Kamis, 04 Mei 2017

15 Liburan Murah di Jakarta dan Sekitar Selain ke Tempat Wisata

Mencari ide liburan murah di Jakarta kadang menemui jalan buntu. Di Jabodetabek semua serba mahal, sedangkan kita butuh hiburan. Mau pergi ke tempat wisata harga pasti mahal. Sudah begitu, tempatnya jauh dari rumah, bahkan di luar kota.

Ada juga yang sudah pernah berkunjung ke destinasi di sekitar Jakarta. Bosan dengan destinasi itu itu saja ingin mencoba sesuatu yang lain tapi masih belum punya ide.

Kadang waktu liburan tanggung, hanya ada tanggal merah saja tidak cukup untuk mengunjungi tempat wisata berlokasi jauh dari tempat tinggal. Jika diam di rumah saja membosankan, apalagi bagi anak-anak lagi liburan sekolah.

Mungkin ide liburan dibawah ini bisa jadi pilihan. Tapi sebelum itu lihat dulu tempat wisata favorit ini, barang kali ada yang belum pernah dikunjungi
Tempat wisata baru di Tangerang mirip Dufan Ancol
Wisata kuliner dan taman Floating Market rupiah tidak berlaku
5 Keunikan Pulau Komodo sebagai 7 keajaiban alam dunia

Jika belum tertarik juga dengan lokasi wisata yang luar biasa tersebut coba ini.

Ide liburan murah di kota Jakarta dan sekitar


1. Berenang
Liburan murah di Jakarta bersama keluarga pertama adalah berenang. Berenang kadang lupa sebagai sarana hiburan murah. Padahal jika kita sudah berada di lokasi akan sangat terhibur dengan suasana sekitar.

Selain berenang ada banyak kegiatan bisa dilakukan. Lokasi kolam renang pada umumnya berada di area terbuka dimana juga ada taman-taman kecil. Di area taman ini bisa dimanfaatkan untuk duduk santai. Berkumpul bersama keluarga sambil menikmati makanan dan minuman.

Kadang kolam renang juga menyediakan fasilitas bermain untuk anak mulai dari ayunan, perosotan sampai dengan permainan modern seperti waterboom.

Berenang bisa jadi pilihan alternatif liburan jika sudah lama tidak melakukan kegiatan ini.

2. Nonton pertandingan olah raga di Stadion
Tempat liburan murah di Jakarta lain jarang orang lakukan adalah menonton pertandingan olah raga di stadion. Kalau ini saya yakin banyak yang belum pernah. Padahal kalau sudah sampai di stadion dan melihat serunya permainan segala persoalan hilang seketika.

Di stadion kita akan terbawa dengan emosi audian, secara tidak langsung akan berteriak mengikuti alur penonton lain. Selain menonton pertandingan bisa juga duduk santai di luar stadion karena banyak taman di sekitar dengan desain yang cantik-cantik.

Usahakan menonton olah raga yang Anda senang. Olah raga permainan selalu seru penonton yang bisa jadi pilihan adalah volley, sepak bola, bulutangkis, basket, atau apa saja yang sedikit Anda suka.

Paling seru datang pada saat acara pembukaan atau penutupan suatu even olah raga, seperti pembukaan Pekan Olah Raga Nasional, Asian Games dan lain-lain. Jika datang pada saat pembukaan, banyak kesenian dan berbagai hiburan bisa disaksikan.

3. Berkeliling naik kendaraan umum

KRL Jakarta
KRL Jabodetabek
image source: wikimedia.org

Jika hari libur wisata murah ini bisa dilakukan bersama teman atau keluarga bahkan sendiri juga bisa dilakukan. Karena jika tanggal merah, jalan di Jakarta dan sekitar tidak begitu ramai, kendaraan umum juga tidak terlalu penuh.

Sekarang orang sudah jarang naik kendaraan umum, sehingga ada sebagian orang belum pernah naik angkutan umum seperti kereta api, transjakarta, atau bus antar terminal.

Jika belum pernah ini bisa dilakukan, selain mencoba naik kendaraan umum juga bisa melihat pemandangan sekitar kota. Jangan khawatir sekarang kendaraan umum juga sudah nyaman telah dilengkapi AC.

