Selasa, 19 September 2017

12 Tempat Wisata di Padang yang Terkenal dan Ramai Pengunjung

Tempat wisata di Padang sudah sangat terkenal terbukti ramai pengunjung setiap hari. Meski tempat wisata banyak di Padang tapi pengunjung selalu ramai, apalagi di akhir pekan hari Sabtu dan Minggu, pengunjung bisa bertambah 3 kali lipat. Puncak kunjungan terjadi jika ada liburan panjang seperti lebaran atau liburan sekolah dan di akhir tahun.

Tempat wisata favorit di Padang tersebar di beberapa wilayah di Sumatera Barat. Di Kota Padang ada Pantai Padang dan Pantai Air Manis yang tidak pernah sepi. Di Bukittinggi ada Jam Gadang dan Ngarai Sianok memiliki pemandangan bagus. Selain itu ada Danau Singkarak dan Danau Maninjau memiliki panorama indah.

Secara umum tempat wisata yang terkenal dan ramai dikunjungi di Sumatera Barat berupa wisata alam seperti pantai,  pegunungan, danau. Selain itu ada juga wisata sejarah seperti moseum, istana raja dan peninggalan Belanda dan Jepang. Jadi jika berwisata ke Sumatera Barat kita dapat melihat beberapa kategori wisata sakaligus.

Lokasi wisata banyak macannya di Padang, dibawah ini kami pilih saja yang terkenal dan selalu ramai. Lokasi ini wajib dikunjungi jika ke Padang sebelum melihat tempat lain, karena tempat liburan ini juga sekaligus icon Propinsi Sumatera Barat. Itu artinya destinasi ini mewakili tempat wisata di daerah ini.

Tempat Wisata di Padang Yang Terkenal


1. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Tempat rekreasi terkenal juga di Kota Padang adalah Museum Adityawarman. Museum ini terletak di tengah kota tepatnya di Jl. Diponegoro No.10, Padang Barat 25114. Sebelum datang ke tempat wisata lain sebaiknya datang dulu kesini. Museum Aditywarman adalah wisata budaya dan wisata sejarah.

Disini kita bisa melihat berbagai barang tradisional Minang Kabau yang sering digunakan pada saat upacara adat. Selain itu juga kita bisa melihat beberapa barang peninggalan sejarah masa lalu kehidupan masyarakat Minang. Kita bisa juga belajar adat istiadat orang Minang Kabau dalam kehidupan sehari-hari.

2. Pantai Padang

Pantai Padang

Di Kota Padang tempat wisata terkenal yaitu Pantai Padang. Pantai ini sudah terkenal keindahannya sejak zaman dahulu. Setiap orang datang ke Padang selalu menyempatkan diri ke Pantai Padang, terutama wisatawan lokal.

Kenapa begitu? Selain lokasi dekat dengan pusat kota juga pemandangan alam yang indah. Ditambah lagi sebagian besar wilayah Sumatera Barat terdiri dari bukit dan gunung, jadi keinginan datang ke pantai sangat besar sekali.

baca selengkapnya mengenai Pantai Padang disini.

3. Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang

Pantai Air Manis

Masih di Kota Padang tempat wisata terkenal dan selalu ramai pengunjung setiap hari adalah Pantai air Manis. Pantai Air Manis banyak pengunjung karena memiliki pemandangan indah dan lokasi cerita legenda Malin Kundang. Memiliki garis pantai landai dengan pasir putih nan asri. Nyaman untuk bersantai maupun mandi. Selain itu wistawan bisa melihat batu Malin Kundang dari dekat.

Pantai Air Manis berada di sebelah Selatan Pantai Padang tepatnya di balik bukit Gunung Padang jika kita dari arah pusat kota. Untuk menuju kesana bisa dari arah Muaro melewati Jembatan Siti Nurbaya atau dari arah Selatan lewat jalan By Pass arah Teluk Bayur.

baca selengkapnya Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang

4. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai layak untuk dikunjungi. Berada di kawasan cagar alam Lembah Anai, lokasi ini mudah dijangkau karena berada tepat di pinggir jalan raya penghubung Padang-Bukittinggi. Air Terjun Lembah Anai sangat indah sebagai tempat wisata. Ketinggian air jatuh kurang lebih 35 meter, sebagian air sampai di bawah sudah menjadi embun apalagi kalau lagi ditiup angin.

Sebenarnya Lembah Anai bukan tempat kunjungan utama hanya tempat persinggahan jika hendak ke Bukittinggi atau sebaliknya. Kita bisa singgah sebentar atau hanya memperlambat laju kecepatan kendaraan, dengan begitu sudah bisa melihat keindahan Lembah Anai.

5. Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang Bukittinggi adalah lokasi wisata terkenal di Suamtera Barat. Ketenarannya tidak sampai disitu saja bahkan sudah populer di Indonesia. Jam Gadang tempat wisata taman dalam kota. Berada di daerah perbukitan dengan suaca sejuk. Sangat cocok untuk bersantai di sore hari. Daya tarik utama adalah menara jam gadang yang sudah ada dari zaman Belanda.

6. Ngarai Sianok Bukittinggi

Ngarai Sianok Bukittinggi

Ngarai Sianok termasuk tempat wisata yang terkenal di Padang khususnya Kota Bukittinggi. Ngarai Sianok tempat wisata burupa lembah curam. Perbedaan tinggi tanah yang sangat mencolok membuat tempat ini jadi tidak biasa, membuat pemandangan alam di tempat ini jadi menakjubkan. Walau hanya melihat dinding bukit juram tapi karena tidak biasa membuat kita takjub. Lokasi ini juga dekat dengan Jam Gadang Bukittinggi. Jadi kalau lagi wisata bisa sekali jalan.

7. Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang di Bukittinggi ini termasuk tempat wisata terkenal di Padang. Lobang Jepang adalah obyek wisata peninggalan sejarah masa penjajahan Jepang. Berupa terowongan sekaligus bunker untuk pertahanan masa pendudukan Jepang.

Terowongan ini berada dibawah Kota Bukittinggi kurang lebih memiliki panjang sekitar 1400 meter. dengan lebar rata 2 meter, dengan bentuk bersimpang dan berbelok-belok. Di dalam juga banyak ruangan untuk berbagai keperluan, seperti ruangan senjata, tempat pengintai, penjara, ruang pertemuan dan lain-lain.

Lokasi ini baik dikunjungi sebagai ilmu pengetahuan, selain itu di pintu masuk kita bisa bermain dan bersantai suasana sangat nyaman. Dari sini kita bisa memandang ke Ngarai Sianok, karena emang lokasi nya di daerah yang sama.

8. Kebun Binatang Bukittinggi

Kebun Binatang Bukittinggi

Satu lagi tempat wisata terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan di Bukittinggi yaitu Kebun Binatang. Nama kebun binatang ini saat ini Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Nama tersebut dipilih setelah beberapa kali ganti nama dari zaman Belanda. Jika mampir kesini suasana sangat nyaman untuk reakreasi dan ilmu pengetahuan.  Disini kita bisa melihat berbagai binatang terutama yang hidup di Indonesia. Koleksi binatang disini cukup lengkap walau tidak selengkap koleksi Kebun Binatang Ragunan Jakarta

9. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Tempat wisata lain berupa keindahan alam di Padang adalah Danau Maninjau. Memiliki pemandangan alam yang indah, perpaduan antara danau dan bukit nan hijau. Mempunyai udara sejuk sangat enak untuk bersantai saat liburan.

Danau Maninjau terletak di Kabupaten Agam, kira kira 40 km dari Bukittinggi. Jika sudah sampai di Bukittingi sayang kalau dilewatkan destinasi yang satu ini. Jika ingin menginap disana juga tersedia hotel, agar bisa lebih lama disana.

10. Kelok 9

Kelok 9

Kelok 9 termasuk tempat wisata tekenal di Padang. Kelok 9 terletak di Kecamatan Harau, Kab Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Merupakan jalan lintas Sumatera Barat-Riau jika dari Payakumbuh. Letaknya juga tidak jauh dari Kota Payakumbuh, hanya sekitar 30 km. Berada di tengah hutan diapit oleh dua bukit yang tinggi sekali.

Kelok Sembilan menarik untuk dikunjungi karena memiliki pemandangan alam nan asri burupa bukit dan lembah, ditambah lagi dengan keberadaan jalan dan jembatan layang yang sangat unik. Karena ada perbedaan tinggi tanah yang curam, maka jalan di buat berbelok belok naik sedikit demi sedikit supaya kendaraan bisa lewat, jadilah kelok 9. Tahun 2000 dibagun jalan layang diantara dua bukit tersebut menambah indah pemandangan disana, jadi sayang kalau dilewatkan destinasi yang satu ini jika berkunjung ke Padang.

11. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung tempat wisata wajib untuk dikunjungi di Padang. Tempat wisata ini sangat terkenal sebagai wisata sejarah. Bangunan ini adalah istana para raja jaman dahulu di Minang Kabau. Wilayah pemerintahan sangat luas tidak hanya di Sumatera Barat tapi juga mencakup propinsi lain disekitarnya.

Istana Pagaruyung adalah Istana Baso atau ditulis Istana Basa. Selain Istana Baso masih ada Istana Silindung Bulan di wilayah ini dan juga termasuk pusat pemerintahan kerjaan zaman dahulu. Jika datang kesini kita bisa melihat kebesaran sejarah pada masa lampau. Selain itu kita juga akan sangat menikmati dengan suasana alam yang menyenangkan.

12. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau singkarak tempat wisata terkenal di Sumatera Barat. Kelebihan tempat ini adalah kita bisa melihat pemandangan alam perpaduan antara danau dan gunung. Danau singkarak sangat luas yaitu sekitar 107,8 km². Terletak di dua wilayah yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Jadi dari sudut mana pun kita sedang melintas kita bisa melihat pemandangan Danau Singkarak yang mempesona.

Selain berwisata ke Sumatera Barat kita bisa juga mencicipi berbagai makanan khas Padang yang sudah terkenal ke seluruh Indonesia bahkan terkenal di dunia. Malahan ada satu makanan mendapat predikat makanan terenak di dunia.

baca juga: 10 Makanan Khas Padang yang Enak dan Terkenal

Demikian info kami kali ini mengenai tempat wisata di Padang yang terkenal dan selalu ramai pengunjung. Semoga dapat membantu jika hendak liburan ke Padang. Kedepan akan kami info mengenai tempat wisata di Padang yang menakjubkan tapi orang belum banyak tahu.

4 komentar

Kayaknya di padang selain kuliner tempat wisatanya juga ajib semua. Terutama danau maninjau.. Asli orang padang gan?

Ya Mas Tedi Eka tempat wisata untuk wilayah Sumatera, Padang termasuk banyak tempat wisatanya.

Itu baru yang terkenal saja..nanti kedepan mudah mudahan kami posting temapat wisata di padang yang tidak kalah indah tapi orang belum banyak yang tau

Ya Mas Tedi saya dari sana tapi sekarang di Tangerang

mas posting tempat wisata didaerah sumatera yang lainnya juga dong, saya asli sumatera tapi bagian selatan..

Ya bro Badrun, Rencana ada untuk memposting tempat lain di sumatera, mudah mudahan cepat selesai, ditunggu saja ya


EmoticonEmoticon