Senin, 20 Februari 2017

9 Rekomendasi Makanan Khas Bali Paling Enak dan Terkenal

Makanan khas Bali enak sekaligus terkenal banyak. Biar tidak bingung kami pilih 9 saja paling terkenal dan favorit wisatawan jika sedang berkunjung. Kami melihat beberapa web menampilkan banyak makanan khas Bali di rekomendasi untuk di coba, bisa sampai puluhan. Emang banyak makanan Bali, tapi kalau di tampilkan semua malah pembaca bingung mau pilih yang mana, terutama yang baru pertama kali ke Bali.

Liburan di Bali selalu menjadi favorit wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Favorit karena tempat wisata di Bali banyak sekali, mulai dari wisata pantai, wisata religi, wisata alam pegunungan dan wisata kuliner. Wisata pantai paling terkenal yaitu Pantai Kuta.

Wisata kuliner di Bali juga terkenal lezat, makanan tersebut asli dari daerah setempat. Kuliner di Bali sedikit berbeda dengan kuliner di daerah lain seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan. Perbedaan lebih banyak pada bumbu dan bahan daging yang digunakan. Di Bali banyak bahan makanan mengunakan daging babi, untuk itu bagi mereka yang tidak boleh makan babi lebih berhati-hati.

Walau sekarang sudah banyak tempat makan halal cuman kadang tempatnya masih jarang atau berjauhan, kadang dibutuhkan kendaraan untuk menuju kesana, jika belum menyewa kendaraan coba tips ini, 7 Tips Cara Sewa Mobil di Bali Untuk Wisata

Setelah sewa mobil dan singgah di tempat wisata menikmati keindahan alam dan suasana Pulau Bali yang religius dan jangan lupa cari hotel juga sebelum terlalu malam. Setelah itu tentu Anda sudah mulai lapar.


Makanan Khas Bali Paling Enak dan Terkenal


1. Ayam Betutu / Bebek Betutu

Ayam Betutu

Makanan khas Bali terkenal pertama adalah Ayam Betutu. Betutu ada yang menggunakan daging ayam dan ada yang menggunakan daging bebek, keduanya sama saja perbedaan hanya pada bahan daging saja, lebih suka mana, ayam atau bebek.

Ayam Betutu selalu jadi omongan setiap wisatawan pulang dari Bali. Masakan pedas ini menjadi icon khas Bali yang sudah terkenal. Konon makanan tradisional ini juga merupakan makanan disukai para Raja.

Jika Anda penggemar wisata kuliner harus mencoba makanan ini. Rasanya sangat khas dengan banyak bumbu di dalam kerangka ayam membuat pencinta makan ketagihan dan tambah terus.

Ciri khas Ayam Betutu terletak pada bumbu. Bumbu yang telah di racik dimasukkan dalam perut ayam, setelah itu di bungkus dengan daun pisang, kemudian dimasak menggunakan bara api beberapa jam.

Dengan dimasak lama dan memasukkan bumbu ke dalam perut ayam bertujuan agar bumbu meresap pada daging sehingga masakan menjadi lebih sedap. Nah itu keistimewaan ayam betutu.

2. Sate Lilit
Sate lilit makanan khas Bali juga sangat populer kita dengar. Bahan sate ini juga beragam, dari daging dan dari ikan, paling di favorit yang dari ikan.

Sate lilit rasanya nikmat sekali gurih dengan cita rasa pedas manis, aroma juga wangi, sehingga sekali mencoba jadi kepingin terus.

Proses masak sate lilit yang menjadi ciri khas adalah, ikan tenggiri atau daging digiling atau dicincang terlebih dahulu setelah itu dicampur dengan bumbu khas Bali selanjutnya dililitkan pada batang serai. Karena dililit bukan ditusuk maka dari itu namanya sate lilit. Aroma wangi timbul dari batang serai dan bumbu-bumbu khas lain membuat sate ini banyak penggemar.

3. Nasi Jinggo
Nasi jinggo juga sudah sangat sering kita dengar, nasi yang satu ini juga mengingatkan kita pada nasi kucing di Yogyakarta atau di Solo karena porsi kecil.

Nasi jinggo biasanya dikemas dengan daun pisang dalam porsi kecil, jadi kalau belum kenyang boleh 2 porsi atau lebih.

Dalam 1 kemasan terdapat nasi putih lengkap dengan ayam suwir, tempe goreng, mie goreng dan sambal pedas. Bisa juga dengan tambahan lauk lain tergantung tempat membeli.

Nasi jinggo dengan menu sederhana mungkin lebih cocok untuk sarapan pagi atau malam tapi kapanpun mau juga boleh atau ingin sekedar mencoba.

4. Srombotan
Srombotan adalah sayuran-sayuran dimasak setengah matang di beri bumbu kalas. Makanan ini hampir mirip pecal kalau di Jawa Timur atau Jawa Tengah.

Sayuran terdiri dari buah botor muda, toge, paku, kubis dan lainnya. Bumbu kalas yaitu santan, lengkuas, ketumbar, kencur, bawang putih dan bawang merah, dimasak sampai kental.

