Senin, 30 Januari 2017

7 Tempat Wisata di Kintamani Bali Beserta Sejarah Gunung dan Danau Batur

Tempat wisata di Kintamani Bali terdiri dari pemandangan alam kawasan pegunungan dan kultur budaya. Lokasi wisata bisa dikunjungi yaitu Danau Batur, Gunung Batur, Desa Trunyan, Pura Danu Batur,  beberapa restoran dengan pemandangan menakjubkan, pemandian air panas dan lainnya.

Daya tarik utama wisata di Kintamani Bali adalah suasana alam begitu menyejukkan hati dari paduan gunung dan danau mempesona. Kawasan ini berada di daerah ketinggian sehingga cuaca disini pada siang hari terasa sejuk dan malam hari dingin. Udara disekitar Kintamani juga masih bersih terasa segar hal ini menambah nyaman siapa saja sedang berkunjung.

Kawasan indah ini terbentuk dari letusan gunung berapi yaitu gunung Batur. Di lereng gunung Batur sangat terkenal dengan kaldera indah. Kaldera adalah daerah yang terbentuk dari jatuhnya vulkanik dari letusan gunung, biasanya berbentuk cekung atau datar. Kaldera di Kintamani sangat luas sekali sekitar 13,8 x 10 km, termasuk Danau Batur. Karena sudah terbentuk ratusan dan mungkin ribuan tahun, daerah ini telah menjadi hijau menakjubkan.

Melihat potensi kawasan Kintamani begitu luar biasa masyarakat dan pemerintah setempat sadar mengenai hal itu maka di buat fasilitas penunjang untuk wisatawan. Fasilitas di Kintamani untuk menunjang pariwisata juga sudah tersedia seperti hotel, restoran dan lainnya. Anda bisa menginap di daerah ini atau mencoba makan di restoran dengan pemandangan alam

Jika tidak mau menginap disana Anda bisa mencari penginapan di tempat lain di Bali, baca ini Tips Booking Hotel di Bali Agar Biaya Murah

Kintamani Bali
Pemandang di Kintamani
image source: flickr.com

Tempat Wisata Di Sekitar Kintamani


1. Desa Penelokan
Penelokan adalah sebuah desa di Kecamatan Kintamani. Desa ini sangat terkenal karena dari tempat ini merupakan tempat paling strategis untuk menyaksikan pemandangan alam di Kawasan Kintamani. Setelah sampai di Desa Penelokan Anda tidak akan berhenti memandang sekeliling dan merasa takjub dengan keadaan alam begitu indah.

Dimana tempat terbaik untuk melihat pemandangan di Penelokan? Tidak ada tempat terbaik untuk melihat pemandangan alam di Penelokan. Karena semua tempat di desa ini terbaik untuk melihat keindahan alam Kintamani.

Desa Penelokan sangat beruntung dengan letak geografis ini, bisa melihat hampir semua Kawasan Kaldera Gunung Batur. Kita bisa menyaksikan paduan antara hamparan hitam Gunung Batur dengan Danau Batur. Gunung Batur berada di sebelah kiri sedangkan Danau Batur di sebelah kanan, alur bukit tersusun rapi menyambung dengan air danau ditambah dengan kombinasi warna hitam ungu hijau dan biru seolah-olah kita sedang menyaksikan lukisan raksasa (sangat besar).

Desa Penelokan bisa disebut pintu masuk untuk wisata ke Kintamani karena terletak di jalur lalu lintas antar Kota. Dari Denpasar sekitar 1,5 jam sampai 2 jam kalau menggunakan kendaraan mobil,  jika terus ke Utara ada tempat wisata lain Gunung Batur, Pura Danu Batur, jika berbelok ke kanan menuju ke Danau Batur dan bisa menyeberang ke Desa Trunyan.

Jika Anda kesulitan naik kendaraan umum lebih baik sewa mobil waktu di Denpasar. Agar lebih jelas lihat ini tips sewa mobil di Bali agar dapat biaya murah.

2. Gunung Batur
Gunung Batur merupakan daya tarik utama bersama dengan Danau Kintamani pada obyek wisata di kawasan ini. Sebenarnya daya tarik wisata di Kintamani tidak terpisahkan satu dengan yang lain, artinya tempat wisata disana merupakan suatu rangkaian keindahan alam pegunungan dan danau nan cantik ditambah dengan kultur budaya unik.

