. Umumnya wisata ke Pulau Komodo memerlukan waktu lebih dari 1 hari, jadi tidur dalam kapal. Ada atau tidak kamar tidur? muat berapa orang? Tanyakan juga kamar mandi, wc, air bersih, tersedia atau tidak. Fasilitas lain yang penting juga adalah  makan siang, makan malam, kalau perlu tanyakan menu. Bisa jadi menu yang tersedia Anda tidak suka.

7. Biaya Lain
Untuk masuk ke Komodo National Park pengunjung dikenakan biaya. Selama trekking di Pulau Komodo atau di Pulau Rinca dibantu oleh seorang Ranger. Ranger adalah pemandu selama pengunjung melihat atau mencari binatang purba tersebut. Jangan lupa juga biaya masuk atau biaya Ranger sudah termasuk apa belum, tapi pada umumnya jika menggunakan Paket Wisata, biaya tersebut sudah di cover semua. Tidak ada salah bertanya dulu sebelumnya, termasuk kegiatan lain agar dapat paket wisata dengan biaya murah.
keterangan : tips no. 8-16, Menyewa Kapal Langsung ke Pemilik Kapal
Jika ingin menyewa kapal langsung ke pemilik Anda harus sudah sampai di Labuan Bajo dan menginap 1 malam. Berikut tips selanjutnya.

8. Cara Menuju Labuan Bajo
Menyewa kapal langsung ke pemilik pengunjung lebih leluasa memilih kapal bahkan bisa melihat langsung kapal yang mau disewa. Sebelumnya pengunjung harus sudah sampai di Labuan Bajo jika ingin menyewa kapal langsung ke pemilik atau agen.

Untuk menuju Labuan bajo dapat ditempuh dengan transportasi udara, darat, maupun laut. Bagi yang menggunakan transportasi udara tidak semua kota melayani penerbangan ke Labuan Bajo, hanya beberapa kota saja baru ada. Paling umum penerbangan dari Jakarta atau dari Bali menuju ke Labuan Bajo. Penerbangan International tidak bisa langsung ke Bandara Komodo

baca : 7 Penerbangan Domestik Langsung ke Labuan Bajo

9. Akomodasi di Labuan Bajo
Setelah sampai di Labuan Bajo pengunjung bisa langsung mencari kapal atau mencari hotel atau penginapan.

Kenapa mencari hotel?

Pada umumnya berlayar ke Komodo National Park pagi hari, jadi kalau baru mau menyewa kapal berlayar esok hari. Ada banyak pilihan hotel di Labuan Bajo mulai dari bintang 4, homestay, one nightstay atau penginapan murah.

baca : 4 Pilihan Harga Hotel di Labuan Bajo

10. Dimana Tempat Menyewa Kapal Langsung
Jika memesan kapal secara langsung, maka kapal dapat ditemukan di Pelabuhan Labuan Bajo. Pelabuhan Labuhan Bajo banyak sekali kapal bersandar disana, pengunjung tinggal pilih dan menanyakan langsung pada mereka. Sebagian besar kapal tersebut emang untuk sewa berlayar ke Pulau Komodo, walaupun ada juga kapal untuk penduduk setempat menuju ke pulau-pulau lain. Lokasi Pelabuhan dekat dengan Bandara atau pusat Kota Labuan Bajo hanya sekitar 20 menit sampai 25 menit.

11. Pilih Kapal Sesuai Kebutuhan
Ada  banyak sekali pilihan  kapal untuk berlayar ke Pulau Komodo dan sekitarnya. Supaya biaya perjalanan Anda bisa ditekan pilih kapal sesuai kebutuhan dengan tidak mengesampingkan kenyamanan selama dalam perjalanan mengingat butuh lebih dari 1 hari untuk menikmati berbagai destinasi yang ada di Komodo National Park. Kapal ada yang berukuran besar, sedang, kecil. Begitu juga dengan kapasitas dan fasilitas yang ada didalamnya. Mau sewa satu kapal atau bergabung dengan orang lain ini yang paling penting.

12. Kapasitas Kapal
Seperti di disinggung diatas kapasitas kapal mempengaruhi kenyamanan Anda selama pelayaran. Kalau rombongan terdiri dari 4 orang mungkin bisa berlayar dengan kapal kecil tidak tergabung dengan orang lain. Umumnya menyewa satu kapal biaya lebih besar dibanding dengan tergabung dengan banyak orang. Untuk menekan biaya Anda bisa mengajak orang lain bergabung dengan Anda atau Anda bergabung dengan kapal rombongan orang lain.

13. Kamar Tidur dan Perlengkapan
Sama seperti ikut dengan Paket Wisata jangan lupa bertanya mengenai fasilitas kapal selama trip ke Pulau Komodo. Berapa kamar tidur dan muat berapa orang, ada AC atau tidak. Bisa jadi walau kapal mempunyai kapasitas besar tapi hanya menyediakan 2 tempat tidur sedangkan Anda sudah terlanjur diisi beramai-ramai.

14. Air Bersih dan Kamar Mandi
Hal yang paling sensitif dalam pelayaran adalah air bersih untuk mandi. Ditengah laut air tawar menjadi barang langka, apalagi melakukan pelayaran berhari-hari. Jangan lupa menanyakan air bersih, kamar mandi dan toilet.

15. Makan dan Minum
Tidak ada warung di tengah laut. Biasanya makan dan minum sudah disediakan ketika menyewa kapal, tapi alangkah baik jika menanyakan hal ini juga. Boleh juga menanyakan menu, bisa jadi menu makan tidak cocok dengan makanan yang di sediakan, sedangkan Anda berada dalam pelayaran. Kebanyakan menu yang disediakan adalah ikan. Kalau tidak cocok dengan menu tersebut bisa disiapkan sendiri ketika berada di Labuan Bajo atau mencari pilihan lain.

16. Lain lain
Umumnya kalau menyewa kapal langsung ke pemilik biaya pada saat di tempat ditanggung oleh pengunjung, seperti biaya masuk ke Komodo National Park, biaya Ranger, biaya kamera dan lainnya. Hal ini juga sudah di antisipasi sebelumnya. Jangan lupa juga membawa obat-obatan selama dalam perjalanan beberapa hari mengingat wisatawan banyak berada di alam terbuka.

Semoga sukses dalam liburan, jika sudah selesai wisata ke Pulau Komodo jangan lupa beli oleh-oleh. Ada beberapa pilihan oleh-oleh yang sudah terkenal di Nusa Tengara Timur yaitu:
> Kain Tenun Khas NTT
> Sasando
> Topi Ti'i Langga

16 Tips Sewa Kapal ke Pulau Komodo ini semoga bermanfaat dan dapat biaya murah. Kalau menurut Admin lebih lebih baik sewa kapal ke pemilik langsung di pelabuhan. Jika artikel ini bermanfaat bagi ke teman melalui media sosial dibawah ini.


EmoticonEmoticon