Kamis, 23 Februari 2017

10 Hal Yang Dilarang di Pulau Komodo, Ini Mitos atau Fakta?

Ada beberapa hal yang dilarang di Pulau Komodo. Sebaiknya ketahui dulu tips dibawah ini supaya aman ketika melakukan kunjungan di Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Mengingat komodo binatang liar pemakan daging, ada yang perlu di antisipasi sebelumnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Setelah melakukan penerbangan dari kota lain ke Labuan Bajo, Pulau Komodo yang akan dikunjungi berarti sudah dekat, dari sana Anda seharusnya sudah mulai mencari informasi kepada penduduk setempat bagaimana keadaan di Pulau Komodo.

Jika Anda tidak kenal atau tidak ada kesempatan untuk bertanya pada penduduk setempat mengenai hal yang dilarang di Pulau Komodo Anda bisa bertanya pada pegawai hotel di Labuan Bajo tempat Anda menginap. Mereka bisa memberi tahu keadaan lapangan Pulau Komodo.

Hal yang tidak kalah penting adalah mencari informasi dan menentukan destinasi mana saja akan dikunjungi, karena tempat wisata di Kawasan Taman Nasional Komodo banyak dan lokasinya berjauhan. Untuk mencapai lokasi satu dengan lainnya butuh pelayaran. Semua tempat bagus dan indah dengan kelebihan masing masing, jika ingin tahu tempat-tempat bagus di Pulau Komodo liat yang ini.
baca: 5 Tempat Wisata di Pulau Komodo Paling Banyak Dikunjungi

Setelah menentukan pilihan mau ke lokasi mana saja di Pulau Komodo sekarang coba lihat tips berikut ini.

Reptil Komodo
Komodo
image source: pixabay.com

Hal Yang Dilarang di Pulau Komodo


1. Dilarang Merokok
Jangan merokok di semua area Taman Nasional Komodo. Disana sangat dilarang merokok karena udara disana masih bersih, jangan sampai merusak malam. Kawasan tersebut rawan kebakaran mengingat sebagian daerah terdiri dari rumput savana dan kemungkinan banyak yang kering.

2. Wanita Haid Sebaiknya Tidak Ikut Trip
Wanita yang sedang haid sebaiknya tidak ikut trip ke Pulau Komodo, hampir semua yang berkunjung menyarankan demikian. Binatang komodo mempunyai indra penciuman sangat tajam terhadap darah, mereka bisa mencium dalam puluhan meter.

Jadi bagi kaum wanita yang hendak ke Pulau Komodo sebaiknya direncanakan agar tidak bertepatan dengan datang bulan masing-masing.

3. Jangan Trekking Tanpa Pemandu
Jangan mencoba berjalan sendirian masuk ke Pulau Komodo karena komodo mengincar yang berjalan sendiri, untuk itu perlu pemandu, yang biasa di sebut Ranger.

4. Jangan Membuat Suara Gaduh
Jangan bersuara kencang atau membuat keributan karena komodo bisa mendengar dari kejauhan dan bisa mengikuti dan mengancam secara tiba-tiba.

5. Jangan Memberi Makan
Jangan memberi makan atau mengganggu komodo, Kadang komodo terlihat diam dan pergerakan lamban tapi mereka bisa bergerak secara tiba-tiba dan menyerang secara cepat dan agresif.

Itu tadi hal-hal yang sebaiknya di hindari jika sedang berada dekat dengan komodo. Sekarang siap untuk trip ke kawasan komodo, seperti kita tahu untuk mencapai Pulau Komodo perlu pelayaran, bisa di lakukan dengan 1 hari atau beberapa hari. Jika ingin melihat semua destinasi yang ada disana perlu menyewa kapal lebih dari 1 hari. Menyewa kapal perlu ketelitian agar dapat biaya murah dan sesuai dengan trip yang diinginkan, luangkan waktu untuk membaca yang ini Tips Menyewa Kapal ke Pulau Komodo Agar Biaya Murah

Setelah mengetahui hal yang dilarang waktu trekking di Pulau Komodo, ada tips lain yang perlu diketahui agar lebih aman. Ini berdasarkan pengalaman teman teman yang sudah pernah berkunjung kesana dan kumpulan dari berbagai sumber.

Tips Berada di Dekat Komodo
1. Jika dikejar komodo, lari secara zig-zag karena komodo akan kesulitan mengikuti ketimbang kalau lari lurus. Komodo sulit berbelok belok tapi cepat kalau bergerak lurus.

2. Berhati-hati terhadap komodo muda yang biasa di atas pohon, sewaktu waktu dapat menyerang dengan melompat kedepan Anda.  Lihat ke atas pohon mereka sering disana untuk melindungi diri dari komodo yang lebih besar.

3. Bawa potongan kayu untuk berjaga-jaga sewaktu trekking di Pulau Komodo atau di Pulau Rinca. Komodo takut dengan potongan kayu karena Ranger sering menakuti mereka dengan potongan kayu.

4. Pakai sepatu untuk trekking di Pulau Komodo, ini akan sangat berguna sekali karena untuk keamanan dan kemungkinan di serang oleh binatang lain seperti ular dan lain-lain.

5. Jika mengambil gambar atau foto sebaiknya jaga jarak kurang lebih 7 meter dan tetap sedang pengawasan Ranger, karena kalau lagi lengah binatang ini bisa bereaksi tiba-tiba.

Info tambahan, tempat terbaik melihat komodo berada di Pulau Komodo sendiri dan dan Pulau Rinca. Dua pulau tersebut biasanya tempat orang melihat komodo. Kawasan ini sangat luas sudah diakui menjadi 7 Keajaiban Alam Dunia Versi New7wonders.

Demikian hal-hal yang dilarang di Pulau Komodo semoga dapat menjadi bahan pertimbangan ketika hendak melakukan perjalanan wisata. Sehingga Anda senang dan puas menikmati keindahan alam dan binatang purba Komodo. Tetap berhati-hati dekat bintang Komodo jangan lupa tips dari kami. Semoga membantu dan sukses.


EmoticonEmoticon