Jumat, 31 Agustus 2018

Oleh-oleh Khas Malang Kota Batu Paling Terkenal

Bicara oleh-oleh khas Malang dan Kota Batu paling terkenal tentu saja apel. Walau banyak oleh-oleh lain di daerah ini seperti keripik dari bahan dasar berbagai jenis buah, ada juga keripik dari sayuran, tetap saja paling dominan adalah apel. Banyak sekali makanan olahan dari apel sebagai pilihan oleh-oleh sehabis berkunjung ke salah satu wilayah Jawa Timur ini.

Biasanya orang berkunjung ke Malang khususnya Batu untuk berwisata. Emang Kota Batu banyak sekali tersedia tempat wisata. Apalagi sekarang JatimPark sudah mengembangkan lebih dari 10 lokasi wisata edukasi, masing-masing lokasi menawarkan permainan dan hiburan menarik dan seru.

Nah, lokasi wisata paling baru dari JatimPark Group adalah Jatim Park 3 dengan wahana paling diminati Dino Park.

Belum lagi pengunjung dari tempat wisata lain di Kota Batu, makin banyak saja orang datang ke daerah ini. Pada akhir kunjungan tentu saja mencari oleh-oleh Malang atau oleh-oleh Kota Batu.

Apa saja oleh-oleh khas Malang atau khas Batu?

Oleh-oleh Khas Malang


1. Apel Malang

Apel Malang

Pertama kudu dibeli adalah apel malang. Apel sudah sangat terkenal sampai ke berbagai kota di Indonesia. Ciri khas apel malang warna hijau segar, rasanya krenyas krenyas manis. Ada juga yang sedikit berwarna merah, rasanya agak sedikit asam, ada yang keras dan lembut. Tersedia berbagai ukuran dari kecil, sedang dan besar. Soal harga murah terjangkau.

2. Sari Apel

Sari Apel Malang

Sari apel adalah minuman kemasan terbuat dari apel. Setelah melalui pengolahan jadilah sebagai minuman ringan nan segar. Minuman ini segar sekali tidak membuat tenggorokan sakit. Kap yang kecil kecil 120 ml sangat cocok dihidangkan pada tamu atau sekedar pelepas dahaga. Tersedia dari berbagai merek produk.

3. Keripik Apel

Kripik Apel Malang

Kota Malang dan Kota Batu sangat identik dengan apel termasuk keripik apel merupakan ciri khas oleh-oleh dari daerah ini. Makanan olahan dari apel ini rasanya gurih kriuk-kriuk kental sekali rasa apel. Dimasak menggunakan penggorengan khusus agar bentuk, warna dan rasanya tetap baik.

Oleh-oleh kripik apel banyak tersedia di tempat belanja oleh-oleh di Kota Batu atau Kota Malang. Tersedia dalam kemasan sudah bungkus rapi. So pasti bisa awet lebih lama.

baca juga: Pasar Wisata Dewi Sri tempat belanja oleh-oleh di jalur jalan Batu-Kediri

4. Keripik Buah dan Sayur

Kripik Buah Malang

Keripik buah juga banyak di Malang. Ada bayak pilihan keripik buah, kita bisa memilih sesuai kesukaan. Ada keripik terbuat dari, pisang, nanas, bengkuang, nangka, salak, tomat, pepaya, dan lain-lain. Ada juga keripik terbuat dari berbagai sayuran.

Masing-masing memiliki kelebihan dan keunggulan sesuai bahan dasar. Anda boleh memilih, kalau bingung diborong saja masing-masing 1 kantong plastik, biar bisa dicoba semua. Keripik buah ini cocok sebagai oleh-oleh karena sudah dikemas dalam plastik dengan berbagai ukuran.

5. Kue Pia Mangkok

Kue Pia Mangkok Malang

Di Kota Batu dan Malang juga tersedia kue pia tidak kalah enak dengan kue pia yang sudah lama terkenal di Jogyakarta. Tidak jauh berbeda dengan kue pia daerah lain mempunyai ciri khas enak gurih empuk. Tersedia dalam berbagai merek dan berbagai rasa. Hal menarik ada rasa apel, selanjutnya ada rasa cokelat, pia keju, pia kacang hijau, pia durian dan pia tela ungu.

6. Bakso

Bakso Kering Malang

Malang terkenal dengan bakso, di Jakarta atau di kota lain banyak ditemui Bakso Malang. Jika sudah berada di Malang tidak ada salahnya kita membeli oleh-oleh bakso untuk rekan atau saudara. Tersedia bakso dalam kemasan frosen bakso dari Bakso President. Pilihan rasa original atau rasa pedas, ada juga bakso goreng. Pilih saja sesuai selera masing-masing.

Demikianlah oleh-oleh paling khas Kota Malang dan Kota Batu setelah berkunjung dari wisata.

Banyaknya tempat wisata Batu karena didukung oleh kondisi alam yang masih alami, berada pada daerah ketinggian, mempunyai iklim sejuk siang hari dan dingin malam hari. Wisata alam di Batu antara lain, petik apel, taman selecta, air terjun. Ada juga kebun bintang sangat bagus dan lengkap yaitu Batu Secret Zoo Jatim Park 2.

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon