Minggu, 11 Juni 2017

Jalan Menuju Lapangan Ahmad Yani Alun-alun Kota Tangerang dan Info Lain

Banyak yang bertanya akses jalan menuju Lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang. Padahal alun-alun Kota Tangerang ini sangat mudah di jangkau, baik dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum. Karena lokasinya sangat strategis di tengah kota.

Sebelumnya lebih baik kita ketahui dulu info seputar Lapangan Ahmad Yani ini. Alun-alun Kota Tangerang sebagai salah satu tempat wisata sangat penting keberadaannya oleh masyarakat sekitar. Karena dengan ada lapangan terbuka hijau banyak kegiatan bisa dilaksanakan.

Lapangan seluas 10.697 meter persegi ini dulunya aset Pemkab Tangerang tapi sekarang sudah dikelola oleh Pemkot Tangerang. Pemerintah Kota sangat perhatian dengan fasilitas sosial ini itu terlihat dari kondisi lapangan terawat dengan baik.

Lapangan ini unik ditinggikan dengan pondasi batu kali di sekeliling lapangan. Memiliki stadion kecil di sebelah Timur dan di belakangnya ada beberapa bangunan sebagai fasilitas penunjang. Dilengkapi dengan jalur untuk lari sekeliling lapangan. Tapi yang membuat kita nyaman adalah banyak pohon tinggi besar di sekeliling Lapangan. Sangat teduh sekali di pinggir lapangan membuat kita betah berada disana.

Akses Jalan ke Lapangan Ahmad Yani Tangerang


Lapangan Ahmad Yani berada di Jl. Ahmad Yani No. 15 dan Jl. Insinyur Haji Juanda. Umumnya jalur jalan di daerah sekitar satu arah.  Biasanya pengunjung datang dari arah Timur jika membawa kendaraan pribadi, tapi kalau naik angkutan umum bisa dari mana saja dengan berjalan kaki sedikit.

Menggunakan kendaraan pribadi:
Jika dari arah Serpong dan Ciledug pertama menuju bundaran di Jl. Veteran, setelah itu ke Jl. Taman Makam Pahlawan Taruna, setelah itu belok ke kiri, 200 meter dari sana sampai di Lapangan Ahmad Yani.

Jika dari arah Kalideres, ikuti Jl. Daan Mogot ke arah Tangerang nanti belok ke kiri setelah ketemu jalan satu arah ke Jl. Taman Makam Pahlawan Taruna, setelah itu belok kanan, sampai di Lapangan Ahmad Yani.

Jika dari arah Cimone, Karawaci, Kotabumi ke Jl. Raya Merdeka, ke Jl. Ototista Raya, ke Jl. KS. Tubun, setelah melintasi jembatan belok ke kanan di Jl. Daan Mogot, 200 meter kemudian belok kiri ke Jl. Nyimas Melati, ke kiri Jl. H Juanda, sampai di Lapangan Ahmad Yani.

Jika dari arah  Kampung Melayu, Bandara Soetta, ke Jl. Suryadarma, ke Jl. Sitanala, ke Jl. Bouraq belok ke kanan ke Jl. Taman Makam Pahlawan Taruna, belok ke kanan ke Jl. Satria, 200 dari sana sampai di Lapangan Ahmad Yani.

Menggunakan Kendaraan Umumnya:
Jika menggunakan kendaraan umum, naik angkutan yang melintas di Jl. Satria atau di Jl. Daan Mogot atau angkutan umum ke arah Pasar Anyar. Angkutan umum yang bisa di tumbang antara lain R01, R02, R03, R03A, R04, R05, RB11, T07.

Informasi Lain Seputar Lapangan Ahmad Yani Tangerang


Di lapangan ini selalu ramai pengunjung, setiap hari pengunjung tidak pernah sepi baik pada saat ada acara atau tidak. Puncak keramaian terjadi pada hari Sabtu Minggu atau di hari libur. Jika hari kerja terjadi keramaian bila sedang ada acara dari Pemkot Tangerang atau dari Sekolah yang berada di sekitar Kota Tangerang. Kadang tempat ini juga ada event dari swasta atau dari masyarakat umum.

Pada hari Sabtu dan Minggu pagi Lapangan Ahmad Yani ini dipakai untuk olah raga. Beragam kegiatan olah raga dilakukan oleh pengunjung seperti lari, senam, bermain bola, main bulu tangkis dan lain-lain. Sangat menyenangkan disini, ayo coba!

Pramuka di Lapangan Ahmad Yani Tangerang

Kegiatan sekolah yang paling sering diadakan di Alun-alun Kota Tangerang ini adalah pramuka. Pelatihan dan pemilihan dari berbagai sekolah diadakan disini untuk petugas upacara dan untuk keperluan lain.

Sekolah yang berada di sekitar Kota Tangerang juga menjadikan Lapangan Ahmad Yani sebagai pusat kegiatan Paskibra dan Paskibraka. Dari masing-masing sekolah mengirim utusan untuk dipilih siapa yang terbaik untuk Paskibraka 17 Agustus. Setelah terpilih mereka akan dilatih disini nanti akan dikirim ke Jakarta untuk seleksi kembali sebagai Paskibraka Nasional. Sebagian bertugas untuk petugas Paskibra Kota dan Kecamatan.

Swasta dan masyarakat umum kadang menggunakan tempat ini juga. Kegiatan yang mereka lakukan biasanya memperkenalkan produk dan kegiatan yang butuh area luas.

Jika Anda penggemar kuliner bisa datang ke kesini mencoba berbagai jajanan. Banyak penjual makanan dan minuman berada di luar pagar lapangan. Tersedia makanan dan minuman tradisional sampai yang kekinian. Soal rasa sudah pasti enak dan harga masih terjangkau karena umumnya yang membeli anak sekolah lagi ada acara disana.

Tapi jika ingin jajanan lebih banyak dan murah ada juga dekat dari sana, ke arah Utara sekitar 2 km. Agar lebih jelas baca ini, beli kue basah di Sitanala harga lebih murah.

Itu tadi akses jalan menuju Lapangan Ahmad Yani Tangerang dan informasi lain seputar Alun-Alun Kota.

Lapangan Ahmad Yani ini menyatu dengan Taman Prestasi yaitu ruang terbuka hijau. Seratus meter dari lokasi ini ada taman wajib dikunjungi. Yaitu hutan kota nan asri Taman Pramuka.

Jika tulisan ini bermanfaat bagi ke teman dan semoga sukses selamat bersenang-senang.


EmoticonEmoticon