Senin, 06 Maret 2017

Jalan Menuju Danau Cipondoh dan Harga Tiket Masuk

Situ Cipondoh merupakan tempat wisata di Tangerang sering kali disebut juga dengan Danau Cipondoh. Selain murah lokasi dekat dengan warga karena di sekeliling situ terdapat banyak perumahan padat penduduk. Padat dengan penduduk karena lokasi Danau Cipondoh berdada dalam wilayah Kota Tangerang.

Tepatnya antara Kota Jakarta dengan pusat Kota Tangerang. Sebelah barat Kota Jakarta kurang lebih 10 km dan 6 km dari pusat Kota Tangerang.

Pembangunan di Tangerang sudah sangat pesat itu terlihat banyaknya hunian dan hotel di sepanjang jalan. Jika lagi mencari hotel lihat ini: Hotel Murah di Tangerang dan Hotel Berbintang Lainnya.

Air Danau begitu tenang dan banyak pohon rindang di sekitar situ membuat suasana menjadi sejuk dan segar padahal cuaca sangat panas di siang hari. Jika sedang lewat di pinggir situ rasanya ingin berhenti untuk melepas dahaga barang sejenak.

Suasana alam demikian nyaman sangat sulit di temui di daerah perkotaan apalagi kota besar seperti Jakarta dan Tangerang. Situ Cipondoh salah satu tempat yang masih tersisa berupa alam terbuka dari desakan pembangunan pesat.

Tempat Wisata Situ Cipondoh

Berhenti sesaat di pinggir Danau Cipondoh sekedar duduk dibawah pohon sambil minum es buah dan memandang jauh ke arah danau rasanya sangat nyaman. Hal itu sangat mungkin dilakukan karena Jl. Hasyim Ashari melintas tepat di pinggir danau. Jalan Hasyim Ashari salah satu penghubung antara Jakarta dengan Tangerang. Mereka pengguna jalan dari pusat Kota Tangerang hendak ke Cileduk atau ke Puri Mall melewati jalan itu atau sebaliknya.

Sekedar istirahat duduk dibawah pohon di pinggir danau tidak di pungut biaya. Pengunjung membawa mobil atau sepeda motor bisa berhenti sebentar duduk di bawah pohon atau mencari sebuah saung melepas lelah. Berada di alam terbuka nan sejuk seolah-olah waktu berjalan cepat, ingin berlama lama berada disana apalagi kalian bersama pasangan.

Biasanya orang mencari udara segar pergi ke luar kota ke Puncak Bogor karena memang merupakan tempat wisata sudah terkenal di pegunungan atau ke pergi ke Anyar menikmati suasana pantai. Sekarang cukup pergi ke Situ Cipondoh saja untuk sekedar menikmati alam terbuka nan segar dan mencicipi beragam kuliner.

Tidak hanya itu daya tarik Situ Cipondoh, bisa juga membawa keluarga untuk rekreasi bersama anak karena juga tersedia taman bermain keluarga. Disebelah timur danau tersedia tempat wisata keluarga menyediakan bermacam permainan. Permainan anak yang bisa dicoba yaitu perosotan, kereta mini atau beberapa ayunan. Bagi anak sudah agak besar dan punya jiwa petualang bisa mencoba flying fox. Permainan air bisa dicoba adalah bebek-bebekan, sepeda air, ada juga perahu motor untuk keliling danau.

Permainan di Situ Cipondoh tersedia emang belum lengkap seperti tempat wisata terkenal lain seperti Dufan Ancol. Ada tempat wisata di Tangerang tergolong lengkap dan murah yaitu World of Wonders Citra Raya Cikupa. Tempat wisata ini sudah hampir sama dengan Dufan jenis permainannya. Jika ingin tahu lebih jauh.
baca: World of Wonders Tempat wisata Baru di Tangerang

Di dalam tempat rekreasi Situ Cipondoh terdapat banyak pohon dan tersedia saung untuk tempat duduk santai. Bagi orang tua atau tidak ikut bermain bisa menunggu disana sambil menikmati suasana danau nan asri.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk ke tempat rekreasi ini masih murah Rp.5000 per orang. Tiket perahu Rp. 10.000. Tiket sepeda air Rp.25.000.