Waktu makan disajikan dengan nasi campur dilengkapi kacang goreng dan ubi. Rasanya sedap, jika berkunjung ke Bali tidak ada salahnya mencoba makanan ini.

5. Be Guling (Babi Guling)
Babi Guling sebenarnya makanan umum di dunia tapi di Indonesia hanya terdapat pada daerah tertentu saja karena Indonesia mayoritas penduduk muslim. Orang muslim dilarang makan babi. Di Bali be guling juga sangat terkenal dengan citra rasa yang khas.

Be guling di Bali terkenal dari daerah Gianyar. Anak babi dikeluarkan isinya dan diisi dengan bumbu rempah-rempah dan sayuran. Setelah itu dibakar dengan di guling-guling sampai matang. Setelah itu di potong disajikan dengan makanan lain seperti lawar dan berbagai minuman.

6. Lawar
Lawar merupakan makanan populer juga di daerah Bali. Makanan ini terbuat dari campuran daging dengan sayuran. Lawar mempunyai citra rasa pedas umumnya masakan Indonesia.

Daging untuk membuat lawar bisa dari daging sapi, babi, daging ayam atau bebek, tergantung kesukaan masing-masing. Sayur yang digunakan juga bermacam-macam seperti kacang panjang atau jenis kacang lainnya, buah nangka yang masih muda, pepaya muda yang masih hijau, daun jarak.

Daging dan sayur bercampur dengan parutan kelapa membuat citra rasa yang khas, disajikan dengan nasi dan makanan Khas Bali lain.

7. Sate Plecing
Sate plecing juga tidak asing lagi kita dengar karena emang sudah sangat terkenal dan enak, jika datang ke Bali coba rasakan nikmatnya makanan khas ini.

Sate plecing sama dengan sate pada umumnya yang banyak di jumpai di daerah lain, yang membedakan yaitu bumbu dan daging yang digunakan.

Sate ini menggunakan bumbu plecing, yaitu sambal tomat ditambah terasi cabe dan dan jeruk limau. Nah itu bahan membuat plecing, bagi orang Bali dan Lombok sudah tidak asing lagi dengan bumbu plecing ini.

Sate ini bisa menggunakan daging babi, daging ayam, daging sapi, jadi kalau mau makan teliti dulu dagingnya biar ngak salah makan.

8. Bubur Mengguh
Bubur Mengguh salah satu makanan enak khas Bali perlu di coba jika sedang berkunjung ke Bali. Makanan ini bisa jadi alternatif pilihan untuk sarapan pagi atau sekedar ingin jajan. Di Jakarta ada bubur ayam yang biasa untuk sarapan pagi dan kadang untuk sarapan bayi. Nah bubur Mengguh hampir mirip dengan bubur ayam.

Bubur yang tergolong gurih ini mempunyai bahan makanan lengkap. Bagaimana tidak bahan utama  untuk membuatnya dari beras dan daging ayam, selain itu masih ditambah kacang tanah dan kacang panjang. Dilihat dari bahan yang digunakan nilai gizi sudah lengkap jadi cocok untuk sarapan.

Untuk penyedap bubur mengguh menggunakan bahan rempah rempah seperti cabai, bayang, kunyit dan berbagai bumbu lain. Dilihat dari bahan dan rempah rempah yang digunakan bubur ini lezat sekali. Untuk mencoba bubur mengguh tidak sulit menemukannya, biasa kalau di hotel di sediakan untuk sarapan atau di warung pinggir jalan juga ada.

9. Sate Kakul
Makanan lain yang wajib di coba adalah sate kakul. Sate kakul selain lezat juga unik, biasanya sate menggunakan daging kambing, daging ayam tapi kalau yang ini lain yaitu menggunakan kerang. Selain itu bumbu yang digunakan bukan bumbu kacang atau bumbu kecap tapi bumbu plecing.

Dilihat dari bahan daging dan bumbu yang digunakan pasti membuat penasaran bagi yang mania kuliner. Bagi yang ingin mencoba sate kakul ini temukan di Denpasar Jl. Gatot Subroto, di daerah Gianyar, di daerah Ubud dan mungkin daerah lain yang menjual sate kakul.

Setelah makan kembali lagi mengunjungi tempat wisata salah satu yang kami rekomendasi, wisata pantai sekaligus wisata religi adalah Tanah Lot.
baca: 7 Tempat Menarik di Tanah Lot Yang Harus Dilihat

Wisata pegunungan dan danau yaitu 7 tempat wisata di sekitar Kintamani.

Demikian 9 makanan khas Bali yang Enak dan Terkenal wajib di coba jika sedang berkunjung ke Bali. Sebenarnya makanan khas Bali masih banyak yang lain seperti be paseh mesambel matah, rujak kuah pindang, tipat blayang, Nasi Tepeng, nasi campur, brengkes, timbungan dan lain-lain. Kami hanya pilih 9 saja yang menurut kami unik dan enak dan mungkin cocok bagi mereka yang lagi berkunjung.


EmoticonEmoticon