Jumat, 27 Januari 2017

Sejarah dan Mitos Pura Tanah Lot - 7 Lokasi Menarik Harus Dilihat

Tanah Lot Bali menarik sebagai tempat wisata, ada sejarah dan mitos yang kuat serta ada 7 lokasi harus dilihat jika berkunjung ke destinasi populer ini. Area di kawasan Pura Tanah Lot luas sekali, kadang kalau langsung berkunjung tanpa mencari tahu apa yang mesti dilihat bisa saja lewat tempat-tempat menarik disana, padahal Anda sudah datang dari jauh.

Tanah Lot Bali adalah suatu lokasi wisata religius dimana lokasi pura unik dengan perpaduan pemandangan alam natural membuat tempat ini menakjubkan.

Lokasi ini termasuk favorit wisatawan lokal dan mancanegara, bagi Propinsi Bali juga termasuk icon pariwisata mereka bersama dengan Pantai Kuta. Setiap orang berkunjung ke Pulau Bali hampir pasti mampir di Tanah Lot begitu juga dengan Pantai Kuta.

baca juga ini: 32 Daya Tarik Pantai Kuta Tempat Wisata No. 1 di Indonesia

Pura Tanah Lot adalah tempat suci agama Hindu terletak di tepi pandai atau bisa juga disebut ditengah laut, kenapa demikian? Bila air laut sedang pasang, Tanah Lot berada di tengah laut karena area sekitar tertutup dengan air, tapi jika air laut surut lokasi ini menyatu dengan daratan dan dapat dilewati dengan berjalan kaki sampai ke lokasi pura.

Tanah Lot termasuk Pura Kayangan Jagat di Bali, tempat memuja dewa laut. Karena lokasi unik dan pemandangan alam indah maka sekaligus jadi tempat wisata.

Pura Tanah Lot
Tanah Lot
image source: wikimedia.org


Tempat Menarik Sekaligus Sejarah dan Mitos Pura Tanah Lot


1. Lokasi Pura Sangat Unik di Atas Sebongkah Batu Karang di Tengah Laut
Lokasi pura berada diatas batu karang sangat unik sekaligus menjadi daya tarik tersendiri. Pada saat air laut pasang, pura akan terlihat berada di tengah laut, tidak bisa dilewati dengan berjalan kaki, tapi ketika air laut surut di sore hari, kita bisa berjalan menuju pura melewati batu karang.

Di waktu air surut di sekitar pura kita dapat bermain-main layaknya bermain di pantai pada umumnya. Lokasi pantai terlihat luas lengkap dengan pasir putih. Disini banyak wisatawan berjalan-jalan sambil menikmati suasana alam natural. Mengambil foto, bermain pasir, mencari kerang atau ikan tertinggal karena air laut surut.

Pada saat air surut juga kita bisa menghampiri tebing pura dari dekat, tapi untuk masuk ke pura di atas karang tidak diperbolehkan, hanya mereka yang ingin melakukan pemuja saja boleh naik ke atas pura. Kami pernah mencoba naik tapi baru sampai anak tangga saja sudah banyak teriakan turun turun.

Di bawah pura, di batu karang terdapat lubang-lubang kecil seperti gua, gua tersebut ditempati banyak ular ekor pipih warna hitam belang kuning. Menurut cerita, ular ini adalah penjaga pura jelmaan selendang Danghyang Nirartha , ular ini relatif jinak tapi jangan coba-coba diganggu ya, karena ular tersebut juga beracun.

Perpaduan antara alam dan lokasi pura ini membuat Tanah Lot menjadi istimewa dilihat dari sudut pandang mana saja. Jadi tidak akan menyesal bagi mereka sudah pernah berkunjung ke Tanah Lot.

2. Tempat Melihat Sunset Terbaik
Pada sore hari pengunjung di Tanah Lot makin lama makin ramai, wisatawan mulai berdatangan setelah mengunjungi destinasi lain di Pulau Bali. Tujuan mereka datang di sore hari hari tidak lain ingin melihat sunset di salah satu lokasi terbaik di Bali.

Sunset di Tanah Lot selalu ditunggu oleh setiap pengunjung, mereka tidak mau melewatkan momen indah yaitu pemandangan alam latar belakang pura dengan paduan bias sinar matahari akan tenggelam. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen ini.