Gunung Batur merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung. Gunung ini masih aktif sampai sekarang. Oleh karena itu kadang terlihat dari kejauhan Gunung Batur mengeluarkan asap. Asap yang keluar dari gunung ini ikut menambah sensasi keindahan alam disana.

Gunung Batur indah dipandang dari jauh dan juga menarik dari dekat. Jika dilihat dari jauh, dari sudut pandang mana saja Gunung Batur tidak diragukan lagi keindahannya. Bagaimana kalau dari dekat, Anda ingin mencobanya? Banyak wisatawan mendaki gunung ini, bahkan hampir setiap hari ada saja pengunjung naik ke puncak karena memang menjadi salah satu tempat mendaki populer.

Pengunjung ingin mendaki Gunung Batur bisa datang ke desa  terdekat yaitu Desa Toya Bungkah. Disana Anda bisa mencari seorang pemandu untuk naik  ke puncak Gunung Batur.  Mendaki ke Gunung Batur dilakukan pagi hari, Anda akan menginap disana menunggu dini hari, agar sampai di puncak pagi hari untuk menyaksikan sunrise.  Nah sunrise itu yang dikejar ke sana. Selain itu tentu pemandangan alam melihat ke bawah sekeliling puncak terutama ke Danau Batur.

3. Danau Batur
Setelah sampai di Desa Penelokan, Danau Batur sudah terlihat dengan jelas secara keseluruhan. Keindahan danau sudah tidak diragukan lagi, membuat kita tidak sabar ingin menghampiri dari dekat. Karena Desa Penelokan berada pada ketinggian jadi posisi danau berada dibawah bukit. Untuk menuju ke tepi danau kita harus turun bukit, tapi jangan khawatir ada kendaraan umum bisa di tumpangi.

Danau Batur berada di lereng atau sebelah Tengara Gunung Batur. Danau ini masih bagian kaldera Kintamani terbentuk ribuan tahun lalu. Kaldera berbentuk cekung ini sebagian terisi air disebut dengan danau. Kaldera Kintamani ini merupakan salah satu yang terbesar bersamaan dengan Danau Toba di Sumatera Utara. Karena  lokasi Danau Batur sangat mendukung area sekelilingnya membuat tempat ini sangat baik menjadi tempat kunjungan di saat liburan.

Danau Batur dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi hijau dan Gunung Batur. Bukit di sekeliling Danau Batur membentuk seperti pagar tembok sangat besar. Jika kita berdiri di tepi danau seolah-olah kita berada di dalam sebuah mangkok besar, suasana ini membuat kita takjub dengan alam setempat.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Danau Batur yaitu memancing bagi yang hobi memancing, berkeliling menggunakan sampan atau perahu kecil untuk melihat spot-spot terbaik dari dalam danau atau sekedar nongkrong di sebuah restoran menikmati minuman.

4. Pura Ulun Danu Batur
Untuk menuju ke Pura Ulun Danu bisa dari Desa Penelokan teruskan perjalanan ke arah Utara. Pura ini adalah Pura Kayangan Jagat, salah satu pura terpenting di Bali bersamaan dengan Pura Besakih.

Tempat ini merupakan tempat wisata religi banyak pengunjung. Kalau ada kesempatan tidak salah juga mengunjungi salah satu pura terpenting bagi umat Hindu di Bali. Pura Batur digunakan sebagai tempat pemuja Dewi Danu atau Dewi Kesuburan. Sejarah Pura Batur sangat panjang kami tidak masukan disini.

Pura lain obyek wisata di Bali yang sangat terkenal adalah Pura Tanah Lot, agar lebih jelasa disini 7 Tempat Menarik di Tanah Lot Yang Harus Dilihat

5. Melihat Mayat Tidak Busuk Walau Tanpa Dikubur di Desa Trunyan.
Lokasi wisata lain yang sangat unik di Bali perlu dilihat adalah mayat tidak dikubur di Desa Trunyan, tapi hanya di tempatkan pada lokasi tertentu. Ajaib mayat tersebut tidak menimbulkan bau busuk meski sudah beberapa hari. Jika sudah sampai di Kintamani sayang lokasi ini jika tidak dikunjungi.

