Kamis, 07 September 2017

10 Makanan Khas Padang Yang Enak dan Terkenal

Makanan khas Padang yang enak dan terkenal di Indonesia. Menurut CNN melalui poling di facebook, rendang mendapat suara terbanyak sebagai makanan terenak di dunia, bertengger di urutan No 1. Semua sudah pasti mengenal rendang karena rumah makan Padang ada di setiap daerah bahkan di beberapa kota di Mancanegara. Tapi tidak hanya sampai disitu masih banyak makanan khas Padang lain yang terkenal lezat.

Kami sudah merangkai dibawah ini sebagai pilihan wisata kuliner. Selain berkunjung ke Padang untuk wisata tidak lengkap rasanya tidak mencoba kuliner khas daerah Sumatera Barat ini. Makanan khas Padang sangat mudah ditemui di daerah Sumatera Barat baik di kota maupun di daerah pariwisata. Bisa ditemui di tempat wisata Pantai Air Manis atau Pantai Padang atau di tempat wisata lain.

Jika tidak lagi wisata juga bisa ditemui di rumah makan sepanjang jalan dari yang sederhana sampai rumah makan mewah. Sangat rugi kalau pergi ke Padang hanya menyicipi rendang saja, padahal masih banyak makanan khas Sumatera Barat terkenal enak-enak. Lalu makanan apa saja yang enak dan populer di Indonesia.

Makanan Khas Padang Enak dan Terkenal


1. Rendang Padang


Urutan nomor satu sudah pasti rendang. Makanan yang satu ini sudah sangat populer di Indonesia, mampir semua orang sudah pernah mencicipi. Raranya sangat lezat dengan citra khas pedas. Terbuat dari daging sapi dengan bumbu rempah-rempah khas Padang. Daging di masak dengan bumbu pilihan setelah itu diberi santan kelapa. Dimasak beberapa jam sampai santan mengering dan bumbu meresap ke daging. Dengan demikian, bumbu sampai meresap ke daging membuat masakan ini sangat enak. Wajar kalau terpilih sebagai makanan terlezat di dunia.

2. Cincang



Cincang adalah makanan yang sering kita temui di rumah makan Padang. Cincang cara memasak atau bumbunya hampir sama dengan kalio. Bedanya terletak pada daging yang digunakan. Bahan cincang dari daging kelas dua ditambah dengan jeroan. Daging dan jeroan di potong kecil kecil dimasak seperti menggunakan bumbu khas Padang. Rasanya enak sekali dengan citra rasa daging bercabur lemak sedikit.

3. Ayam Bakar



Ayam Bakar juga makanan enak dari Padang. Semua sudah pasti mengenal makanan ini karena banyak dijual di warung Padang. Rasanya gurih dengan resapan bumbu bakar khas Padang. Semua orang suka dengan makanan yang satu ini. Lalu apa bedanya dengan ayam bakar dari daerah lain. Bedanya terletak pada bumbu khas Padang.

4. Gulai Ayam



Gulai ayam termasuk makanan favorit jika kita datang ke warung Padang. Rasanya sangat lezat dengan bumbu kuah santan. Sangat cocok dimakan bersama nasi putih.

5. Gulai Tunjang



Makanan khas Padang yang enak dan terkenal berikut adalah gulai tunjang. Rasanya sangat khas dengan bumbu kuah kuning kecoklatan. Tunjang dalam bahasa Padang artinya kikil atau kaki. Ya makanan ini terbuat dari kaki sapi berikut kulit. Dimasak sedemikian rupa dengan khas Padang membuat rasanya sangat enak sekali.

6. Kepala Kakap



Masakan Padang dari ikan yang terkenal enak adalah gulai kepala kakap. Makanan ini kadang tidak semua rumah makan padang menyediakan, hanya rumah makan besar saja. Masakan ini terbuat dari kepala ikan kakap dimasak dengan bumbu santan dan kunyit. Jika disajikan 1 piring besar kadang bisa untuk 2 orang karena porsinya yang besar.

7. Ikan Bakar



Makanan khas Padang enak dan populer lain yaitu ikan bakar. Paling sering kita jumpai ikan bakar bawal dan ikan bakar kembung. Rasanya sangat kurih karena sudah diberi bumbu khas Padang. Tidak seperti ikan bakar daerah lain dengan bumbu kecap.

8. Gulai Babat



Gulai babat termasuk makanan terkenal dari Padang banyak disukai. Terbuat dari dalaman perut sapi. Sering orang bilang handuk, karena emang menyerupai handuk. Kadang orang geli makan babat jika teringat ini merupakan kantong pencernaan sapi. Tapi jangan salah kalau sudah dimasak dengan khas Padang rasanya sangat enak.

9. Sate Padang



Sate Padang juga merupakan makanan khas Padang sudah sangat terkenal. Makanan ini mudah dijumpai dimana-mana terutama di kota besar di Indonesia. Jika lagi berkunjung ke Padang tidak ada salahnya mencoba dari tempat asalnya. Terbuat dari daging sapi atau daging ayam dipotong kecil. Ciri khas sate Padang adalah bumbu dengan warna kuning dari adonan kental mempunyai citra rasa gurih.

10. Karupuak Sanjai (Karupuak Balado)



Karupuak sanjai juga makanan khas dari Padang yang sangat terkenal. Biasanya sebagai oleh-oleh jika pulang dari Padang. Makanan ini terbuat dari singkong diberi bumbu cabe. Mempunyai citra rasa pedas manis, membuat kita ketagian jika lagi makan. Ditambah lagi dengan gigitan singkong irisan tipis yang renyah.

Itulah 10 makanan khas Padang yang enak dan terkenal di Indonesia. Bahkan tidak hanya populer di Indonesia tapi sudah mendunia seperti rendang. Kedepan kami akan informasikan makanan khas Padang yang enak tapi orang belum banyak tau. Selain mencicipi makanan, baca disini info tempat wisata di Padang yang terkenal.

2 komentar

Favorit saya kalau ke warung makan pasti gulai ayam, mantap pake santap siang. Masakan padang memang terkenal enak bumbunya

Ya Mas Tedi Gulai Ayam Padang emang sudah sangat terkenal..dicoba aja semuanya he he he


EmoticonEmoticon