Jumat, 28 Juli 2017

Pantai Padang Tempat Wisata Favorit di Kota Padang

Pantai Padang adalah tempat wisata favorit di Kota Padang. Lokasi tepi laut ini selalu ramai pengunjung terutama oleh wisatawan lokal. Tempat rekreasi ini enak untuk dikunjungi melihat pemandangan alam nuansa pantai lengkap dengan segala daya tarik yang dimiliki. Pantai Padang selalu ramai pengunjung karena sangat dekat dengan Kota Padang, selain itu mudah di akses dari berbagai arah.

baca juga: 12 Tempat Wisata Terkenal di Padang (Sumatera Barat)

Secara umum daya tarik Pantai Padang adalah pemandangan alam terbuka ke tengah laut. Berada di pinggir pantai membuat suasana hati jadi nyaman dan takjub dengan keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa. Melihat ombak tergulung dari tengah laut menuju pantai, pecah di batu-batu besar membuat kita ingin menyaksikan terus menerus. Sebagian ombak sampai ke garis pantai menyelusuri pasir putih membuat hati jadi damai.

Nama lain tempat rekreasi ini tapi lauik sebutan orang Padang atau istilah yang sedang populer taplau. Sangat jarang orang Padang menyebut Pantai Padang untuk nama tempat ini, selalu menyebut tapi lauik atau dengan tulisan lain tapi lawik. Belakangan berkembang istilah taplau dengan arti yang sama. Istilah taplau ini kami juga baru dengar, waktu berkunjung ke Pantai Padang istilah ini belum ada, karena penulis berkunjung ke sini sudah lama sekali.

Lokasi pantai berada di sebelah Barat Kota Padang, Sumatera Barat, menghadap ke Samudera Hindia. Alamat tepatnya di sepanjang Jl. Samudera. Mempunyai garis pantai yang panjang, hampir berbentuk garis lurus, tidak seperti pantai pada umumnya bentuk oval.

Jika ingin berkunjung pantai ini mudah sekali di akses karena banyak jalan tembus dari pusat kota. Jika dari arah Selatan bisa masuk melalui Jl. Nipah atau Jl. Hos Cokrominoto atau dari Jl. Hayam Wuruk. Jika dari tempat rekreasi Moseum Adytiawarman bisa langsung ke Jl. Wolter Monginsidi atau dari Jl. Pancasila ke arah Barat. Jika dari Plaza Andalas bisa masuk dari Jl. Hang Tuah dan dari Jl. Kotomarapak. Jika dari Utara (Bandara Minangkabau) bisa langsung belok ke Jl. Ir. Juanda atau lewat dari Purus II atau dari Jl. Olo Ladang.

Pantai Padang (Taplau)

Pertama kali kita sampai di lokasi suasana pantai sudah terasa karena emang di sepanjang pantai terhubung dengan jalan raya. Setelah turun dari kendaraan kita sudah bisa langsung ke pinggir laut melihat indahnya pemandangan sejauh mata memandang. Di tengah laut terlihat kapal lagi melintas dan beberapa kapal nelayan lagi terombang ambing oleh ombak menambah seru suasana.

Ciri khas Pantai Padang adalah terlihat setumpuk batu-batu besar disusun menonjol ke laut. Fungsi dari batu tersebut untuk memecah ombak yang akan menimpa pantai biar tidak terjadi abrasi. Banyak orang bermain di atas batu tersebut menikmati ombak dari dekat, mereka rela sedikit kena percikan air laut. Ternyata momen ini selalu ditunggu untuk diabadikan dalam sebuah foto. Sangat asyik bukan?

Kita bisa juga mendekati bibir pantai sambil membasahi kaki dengan air laut atau lari-larian dengan ombak. Bisa juga bermain pasir membuat istana pasir atau permainan lain seperti main bola, main layangan dan lainnya. Sangat disayangkan pasir di Pantai Padang makin hari makin berkurang jumlahnya, mungkin suatu hari nanti kita tidak bisa lagi bermain pasir di sini.

Ombak di Pantai Padang agak besar, karena pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Indonesia. Jadi kalau di sini harus lebih berhati-hati. Wisatawan juga jarang terlihat turun mandi ke laut, kalau ada itu hanya mereka yang sudah terbiasa di pantai. Berbeda sekali dengan pantai yang ada di Bali seperti Pantai Legian atau Pantai Kuta.

baca juga: 32 Daya Tarik Pantai Kuta Tempat wisata No. 1 di Indonesia

Puas bermain kita bisa istirahat barang sejenak duduk menggelar tikar atau pada bangku yang telah disediakan, bisa juga istirahat di bawah pohon atau di tumpukan batu. Cari posisi yang strategis agar sambil santai masih bisa memanjakan mata. Setelah itu jangan lupa mencicipi kuliner khas Padang.

Makanan khas Padang banyak terlihat adalah jagung bakar atau pisang bakar. Kita bisa pesan dengan berbagai rasa dengan khas pedas. Ada juga minuman sari tebu yang banyak kita jumpai di pinggir pantai. Kalau ini harus dicoba Gan, rasanya sangat segar apalagi diminum lagi cuaca panas.

baca juga: 10 Makanan Khas Padang yang Enak dan Terkenal

Jika membawa anak bisa mencoba permainan anak ada di sebelah Selatan Pantai ini. Banyak sekali wahana permainan untuk anak bisa dicoba. Permainan  dengan kategori lapangan terbuka seperti komedi putar, prosotan, ayunan. Hanya saja untuk mencoba permainan ini harus mengeluarkan uang tambahan.

Ada juga bendi untuk keliling sekitar pantai. Bendi adalah gerobak yang ditarik dengan kuda, kalau di Pulau Jawa dinamakan Dokar. Jika ingin mencoba bisa di Pantai Padang

Di sebelah Selatan ada spot menarik untuk latar belakang foto yaitu Gunung Padang. Gunung ini sangat mudah terlihat karena lebih menjorok ke laut sangat tinggi dan langsung terhubung ke laut. Dari jauh terlihat hijau sangat indah sekali, kalau kita dekati ke sana ada juga tempat wisata. Di Gunung Padang ada kuburan Siti Nurbaya dan dibalik gunung itu ada Pantai Air Manis, ada Batu Malin Kundang dan banyak lagi.

baca juga: Jalan Menuju Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang

Waktu yang tepat ke Pantai Padang di sore hari. Sebenarnya dari pagi hingga sore tempat ini selalu ramai pengunjung, makin sore makin ramai. Biasanya orang datang sore hari menjelang malam untuk melihat sunset. Pemandangan sunset di Pantai Padang sangat indah karena pantai menghadap Barat. Matahari seolah-olah tenggelam ke dalam lautan. Momen ini juga selalu ditunggu setiap wisatawan lagi berkunjung.

Jika wisatawan datang dari luar kota Padang banyak penginapan di sekitar pantai atau di Kota Padang. Bisa memilih hotel dari harga murah sampai harga premium.

Itu tadi di atas gambaran jika hendak wisata ke Pantai Padang yang selalu jadi favorit. Hampir setiap orang datang ke Padang mengunjungi tempat ini karena emang mudah di jangkau, bahkan bisa jalan kaki dari pusat kota. Semoga bermanfaat dan sukses dalam liburan.


EmoticonEmoticon