Rabu, 03 Januari 2018

Jalan Menuju Pantai Senggigi dan Cerita Keindahan Wisata Lombok

Cara ke Pantai Senggigi dan cerita keindahan Pantai Senggigi info kali ini. Tidak lain merupakan pesona tempat wisata Lombok. Keindahan pantai pasir putih ini sudah sangat populer sampai ke mancanegara, itu dibuktikan dengan banyaknya turis asing terlihat di sepanjang garis pantai. Mereka datang dari berbagai negara untuk menikmati salah satu pantai terbaik di Indonesia.

Pantai Senggigi


Mereka terlihat sedang bersantai berjemur di pinggir pantai berkelompok atau bersama pasangan, ada juga lagi berenang di pinggir sambil menyelam sekali sekali. Selain wisatawan mancanegara, wisatawan lokal juga banyak di Pantai Senggigi. Perbandingan wisatawan lokal dengan wisatawan mancanegara kurang lebih sama.

Keindahan Pantai Senggigi

Keindahan Pantai Senggigi terletak pada air laut yang jernih. Saking jernihnya air di pantai ini sampai kita bisa melihat ikan dan tumbuhan laut yang ada didalamnya. Kita berdiri saja di pinggir pantai sudah bisa melihat ikan dan biota laut yang ada dibawah air. Sangat menakjubkan Pantai Senggigi. Bahkan bisa lebih dari itu pada kedalaman 2 m sampai 3 m masih bisa melihat dasar laut, sungguh mempesona. Apa lagi bagi mereka yang senang snorkeling, ibarat kenikmatan tiada tara.

Keindahan lain Pantai Senggigi adalah suasana nyaman dan udara yang bersih karena wilayah pinggir pantai langsung terhubung dengan perbukitan. Sehingga kawasan sekitar memiliki kemiringan tanah naik turun dimana banyak tumbuh pohonan besar dan lebat. Jadi sangat istimewa sambil wisata pantai bisa juga wisata alam perbukitan.

Hal diatas berbeda dengan Pantai Kuta dimana daerah sekitar dataran rendah dan padat pemukiman, walaupun begitu tidak bisa mengalah Kuta. baca juga: Pantai Kuta Tempat Wisata No 1 di Indonesia.

Pantai Senggigi terdiri dari beberapa pantai karena merupakan garis pantai yang panjang, tapi tidak menyambung kadang terputus oleh air laut dalam karena daerah tersebut curam. Tapi disana kelebihan pantai ini, kita bisa melihat beberapa pantai sekaligus ditempat ini. Pantai yang paling ramai dikunjungi berada disebelah Utara.

Cara ke Pantai Senggigi


Lokasi Pantai Senggigi di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Cara menuju Pantai Senggigi bisa dari Lombok atau dari Bali.

Setelah sampai di Mataram Lombok naik kendaraan sekitar 1 jam ke Pantai Senggigi. Jika dari Bandara Selaparang Mataram Lombok bisa naik angkutan umum Bus Damri dengan biaya Rp.30.000. Alternatif lain bisa juga naik taxi, angkutan umum atau ikut travel. Bisa juga menyewa mobil atau menyewa sepeda motor.

Pantai Senggigi bisa juga diakses dari Bali, tepatnya dari Pelabuhan Karangasem naik kapal feri kurang lebih lama pelayaran 30 menit. Bisa juga dari Pelabuhan Padang Bay menuju pelabuhan Lembar di Lombok. Selain itu bisa juga mampir terlebih dahulu di Pulau Gili Trawangan selanjutnya baru ke Senggigi.

Seperti sudah disinggung diatas kondisi Pantai Senggigi terbentang dari Selatan ke Utara sangat panjang sekali sekitar 15 km terdiri dari pantai berpasir dan karang menjorok ke laut. Sebagian sisi pantai terdapat hutan yang masih asri. Agak jauh dari garis pantai dihubungi oleh jalan raya untuk menjangkau ke spot-spot wisata di Senggigi.

Selain wisata pantai disana juga ada pura Batu Bolong dan makam orang yang kramatkan atau di hormati. Kita bisa datang untuk melihat kesana. Sepanjang jalan dilewati terdapat banyak panorama yang bisa kita lihat. Tempat-tempat tersebut asyik untuk bersantai menikmati waktu siang sambil melihat ke laut.

Di Pantai Senggigi sendiri kita bisa berenang menikmati air laut yang jernih. Ombak disini pantai bagian Utara juga tidak besar karena berada di teluk kecil, tapi di bagian lain ombak besar. Waktu kami mandi disana terasa sangat nyaman sekali terutama airnya yang jernih, jika kita menyelam akan terlihat dasar laut. Jadi kalau datang Senggigi sayang kalau tidak turun ke laut.

Turis mancanegara juga banyak berkunjung kesini, mereka terlihat lagi menikmati pantai ada yang berenang dan berjemur. Jika banyak bule itu tandanya pantai ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah berselancar ke tengah laut. Disana ada beberapa tempat bagus untuk menujukan ke bolehan Andari. Bisa juga snorkeling, menyelam menggunakan alat sederhana. Di pinggir pantai bisa mencoba jasa pijat atau membuat tato dari penduduk setempat.

Kuliner disini tidak jauh berbeda dengan di Bali, ada ayam taliwang dan berbagai masakan khas Lombok. Ada juga ceker ayam di goreng kering, monggo kalau ingin mencoba.  

Jika ingin menginap jangan khawatir banyak pilihan hotel dari yang berbintang sampai hotel melati. Harga rata-sekitar Rp.200.000 sampai Rp. 500.000.

Demikian cara ke Pantai Senggigi dan cerita keindahan pantai sebagai pesona wisata di Lombok Nusa Tenggara Barat. Jika mau trip ke arah Timur lagi ada tempat wisata yang sangat terkenal di Labuan Bajo yaitu Taman Wisata Pulau Komodo.

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments

2 komentar

weisss, airnya itu mas buat aku ngak tahan pengen cepet2 mau ke sana

Ayo berkunjung ke Senggigi Lombok bukti keindahan pantainya disana, saya juga sudah lama ngak kesana ingin balik lagi


EmoticonEmoticon