Sabtu, 22 Juli 2017

Sejarah Festival Cisadane dan Jadwal Acara Perahu Naga

Sejarah Festival Cisadane identik dengan Lomba Perahu Naga. Maka dari itu setiap pengunjung ingin melihat acara ini perlu tahu jadwal festival Cisadane terutama kapan diadakan lomba perahu naga. Acara tahunan ini sudah berlangsung sangat lama, bahkan kalau kita tanya warga yang tinggal di sekitar Sungai Cisadane, tidak tahu mulainya kapan. Padahal kalau kita lihat kegiatan acara sangat meriah sekali sangat cocok sebagai tempat mencari hiburan di Tangerang.

baca juga: Tempat wisata di Tangerang lagi favorit saat ini

Festival Cisadane adalah kegiatan kebudayaan Kota Tangerang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini menurut telusuran kami sudah berlangsung dari tahun 1993. Festival ini menampilkan beragam kebudayaan yang ada di Tangerang dengan berbagai macam kesenian dan hiburan. Mulai dari hiburan tradisional sampai dengan hiburan modern. Tidak hanya itu Festival Cisadane juga menampilkan stand bazar murah dari UKM sekitar Tangerang.

Festival Cisandane bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan yang ada di Tangerang sekaligus untuk memperdayakan ekonomi masyarakat dan hiburan rakyat . Dengan adanya kegiatan festival ini masyarakat Kota Tangerang bisa melestarikan budaya agar tidak hilang di kemudian hari. Tangerang mempunyai latar belakang penduduk dari berbagai suku dan etnis, dari banyak perbedaan budaya menjadi kekayaan yang tidak ternilai.


Sejarah Festival Cisadane


Festival Cisadane berawal dari memperingati hari perayaan Peh Cun dari etnis Tionghoa yang berada di Tangerang. Perayaan Peh Cun Liong ini sudah berlangsung lama sekali, lalu Pemerintah Kota Tangerang menggabung dengan kebudayaan lain yang ada di Tangerang diberi nama Festival Cisadane.

Peh Cun Liong mempunyai arti mendayung perahu naga. Peh Cun Ling berasal dari bahasa China dimana peh artinya mendayung, cun artinya perahu dan liong artinya naga. Jadi artinya mendayung perahu naga atau lebih dikenal dengan lomba perahu naga.

Menurut kisah tradisi lomba perahu naga bermula dari Sungai Bek Lo, Tiongkok. Dikisahkan seorang menteri bernama Qu Yuan mempunyai pengaruh kuat berhasil menyatukan 6 Negeri ke dalam Negeri Cho untuk menyerang Chien. Namun dia diusir karena fitnah orang Chien. Setelah cukup lama Negeri Cho hancur. Qu Yuan sangat sedih, setelah menjalani ritual agama dia pergi menggunakan perahu dan menceburkan diri ke sungai. Pada tahun berikutnya mulai diadakan lomba perahu naga sebagai usaha memperingati mencari jenazah. Inilah kisah yang dibawah oleh etnis Tionghoa di Tangerang.

Setelah berlangsung lama peringatan hari Peh Cun, Pemerintah Kota Tangerang menggabung dengan kebudayaan lain di Tangerang seperti budaya Betawi dan lain-lain. Maka dari itu Festival Cisadane sangat identik dengan lomba perahu naga.

Jadwal Lomba Perahu Naga


Acara yang selalu ditunggu adalah lomba perahu naga dari setiap kegiatan tahunan Festival Cisadane. Acara promosi budaya Kota Tangerang ini memiliki rangkaian kegiatan berlangsung hingga 1 minggu.  Hari pertama pembukaan oleh Wali Kota Tangerang. Hari terakhir penutupan dan pembagian hadiah. Pada hari pembukaan dan hari terakhir tidak ada lomba perahu naga.

Jika ingin melihat lomba perahu naga pada Festival Cisadane datang pada hari kedua sampai hari keenam atau satu hari menjelang penutupan. Dari hari kedua sampai hari ke enam lomba perahu naga diadakan setiap hari dari jam 9.00 WIB sampai jam 17. 00 WIB. Jadwal ini berdasarkan festival sebelumnya yang diadakan setiap tahun, walau ada perubahan tidak jauh dari itu.

Lomba perahu naga sendiri terdiri dari berbagai kategori mewakili daerah mulai dari tingkat lokal, tingkat nasional, atau tingkat pelajar. Mulai dari babak penyisihan sampai final. Jadi semakin hari semakin seru lomba yang diselenggarakan, sangat sayang untuk dilewatkan.

Acara Kegiatan Festival Cisadane

Lomba perahu naga merupakan kegiatan utama di festival Cisadane tapi masih banyak kegiatan yang bisa dilihat antara lain Lomba Perahu Naga, Parade Perahu Hias, Beksi, Pencak Silat, Festival Musik Band, Kesenian Gambang Kromong, Barongsai, Tari NyiMas Melati, Tari Kreasi, Lenong Betawi, Stand up Komedi, Penyebaran Ikan dan Memancing Bersama, Festival Fashion, Wayang, Bazar Murah dan berbagai macam Kuliner.

Lokasi tempat Festival Cisadane berada di bantaran Kali Cisadane, Jl. Benteng Jaya Kota Tangerang. Mulai dari ujung jembatan Jalan Merdeka sampai Jalan Benteng Jaya, Kota Tangerang, Banten.

Cara menuju ke Festival Cisadane sangat mudah karena lokasi berada di tengah kota. Jika dari arah Jakarta atau dari arah Cilegon bisa melalui Jl. Tol Jakarta-Merak. Keluar di pintu tol Kebun Nanas, ikuti rambu lalu lintas arah Kota Tangerang atau ke arah Utara. Dari Jl Moh. Thamrin lanjut ke Jl. Kisamaun, terus ke Jl. Kalipasir Indah, di seberang jembatan lokasi Festival Cisadane tepatnya di Jl. Benteng Jaya.

Sebagai penutup, Festival Cisadane dapat menjadi pilihan untuk wisata di Tangerang. Jalan-jalan bareng keluarga mencari hiburan berupa wisata budaya, wisata kuliner dan wisata belanja murah.

Tempat wisata lain di sekitar festival ada Taman Pramuka dan Lapangan Ahmad Yani

Jika ingin menginap banyak pilihan akomodasi baca juga hotel murah dan hotel berbintang di Tangerang.

Semoga dapat membantu dan sukses dalam liburan, jika berguna bagi ke teman.


EmoticonEmoticon