Ada beberapa lokasi pengambilan gambar terbaik di Tanah Lot seperti di jalan masuk pintu pura, view bisa menghadap matahari lepas, atau menyertakan sedikit karang bolong di samping kanan.

Pilihan lain tempat pengambilan gambar terbaik ada di foodcourt. Lokasinya sebelah kiri pintu gerbang sedikit naik ke atas bukit. Disana pemandangan sangat menakjubkan view menghadap ke depan pura latar belakang laut lepas. Dari lokasi ini umumnya foto-foto media online diambil.

3. Pura di Atas Tanjung Karang Bolong
Lokasi wajib dilihat juga jika sedang berkunjung ke Tanah Lot adalah pura kedua. Lokasi pura berdada di sebelah Utara atau sebelah kanan pintu masuk. Pura ini termasuk unik karena dibangun di atas batu karang ujung tanjung, yaitu batu karang masuk ke laut.

Karang di bawah jalan yang dilewati bolong, yaitu jalan menuju pura terbentuk seperti jembatan. Bentuk karang seperti ini bukan buatan, tapi terbentuk dengan alami dari kikisan ombak air laut mungkin sudah ribuan tahun.

Lokasi di tempat ini juga tidak kalah indah dibanding dengan sisi lain di Tanah Lot. Pemandangan dengan view ke lokasi pura di tengah laut atau pemandangan ke Utara melihat hamparan pantai. Lokasi tempat melihat sunset juga sangat bagus karena berada pada ketinggian. Untuk menuju kesana bisa berjalan kaki sedikit agak jauh, lumayan hitung-hitung ganti olah raga.

4. Ular Suci Tanah Lot
Tempat lain perlu dilihat di Tanah Lot adalah ular suci berada dalam sebuah gua. Di dalam gua terdapat beberapa ular warna hitam putih dengan ekor pipih, disebut juga ular poleng. Ular belang-belang kelihatan cantik ini dianggap suci oleh penduduk setempat.

Ular tersebut konon menurut cerita sudah ada dari zaman dulu, ular poleng ini sebagai penjaga Pura Tanah Lot.

Ular ini juga jinak, mungkin sudah terbiasa dengan banyak manusia berkunjung. Jika ingin memegang ular ini juga bisa dengan bimbingan seorang pemandu berpengalaman sudah siap membantu disana.

Jangan lupa abadikan momen ini dengan kamera untuk dipamerkan di media sosial Anda. Tapi tetap hati-hati saat pegang ular namanya juga binatang liar.

5. Air Suci Tanah Lot
Air suci Tanah Lot termasuk salah satu daya tarik destinasi ini. Air suci ini menjadi sejarah keberadaan Tanah Lot. Air bersih tawar ini termasuk ajaib karena keberadaannya dimana sekitar daerah tersebut air asin.

Air suci ini terletak di dalam sebuah gua di bawah pura berdekatan dengan gua ular suci. Disana sudah ada beberapa pemandu berpakaian adat siap membantu setiap wisatawan.

Ukuran gua sekitar lima meter. Dalam gua terdapat juga sebuah patung dengan tinggi setengah meter, patung berwujud Ida Pedanda Dangyhang Dwijendra yaitu seorang ida pedanda pernah melakukan pemuja di gua ini.

Pengunjung boleh minum air suci tersebut atau mencuci muka dan tangan diyakini banyak manfaat. Diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit atau untuk kesuburan bagi mereka ingin punya anak.

Banyak pengunjung datang ke gua air suci meminta air untuk menyembuhkan penyakit atau ingin memiliki keturunan. Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk mengambil air suci ini, tapi boleh memberi donasi dimasukkan ke dalam sebuah kotak.

Nah, itu tadi mitos mengenai ular dan air suci Tanah Lot. Di Bali banyak sekali mitos berkembang pada masyarakat, yang paling menarik adalah di Desa Trunyan dimana orang mati disana tidak dikubur hanya ditempat dibawah pohon, anehnya tidak bau busuk. Ingin tahu lebih jelas beserta tempat-tempat wisata di sekitarnya baca 7 tempat wisata di sekitar Kintamani

6. Tempat Nongkrong Sambil Melihat Pemandangan Terbaik
Bagi yang senang nongkrong ada satu tempat asyik di Tanah Lot. Jika sudah mulai lelah tentu ingin istirahat mencari tempat terbaik untuk melepas kejenuhan. Tapi biasanya pengunjung tidak mau rugi sedikitpun, walau sedang istirahat masih ingin menikmati keindahan panorama di sekeliling mereka. Mau tahu tempatnya dimana, dibawa ini.