Jika sudah lapar tersedia tempat jajan menyediakan bermacam kuliner.  Makanan tersedia umumnya sudah sering kita coba seperti bakso, somay, ketoprak, gorengan, soto, ayam bakar, ikan bakar, soto. Minuman juga banyak es campur, cendol, buble, minuman ringan dalam kemasan. Intinya tidak bakal kelaparan dan yang paling penting harga terjangkau tidak mahal.

Pengunjung di Situ Cipondoh datang setiap hari tapi paling ramai pada saat weekend atau hari libur dan tanggal merah. Saat liburan sekolah dan saat lebaran puncak kunjungan ke Situ Cipondoh. Mereka datang berasal dari daerah Tangerang dan Jakarta Barat tapi ada juga datang dari jauh seperti Ciputat atau Kabupaten Tangerang untuk berlibur atau mereka penasaran dengan lokasi wisata yang satu ini.

Bagi pengunjung hobi memancing Danau Cipondoh layak untuk dicoba. Setiap hari tidak pernah sepi orang memancing di Danau Cipondoh bahkan mungkin 24 jam ada saja orang memancing disana. Ada beberapa lokasi tempat favorit memancing di Danau Cipondoh.

Pertama di pinggir jalan raya depan SD tempatnya memang sangat strategis dan mudah di jangkau.

Kedua di sebelah selatan danau ada jalan tembus hanya dilewati sepeda motor saja. Jalan tersebut membelah danau sebagai jalan tembus ke seberang, jadi cocok untuk memancing di kiri kanan jalan. Jika masuk dari Jalan Hasyim Ashari jalan tembus itu berada di sebelah selatan tempat wisata keluarga.

Ketiga di sebelah rumah makan Hj Kokom tepatnya di pintu air pembuangan danau arah Utara. Lokasi ini juga cocok untuk memancing

Di tiga tempat tersebut lokasi strategi untuk memancing di Danau Cipondoh. Memancing sampai puas di Danau Cipondoh tidak dipungut biaya alias gratis, lebih asyik lagi sering kali Pemerintah Kota Tangerang menabur ikan ke dalam danau.

Tempat bagus wajib dikunjungi berikut adalah Rumah Makan Hj Kokom. Berlokasi di Jalan Raya Hasyim Ashari di sebelah utara Danau Cipondoh. Rumah makan ini sudah terkenal dengan masakan enak dan lokasi strategis, tempat makan dengan konsep lesehan mempunyai pemandangan ke tengah danau membuat orang betah dan ingin berlama-lama disana.

Menu masakan tersedia bervariasi tersedia gurame goreng kipas atau bakar, ada juga menu andalan ayam goreng dan ayam bakar, pecak gurame, otak-atak, ikan mas, tahu dan tempe. Sayuran enak perlu dicoba cak kangkung, sayur asam, karedok dan lainnya. Tersedia minuman air jeruk, teh manis dan berbagai jus buah.

Jalan Menuju Danau Cipondoh
Itu beberapa tempat menarik di Situ Cipondoh. Untuk menuju ke tempat wisata di Tangerang ini sangat mudah, banyak akses jalan bisa dilalui. Jika dari Jakarta Selatan bisa menuju Cileduk, dari Cileduk ambil arah jalan menuju ke Kota Tangerang yaitu Jl. Hasyim Ashari.

Jika dari Jakarta Barat bisa melalui Jl. Daan Moogot menuju arah Kota Tangerang, Setelah sampai di Ampera berbelok ke kiri ke Jl. Maulana Hasanudin, di ujung jalan tersebut Situ Cipondoh.

Jika dari Serang atau dari Tangerang menuju ke daerah Cikokol terus masuk ke Jl. Hasyim Ashari nanti Situ Cipondoh berada di sebelah kanan.

Bagi pengunjung datang melalui jalan tol dari Jakarta atau dari arah Merak, keluar di pintu tol Kebun Nanas atau pintu tol Green Light. Setelah keluar tol cari arah ke Cipondoh.

Jika ingin wisata lain di Tangerang ada juga coba yang ini Pantai Tanjung Pasir.

Itulah gambaran singkat jika hendak rekreasi ke tempat wisata Situ Cipondoh Tangerang, semoga membantu dan sukses dalam liburan.


EmoticonEmoticon