4. Bersepeda
Bersepeda sudah pasti liburan murah. Olah raga ini selain untuk menyehatkan badan bisa juga sebagai sarana hiburan. Hari libur banyak sekali orang melakukan kegiatan ini, kenapa kita tidak mencoba juga.

Bersepeda mengelilingi kota Jakarta atau bersama keluarga atau dengan teman akan sangat menyenangkan. Jika ingin sesuatu yang beda, pilih jalur jarang dilewati. Manfaatkan kelebihan sepeda bisa melawati jalan-jalan kecil bahkan jalan setapak. Jalur itu yang mesti dipilih, dengan demikian akan mendapat pengalaman tersendiri.

5. Memancing
Memancing juga bisa untuk mengisi waktu sebagai sarana hiburan. Banyak sekali orang yang hobi kegiatan ini, apa salahnya kita mencoba juga. Hanya saja harus sedia peralatan memancing. Jika peralatan memancing belum punya bisa pinjam ke teman atau sewa di tempat.

Lokasi memancing biasanya teduh dengan banyaknya pohon di sekitar kolam. Anda dan teman Anda bisa bersantai disana sambil menikmati makanan kecil, minum kopi atau minuman ringan lain.

6. Mengunjungi Moseum
Moseum sebenarnya sudah menjadi tempat wisata hanya kadang masih sedikit peminat. Disaat bosan ingin mengunjungi tempat wisata yang sudah biasa dikunjungi moseum bisa jadi pilihan alternatif.

Moseum selain sebagai sarana hiburan juga sebagai sarana pendidikan. Banyak sekali yang bisa dilihat di moseum mulai dari sejarah masa lalu sampai dengan kejadian terkini.

7. Mengunjungi Bandara
Ide liburan murah ini terinspirasi dari masa lalu, dimana orang atau anak-anak belum pernah melihat pesawat terbang dari dekat. Hal ini bisa juga dilakukan masa sekarang untuk mengisi liburan.

Di bandara bisa melihat pesawat dari dekat dan melihat pesawat berjalan menggunakan roda bukan terbang. Kita juga bisa melihat pesawat akan terbang dan mau mendarat.

Selain itu di bandara, kita berada di alam terbuka yang sangat luas bisa melihat sejauh mata memandang. Bisa bersantai dan berfoto di taman bandara.

8. Melihat pameran
Pameran sebenarnya adalah tempat mengenalkan sesuatu barang sekaligus ajang promosi dan jual beli. Bisa juga bagi kita sebagai tempat hiburan dan pengetahuan. Hanya saja pameran tidak selalu ada, tapi jika ada jangan lewatkan kesempatan itu.

Jenis pameran bermacam ragamnya ada pameran dirgantara, pameran mobil atau kendaraan bermotor. Bisa juga pameran elektronik dan produk pendukungnya. Ada juga pameran permainan game. Jika permainan game kita boleh mencoba permainan tersebut.

Ada juga pemeran seni dan budaya, ada juga pameran ilmu pengetahuan, pokoknya banyak Andari tinggal pilih saja jenis apa yang mau dikunjungi. Jika berkunjung yang pasti terhibur.

9. Berkunjung ke perpustakaan atau ke toko buku
Perpustakaan bisa untuk mengisi liburan. Banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam membaca buku. Jika hobi membaca kegiatan ini bisa dilakukan. Selain sebagai hiburan juga untuk menambah ilmu pengetahuan.

Selain buku ilmu pengetahuan bisa juga membaca buku yang bersifat hiburan seperti buku cerita, komik, majalah dan lain-lain.

10. Bermain di Games Station
Hiburan murah lain yaitu bermain di game station. Game station adalah sarana permainan yang banyak sekarang ini di mall kota-kota besar seperti Timezone, Amazon, Fun City, Fun World, Zone200.

Di tempat ini tersedia permainan untuk keluarga. Jenis permainan juga beragam tidak saja untuk anak tapi juga untuk remaja dan orang dewasa. Hiburan ini juga murah tergantung seberapa banyak permainan hendak dicoba.