Tempat untuk melihat pemandangan terbaik di Tanah Lot, yaitu latar belakang laut lepas sampai sejauh mata memandang dengan paduan ombak menggulung-gulung sampai ke pinggir pantai, sebagian ombak akan terpecah menyembur sangat tinggi sekali karena terbentur oleh batu karang di pinggir tebing tinggi. Sungguh sangat menakjubkan suasana di tempat ini yaitu berada di sebelah kiri pintu gerbang Tanah Lot.

Dari pintu gerbang Tanah Lot, lihat ke sebelah kiri ada jalan naik ke atas bukit, ikuti saja jalan itu setelah sampai pengunjung akan melihat banyak restoran. Pilih tempat terbaik agar Anda nyaman selama berada disana.

Anda bisa memesan minuman kesukaan atau makanan jika sedang lapar. Anda bisa bersantai disana menikmati makanan dan minuman sambil bercanda gurau dan lihat ke sebelah barat, pemandangan alam luar biasa indah.

Pemandangan alam natural dengan objek utama Pura Tanah Lot dan laut biru mempesona. Tidak hanya itu geser sedikit pandang ke kanan akan terlihat dari kejauhan pura di atas karang bolong. Perpaduan dari semua itu sangat indah apalagi kalau cuaca mendukung yaitu cerah, tepat di sore hari menjelang matahari tenggelam. Tidak salah lagi melihat sunset spektakuler,;momen yang selalu ditunggu-tunggu setiap pengunjung Tanah Lot.

7. Belanja Oleh-oleh di Pasar Seni
Sama seperti tempat wisata lain di Bali, Tanah Lot juga menyediakan tempat belanja oleh-oleh. Pengunjung jika mau mengenang masa-masa mereka berada di suatu tempat istimewa tentu ingin menreflesikan dengan suatu benda yang bisa dibawa pulang ke kampung halaman. Mungkin saja suatu saat nanti mereka ingin melihat benda tersebut dan teringat kenangan pernah dilalui.

Di jalan menuju pantai banyak sekali ditemui toko souvenir atau pedagang kaki lima menawarkan dagangan pada pengunjung. Salah satu toko tersebut boleh Anda hampiri dan belanja disana sesuai dengan minat dan tentu serba khas Bali.

Jadi tidak akan sulit mencari tempat membeli oleh-oleh karena sebelum masuk lokasi sudah banyak terlihat barang dengan bentuk antik dan lucu-lucu. Sambil berjalan liat saja dulu nanti setelah pulang baru beli, dengan begitu Anda bisa bandingkan dengan toko lain menjual cenderamata yang sama.

Banyak sekali pilihan souvenir khas Bali bisa di bawa pulang umumnya terdiri dari beragam kerajinan tangan dari penduduk setempat. Ada ukuran kayu kalung dan gelang cantik bernuansa etnik, gantungan kunci ditata dari kerang atau sejumlah perhiasan lain dari hasil laut. Ada tas, topi, baju kaos dan banyak sekali Anda tinggal pilih saja.

Harga barang disini umumnya menggunakan tawar menawar jadi harus pintar merayu pedagang disana. Kami punya tips sedikit, seperti disinggung diatas tadi. Lihat dan amati saja dulu, boleh ditawar tapi jangan beli dulu, nanti setelah pulang baru beli.

Jika wisata di Bali jangan lupa cari hotel untuk penginapan dan sewa mobil untuk mengunjungi tempat wisata di sekitar Bali.
baca: Tips Mencari Hotel Murah di Bali
baca: Tips Sewa Mobil di Bali Agar Biaya Murah

Mungkin itu saja info mengenai tempat mesti dilihat jika berkunjung ke Tanah Lot. 7 Tempat disebutkan adalah tempat pilihan juga paling banyak di kunjungi wisatawan. Semoga membantu dan bermanfaat. Jika artikel ini berguna bagi ke teman Anda melalui media sosial di bawah ini.


EmoticonEmoticon