Jumat, 04 Agustus 2017

Jalan Menuju Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang

Akses jalan menuju Pantai Air Manis Padang sekaligus jalan menuju Batu Malin Kundang informasi kami kali ini.  Selain itu juga ada ringkasan sejarah dan daya tarik Pantai Air Manis. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi, memiliki pemandangan alam nuansa pantai dan nilai sejarah budaya yang sangat kental.

Pantai Air Manis adalah tempat wisata ramai pengunjung terletak di Selatan Kota Padang. Setiap hari selalu ada saja pengunjung datang ke pantai ini. Sekedar jalan-jalan di sekitar pantai atau mereka yang penasaran dengan Batu Malin Kundang. Tempat rekreasi ini terpopuler kedua di Kota Padang setelah Pantai Padang. Mungkin karena lokasinya berdekatan.

baca juga: Pantai Padang tempat wisata favorit di Kota Padang

Orang Padang menyebut pantai ini dengan sebutan Aie Manih dengan arti sebagai berikut, aie mempunyai arti sungai atau muara, sedangkan manih mempunyai arti elok atau indah. Jadi artinya muara sungai yang indah.

Jalan Menuju Pantai Air Manis


Akses jalan menuju Pantai Air Manis bisa melalui 2 arah. Pertama dari arah Muaro melalui Jembatan Siti Nurbaya dan kedua melaui jalan By Pass arah Teluk Bayur.

Dari arah Muaro atau dari Jembatan Siti Nurbaya lebih dekat dari pusat kota. Jalur ini juga disebut jalur trekking paling digemari oleh mereka yang suka pertualangan. Jalur jalan ke Pantai Air Manis ini banyak disukai karena banyak tempat indah akan dilewati sepanjang jalan. Hanya saja jalur trekking hanya bisa di lewati oleh pejalan kaki atau dengan kendaraan roda dua seperti sepeda atau sepeda motor, mobil belum bisa lewat jalur ini.

Jika mau mencoba lewat Muaro paling enak menggunakan kendaraan umum atau naik sepeda. Dari terminal dalam kota Pasar Raya Padang naik angkutan ke Muaro atau ke Seberang Padang, nanti akan melewati Jembatan Siti Nurbaya. Setelah naik angkutan kota lanjutkan dengan berjalan kaki ke Gunung Padang dengan kondisi jalan menanjak. Di Gunung Padang bisa singgah sebentar melihat Kuburan Siti Nurbaya yang melegenda itu.

Setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah Selatan menyelusuri hutan sambil melihat ke arah laut. Dari ketinggian kita bisa melihat pemandangan alam sangat indah, pertemuan garis pantai dengan hutan. Dari atas bukit itu juga kita sudah bisa melihat Pantai Air Manis dari kejauhan.

Jika membawa mobil bisa melalui Jalan By Pass arah Teluk Bayur. Nanti belok ke kanan masuk ke Jalan Sutan Syahrir, setelah itu belok ke kiri ke Jalan Koto Kaciak. Ikuti saja jalan itu saja, jalan akan menanjak dan berbelok belok, setelah itu jalan turun sampai ke Pantai Air Manis. Kondisi jalan mulus aspal bagus hanya saja sempit, jadi harus berhati-hati.

Pantai Air Manis Padang

Setelah sampai di lokasi, kita akan merasa takjub dengan keindahan pantai. Pantai Air Manis mempunyai kemiringan landai dengan pasir warna putih atau sedikit krem. Disini kita bisa melakukan kegiatan rekreasi seperti di pantai pada umumnya seperti mandi, berselancar, jogging, bermain pasir, bermain layangan, main bola atau hanya sekedar berjalan jalan saja. Memiliki garis pantai panjang, jadi kalau mau melihat secara keseluruhan harus rela berjalan kaki lebih jauh.

Jika pasang surut kita bisa menyebrang ke Pulau Pisang dengan berjalan kaki karena daratan terhung dengan pulau tersebut. Disana ada 2 pulau yaitu Pulau Pisang Kecil dan Pulau Pisang Besar. Biasanya untuk mengunjungi pulau ini pagi atau siang hari. Tidak bisa berlama lama di Pulau ini karena di sore hari air laut akan pasang, jalan yang tadi kering akan tertutup oleh air laut sehingga tidak bisa pulang.

Batu Malin Kundang


Jika sudah datang ke Pantai Air Manis jangan lupa melihat Batu Malin Kundang. Cerita legenda yang sangat terkenal itu berawal dari sini. Kita bisa melihat batu menyerupai orang lagi sujud. Konon menurut cerita Malin Kundang di kutuk oleh Ibu nya menjadi batu. Tidak itu saja disini juga kita melihat batu lain menyerupai kapal lengkap dengan peralatan. Sangat luar biasa emang tempat ini.

Batu Malin Kundang berada di Selatan Pantai Air Manis. Jika ingin berkunjung kita bisa berjalan kaki kesana. Usahakan datang ke Batu Malin Kundang pagi atau siang hari, untuk mengantisipasi air laut pasang.

Itu tadi diatas bagaimana cara menuju ke Pantai Air Manis dan ke Batu Malin Kundang. Jika sudah lapar di daerah ini tidak perlu kuatir banyak makanan enak wajib dicoba. Di sekitar pantai banyak makanan masakan Padang mempunyai ciri khas pedas. Kita bisa mencoba kuliner khas Padang di daerah asalnya seperti rendang, ayam gulai, kepala kakap, tunjang, dendeng balado dan lain sebagainya. Selain itu juga banyak camilan seperti keripik balado, keripik udang, lemang tapai, es tebu dan lain-lain.

baca juga: 10 Makanan Khas Padang Yang Enak dan Terkenal

Jika ingin menginap juga banyak hotel di Kota Padang. Tersedia dengan berbagai pilihan dari hotel melati sampai hotel berbintang. Hotel paling banyak di pusat kota di sekitar Pasar Raya Padang atau sekitar terminal lama.

Jika ingin mencari oleh-oleh bisa pergi ke Pasar Raya Padang atau ada tempat terkenal dekat Jembatan Siti Nurbaya yaitu pusat oleh-oleh Critin Hakim. Jika mau mencari souvenir pernak pernik bisa pergi ke Pasar Raya Padang lantai dasar.

Demikian informasi jalan menuju Pantai Air Manis dan cara menuju ke Batu Malin Kundang. Semoga bermanfaat dan sukses dalam liburan.


EmoticonEmoticon