11.  Makan di saung
Liburan murah lain yaitu nongkrong di saung. Belakang ini banyak muncul rumah makan bertema lesehan dilengkapi saung. Yaitu suatu konsep restoran atau rumah makan dibuat gubuk-gubuk kecil jauh dari keramaian.

Makanan yang disediakan enak-enak itu terbukti selalu ramai pengunjung. Jenis masakan juga beragam kalau di Jakarta, Banten, Jawa Barat umumnya masakan Sunda. Kalau di daerah lain mungkin berbeda.

Selain menikmati makanan bisa melihat alam sekitar dan nongkrong sampai puas. Jika penasaran wisata kuliner ini layak untuk dicoba.

12. Mengunjungi car free day
Tempat hiburan murah selanjutnya mengunjungi car free day.  Sekarang banyak kota atau sekitar Jakarta  mengadakan hari bebas kendaraan di ruas jalan tertentu. Biasanya di adakan seminggu sekali di hari libur.

Kegiatan yang bisa dilakukan adalah berjalan santai, jogging, bersepeda. Bisa juga ikut senam bersama instruktur yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara.  Kalau lagi beruntung kadang suka ada pertunjukan musik atau hiburan lain. Semua itu gratis tidak dipungut biaya.

13. Keliling pasar tradisional
Wisata murah yang satu ini tidak semua orang suka. Tapi jika belum pernah ke pasar tradisional sungguh mendapat pengalaman tidak terlupakan.

Pasar yang jadi sasaran ada beberapa pilihan. Kalau admin boleh sarankan pergi ke pasar ikan. Disana bisa melihat berbagai jenis ikan yang masih segar-segar. Atau bisa juga ke penjualan sapi dan sejenisnya.

Paling seru pergi ke pasar buah-buahan atau ke pasar kue tradisional. Di Tangerang ada tempat penjualan kue basah dengan harga murah, Anda bisa datang jika tinggal dekat wilayah ini. Selain jalan-jalan bisa membeli kue.

14. Mengunjungi pusat penjualan ikan hias
 Pusat penjualan ikan hias bisa sebagai sarana hiburan murah. Banyak yang mengira ide ini sedikit konyol. Tapi jangan salah setelah sampai di lokasi, situasi akan berbeda. Banyak orang datang ingin membeli ikan atau hanya sekedar melihat-lihat saja.

Hal terpenting adalah pilih lokasi penjualan ikan hias yang luas dan ramai pengunjung. Dengan demikian Anda akan bebas bergerak kesana kemari. Apalagi kalau lagi ada pameran ikan hias, sudah pasti seru.

Berbagai jenis ikan hias bisa dilihat disana. Ikan dengan harga murah dari ribuan sampai dengan harga jutaan bisa dilihat. Jika membeli salah satu ikan kita lebih enak lagi, nanti bisa mendapat panduan dan informasi dari pegawai toko.

15. Jalan-jalan di perumahan setengah jadi
Jalan-jalan di perumahan setengah jadi merupakan ide sedikit memaksa. Ide ini muncul waktu saya naik sepeda pagi hari.

Pada perumahan yang setengah jadi banyak sekali orang berkumpul melakukan berbagai kegiatan. Ada yang sedang berjalan-jalan, jogging, naik sepeda atau hanya sekedar duduk menikmati matahari pagi.

Berarti perumahan setengah jadi belum ada penghuni bisa sebagai sarana hiburan. Dengan syarat tempat terbuka luas dan bersih. Jika mau ide ini boleh dicoba.

Demikian beberapa ide liburan murah yang bisa dilakukan di Jakarta dan sekitarnya. Sebenarnya masih ada ide-ide lain tapi takutnya terlalu memaksa tidak relevan.

Jika masih ragu mau piknik kemana coba lihat beberapa tempat wisata murah ini. Jika kebetulan dekat dengan tempat tinggal Andari, mana tahu suka.
5 Tempat wisata keluarga di Jakarta paling favorit
Wisata murah Kebun Binatang Ragunan
Wisata murah Taman Mini Indonesia

Demikian info wisata kali ini jika artikel ini berguna bagi ke teman melalui media sosial berikut


EmoticonEmoticon