Untuk mencapai lokasi Desa Trunyan, jika sudah berada di Desa Penelokan lanjutkan perjalanan menuju ke tepi Danau Batur, turun dari bukit menggunakan kendaraan darat sampai di tepi danau. Dari sana bisa menyewa perahu untuk menyeberang sampai ke Desa Trunyan. Kalau Anda datang bersama rombongan dapat menyewa 1 perahu atau bisa bisa bergabung dengan orang lain hendak kesana juga.

Perjalanan ditempuh kurang lebih 45 menit, selama dalam perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan alam dari dalam perahu. Melihat ke arah Gunung Batur sungguh tidak akan ada bosannya, apalagi dari tengah danau bisa melihat ke sudut berbeda-beda.

Sampai di Desa Trunyan, Anda akan merasa heran menyaksikan mayat hanya di bungkus dengan kain kafan di tempatkan di tanah dan dibatasi oleh anyaman bambu. Di area tersebut kita bisa jumpai tulang manusia sudah lama meninggal dan mayat yang masih baru kalau Anda lagi beruntung

Anehnya meski mayat tersebut tidak dikubur tapi tidak menimbulkan bau busuk. Menurut cerita masyarakat setempat bau tersebut netral oleh wangi pohon taru menyan. Waktu kami kesana emang di sekitar tersebut ada pohon-pohon besar, mayat tersebut di tempatkan di bawah pohon itu.

Sungguh luar biasa Kebesaran Yang Maha Pencipta.

Tradisi seperti ini sudah lama, sangat panjang untuk diceritakan menurut masyarakat setempat. Sebagai obyek tempat wisata Bali emang mempunyai ragam destinasi yang banyak, sangat rugi kalau tidak di datangi satu persatu.

6. Pemandian Air Panas
Tempat wisata lain di Kintamani adalah pemandian air panas. Layaknya daerah berada di sekitar kawasan gunung berapi daerah Kintamani juga memiliki tempat pemandian air panas. Air panas alami keluar dari perut bumi dimanfaatkan untuk mandi.

Mandi menggunakan air panas pada daerah dengan cuaca dingin tentu sangat menyegarkan. Kalau di daerah dingin umumnya malas mandi, tapi tidak kalau menggunakan air panas. Anda bisa mencoba mandi air panas alami di Toya Bunkah kaki Gunung Batur.

Air panas alami keluar dari perut bumi umumnya mengandung belerang, selain membuat badan segar bisa juga untuk menyembuhkan penyakit, seperti penyakit kulit, melancarkan peredaran darah dan lainnya. Di Kintamani tempat pemandian air panasnya sudah ditata dengan baik oleh masyarakat setempat, jadi Anda bisa coba jika masih ada waktu untuk berkunjung.

7. Makan di Restoran Sambil Melihat Alam Terbuka
Setelah lelah melihat berbagai keajaiban alam pegunungan dan uniknya budaya di Kintamani tiba saatnya untuk mengisi perut agar bisa segar kembali. Restoran di Kintamani mempunyai predikat istimewa dan wajib untuk dicoba.

Keistimewaan restoran di Kintamani adalah lokasi sangat strategis dan cuaca sangat mendukung. Berada di kawasan pegunungan dengan view luar biasa indah. Menyantap hidangan dari berbagai menu membuat perut selalu terasa lapar, ditambah lagi pemandangan alam Gunung Batur dan Danau Batur terlihat mempesona dari kejauhan.

Pilih salah satu restoran yang Anda suka agar merasa nyaman berlama lama disana. Di Desa Penelokan banyak restoran berjejer selalu siap melayani setiap pengunjung.

Jika bingung memilih makanan coba lihat ini 9 makanan enak khas Bali

Itu 7 tempat wisata di Kintamani yang wajib dikunjungi sekaligus destinasi terkenal sampai ke mancanegara. Kintamani termasuk icon pariwisata Bali sama seperti Kuta dan Tanah Lot. Info wisata lain 32 Daya Tarik Pantai Kuta Sebagai Tempat Wisata No. 1 di Indonesia

Semoga dapat membantu dan bermanfaat, sukses dalam liburan.


EmoticonEmoticon