Kamis, 31 Mei 2018

Museum Satwa Batu Secret Zoo Melihat Koleksi Satwa Langka Dunia

Museum Satwa Batu Secret Zoo mengejutkan kita setelah melihat ribuan koleksi satwa langka di seluruh dunia. Bagaimana tidak satwa yang dipamerkan sangat beragam dan banyak sekali. Lebih istimewa lagi banyak binatang langka belum pernah kita saksikan sebelumnya, baik di alam liar atau di kebun binatang lain di Indonesia.

Museum Satwa Jatim Park 2

Museum Satwa adalah salah satu bagian tempat rekreasi di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Lokasi wisata tersebut berada kurang lebih 20 km sebelah barat Malang, sebuah kota di lereng gunung dengan cuaca sejuk. Obyek wisata ini sekarang menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Museum Satwa jadi terkenal bersama dengan beberapa wahana lain di Jatim Park 2.

Ruangan Museum Satwa

Di Batu sendiri banyak sekali obyek wisata sudah populer seperti wisata memetik apel, wisata Taman Selecta, Wisata Paralayang, air terjun dan wisata group Jawatimurpark dengan banyak pilihan wahana.

Museum Satwa salah satu wahana dari group Jatim Park. Group Jawatimurpark banyak sekali obyek wisata pada lokasi terdekat diantaranya paling terkenal yaitu Wahana Permainan, Museum Tubuh, Eco Green, Museum Angkot dan terbaru Dino Park. Museum Satwa lokasinya berdampingan dengan Batu Secret Zoo di Jatim Park 2.

baca juga: Wahana Jatim Park 2, Harga Tiket Masuk dan Jalan Menuju Lokasi

Museum Satwa memamerkan satwa asli yaitu binatang yang sudah mati diawetkan, terdiri dari serangga, berbagai jenis binatang air maupun darat, berbagai jenis ikan, berbagai jenis burung. Selain itu juga ada fosil binatang zaman purba. Ada juga fosil satwa purba dari jenis yang sudah tidak asing lagi yaitu Tyrannosaurus-Rex, Apatosaurus, Stegosaurus, Mammoth dan lain-lain. Tentu saja ini tidak semua asli.

Asal satwa dipamerkan disini tidak saja dari Indonesia tapi dari seluruh dunia, berasal dari benua Amerika, Eropa, Australia, Afrika, Antartika, Artik dan tentu saja dari Asia dan Asia Tenggara.

Hebatnya lagi satwa di museum ini didapat tidak dengan cara diburu tetapi emang binatang sudah mati diawetkan dari hasil kerja sama dengan berbagai kebun binatang dalam negeri maupun dari mancanegara.

Koleksi Museum Satwa Jatim Park 2 sekitar 1.000 spesies satwa liar dan kurang lebih 10.000 serangga. Mungkin ini  museum terlengkap yang ada di Indonesia sepanjang pengetahuan kami. Kita sambil rekreasi bisa belajar menelusuri sejarah binatang purba lewat replika tulang-belulang dari dinosaurus dan juga mengetahui evolusi mamalia dari zaman ke zaman.

Di Museum Satwa tidak hanya binatang mati saja di pamerkan, tapi ada juga bintang hidup walau hanya sebagian kecil. Binatang hidup diantaranya ikan dalam aquarium, serangga bawah tanah dan serangga air, ada juga beberapa jenis ular.

Walau sebagian besar satwa diawetkan bukan berarti tidak menarik. Justru kelebihannya adalah binatang dari penjuru dunia dipamerkan dengan latar belakang habitat asli. Dibuat suasana dan dekorasi seperti di tempat asalnya. Lengkap dengan kondisi setempat seperti salju, tebing curam, hutan tropis, hutan rimba, rawa, gurun Afrika dan lain-lain. Jadi kita bisa mengenal kondisi alam dimana mereka hidup.

Kita akan terkejut untuk kedua kalinya melihat koleksi serangga disana. Memiliki koleksi sangat lengkap bahkan banyak serangga langka belum pernah kita lihat. Bentuknya unik-unik dan lucu-lucu seperti ratusan jenis kupu-kupu, ratusan jenis kumbang, laba-laba, belalang,  serangga air dan serangga darat.

Saking lengkapnya koleksi satwa dan serangga Museum Satwa Batu Malang ini bisa dikatakan berskala Internasional tidak kalah dengan museum lain di dunia.

Replika Satwa

Museum satwa terdiri dari beberapa ruangan, masing-masing ruangan membuat kita berdecak kagum.

Sangkar Raksasa

Sangkar raksasa terdapat di pintu masuk, dinamakan sangkar raksasa karena ukurannya besar banget, tingginya sampai ke langit-langit museum. Disini kita bisa melihat berbagai jenis burung dan tentunya sangat bagus untuk lokasi foto-foto.

Replika Hewan

Masuk lebih dalam ruangan Museum Satwa dimana inti dari tempat rekreasi ini. kita akan ter-kagum-kagum saking banyaknya replika hewan di pajang, tidak hanya banyak tapi sebagian besar belum pernah kita lihat sebelumnya. Menariknya masing-masing ruangan menampilkan dekorasi berbeda, dibuat sama dengan habitat aslinya. Ruangan ini mendominasi area di Museum Satwa Batu Malang.

Fosil Hewan Purba dan Satwa Langka

Disela-sela ruangan bisa kita jumpai fosil hewan purba berupa tulang-belulang. Seperti Tyrannosaurus-Rex, Apatosaurus, Stegosaurus, Mammoth dan lain-lain.

Insectarium

Setelah itu ada ruangan serangga, dengan koleksi ratusan bahkan ribuan serangga lucu-lucu dan cantik-cantik, tidak jarang juga dijumpai yang aneh dan unik.

Serangga Museum Satwa

Khazanah Pengetahuan Fauna

Tersedia juga ruang Khazanah Pengetahuan Fauna bagi pelajar dan umum yang ingin mengetahui tentang binatang dan serangga lebih dalam.

Fasilitas

Setelah mengelilingi museum tentu badan mulai terasa letih, tersedia fasilitas pendukung seperti toilet, kantin, musholla. Bisa istirahat disini dan mencoba berbagai jenis jajanan makanan dan minuman.

Pertunjukan

Setiap jam 12.00 WIB ada pertunjukan Mayapada Show. Sebuah pegelaran musik mengusung tema cinta lingkungan dengan cara penyampaian kocak untuk menghibur pengunjung. Pertunjukan bisa saja berubah tergantung jadwal dari pihak pengelola.

Jam Buka Museum Satwa

10.00-18.00 WIB buka setiap hari

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Museum Satwa satu paket dengan Batu Secret Zoo. Jadi untuk 1 tiket bisa untuk mengunjungi Museum Satwa dan Batu Secret Zoo.
Weekday : Rp. 120.000
Weekend : Rp. 84.000

Demikian gambaran jika hendak berekreasi ke Museum Satwa Jatim Park 2. Sungguh suatu tempat hiburan lengkap dan menyenangkan, selamat buat pengelola.

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon